Header Ads

Begini Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Untuk melakukan setting koneksi WiFi di laptop, di hp baik itu android atau iphone sebenarnya cukuplah simple dan mudah selama jaringan wifi tersebut masih dalam jangkauan.

Semisal anda menggunakan internet Indihome maka cukup pilih SID wifi yang akan dihubungkan, lalu masukan password wifi bila diminta lalu tunggu proses koneksi yang berlangsung sampai selesai tersambung.



Masalah yang muncul adalah ketika jaringan wifi telah tersambung tapi tidak bisa akses internet di android ataupun di laptop.

Pesan error yang muncul seperti icon Segitiga kuning yang muncul di atas ikon koneksi internet browser windows Anda, dengan menampilkan pesan bahwa Anda tidak memiliki Akses Internet (No Internet Access).

Bagaimana Anda memperbaiki kesalahan Windows yang terkadang membuat bingung sendiri? Berikut ini beberapa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyelesaikan masalah tersebut agar anda bisa kembali online.

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing

Secara singkat dibawah ini yang perlu anda lakukan bila wifi tersambung tapi tidak bisa internet di perangkat anda.

Konfirmasi ke perangkat lain bahwa apakah sama tidak dapat terhubung
Sebelum Anda melakukan pemecahan masalah apa pun, penting untuk menyatakan apakah PC/laptop/ponsel Anda adalah satu-satunya perangkat tanpa koneksi internet. Raih telepon atau komputer lain yang terhubung ke Wi-Fi yang sama dan lihat apakah jaringannya benar-benar online dan bisa mengkases internet.

Jika komputer/ponsel Anda adalah satu-satunya perangkat yang tidak terhubung, kemungkinan karena pengaturan yang salah. Periksa dan konfigurasi pada perangkat anda kembali. Tetapi bila disemua perangkat tidak memiliki akses internet, maka masalahnya ada pada peralatan jaringan Anda dan selanjutnya Anda tidak perlu melanjutkan tahapan selanjutnya dibawah ini.

Protips: Mungkin perlu dilakukan jika masalah mempengaruhi semua perangkat Anda, Anda harus melakukan tes cepat. Lepaskan koneksi WiFi anda pada router semisal pengguna Wifi Indihome, dan gunakan kabel Ethernet langsung dari router ke PC atau laptop.

Jika Anda bisa online dengan pengaturan ini, masalahnya ada pada router Anda. Biasanya terletak pada pembatasan jumlah user WiFi atau penggunaan mac address sehingga harus mengubah settingan yang ada di router anda.

Nyalakan kembali PC Anda
Langkah ini tidak diperlukan jika masalah koneksi Anda memengaruhi semua perangkat yang terhubung.

Seperti banyak masalah, me-reboot komputer Anda adalah langkah pemecahan masalah awal yang harus Anda coba. Jika Anda beruntung, Anda dapat menyelesaikan kesalahan sementara dengan memulai kembali dan kemudian dapat kembali berselancar online, dengan mengasumsikan saat ini Anda menggunakan koneksi nirkabel.

Namun, jika Anda terhubung ke router dengan kabel Ethernet, Anda juga harus mencoba kabel lain saat ini untuk mengonfirmasi bahwa kabel Anda tidak rusak.

Boot Ulang Modem atau Router Anda
Karena sebagian besar masalah jaringan melibatkan modem dan/atau router Anda, me-reboot perangkat tersebut masuk akal dilakukan. Anda tidak perlu me-restart modem/router tersebut melalui antarmuka seperti yang Anda lakukan dengan komputer Anda. Cukup cabut steker listrik dari kedua perangkat dan biarkan tercabut selama satu atau dua menit.

Colokan kembali modem/router Anda, tunggu beberapa menit hingga perangkat kembali normal on. Sampai saat ini, pastikan bahwa router atau/dan modem Anda berfungsi dengan baik. Bila Anda tidak melihat lampu indikator di perangkat, bisa jadi perangkat yang sudah mulai tidak dalam kondisi bagus.

Jalankan Windows Network Troubleshooter
Jika Anda hanya mengalami masalah dengan PC Windows Anda, ada sesuatu yang salah dengan pengaturan jaringan komputer Anda. Meskipun pemecah masalah bawaan Windows biasanya tidak memperbaiki masalah, ada baiknya dicoba sebelum Anda melanjutkan.

Untuk mengakses pemecah masalah jaringan, buka Settings > Network & Internet > Status. Pilih Network troubleshooter dan ikuti langkah-langkah untuk melihat apakah Windows dapat memperbaiki masalah tersebut. Pada Windows 7, Anda akan menemukan alat yang sama ini di Start > Control Panel > Troubleshooting > Network and internet > Network Connections.


Periksa Pengaturan IP Address Anda
Anda juga dapat melakukan langkah untuk mendiagnosis masalah jaringan: memastikan komputer Anda memiliki alamat IP yang valid. Di sebagian besar jaringan rumah, dalam keadaan normal, router membagikan alamat ke perangkat saat tersambung. Jika pengaturan IP komputer Anda tidak benar, ini dapat menyebabkan masalah "tidak ada akses internet" ini.

Pada Windows 10, klik kanan pada ikon jaringan di System Tray Anda dan pilih Open Network & Internet settings. Klik pilihan Change adapter options dan kemudian klik dua kali koneksi yang Anda gunakan.


Dari sini, klik tombol Properties. Temukan Internet Protocol Version 4 dalam daftar dan klik dua kali. Di sini, pastikan Anda mendapatkan Alamat IP secara otomatis dan mendapatkan alamat server DNS yang dipilih secara otomatis. Mengatur alamat IP secara manual adalah untuk pengguna tingkat lanjut; kemungkinan jika Anda memiliki sesuatu yang dimasukkan di sini, itu tidak valid.


Klik OK dan kemudian coba online lagi.

Periksa Status ISP (Internet Service Provider) Anda
Pada titik ini, jika Anda tidak bisa mendapatkan perangkat apa pun yang bisa online, ada baiknya memeriksa apakah penyedia layanan internet (ISP) anda mengalami masalah. Meskipun ini jarang terjadi, ini bisa menjelaskan mengapa Anda tidak bisa online.

Gunakan koneksi data ponsel Anda untuk melihat apakah Comcast, Verizon, atau apapun pun yang menyediakan layanan di daerah Anda telah melaporkan pemadaman (outages). DownDetector adalah situs yang bagus untuk ini. Selain itu melalui pencarian cepat Google atau Twitter dapat mengungkapkan apakah orang lain juga mengalami masalah.

Coba Beberapa Perintah Command Prompt
Langkah ini tidak diperlukan jika masalah koneksi Anda memengaruhi banyak perangkat.

Windows menampilkan beberapa perintah jaringan di Command Prompt. Ada baiknya Anda mencoba beberapa perintah jaringan ketika Anda tidak memiliki akses internet di Windows 10. Ketik cmd ke dalam Start Menu, kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka jendela Command Prompt sebagai administrator.

Untuk mengatur ulang beberapa file yang disimpan Windows untuk mengakses internet, gunakan dua perintah ini:
netsh winsock reset
netsh int ip reset

Jika tidak berhasil, coba release alamat IP komputer Anda dan dapatkan yang baru dengan dua perintah ini, satu per satu:
ipconfig /release
ipconfig /renew

Terakhir, refresh pengaturan DNS komputer Anda dengan perintah ini:
ipconfig /flushdns

Setelahnya tidak ada salahnya me-reboot PC Anda lagi setelah ini. Jika Anda masih tidak memiliki akses internet, ada beberapa langkah lagi yang mungkin bisa dicoba.

Nonaktifkan Antivirus
Langkah ini tidak diperlukan jika masalah koneksi Anda memengaruhi banyak perangkat.

Ini adalah skenario lain yang tidak umum, tetapi masuk akal. Anda mungkin memiliki beberapa perangkat lunak antivirus yang terinstall pada PC Anda yang mungkin bisa saja mencegah akses ke internet.

Nonaktifkan semua aplikasi antivirus pihak ketiga yang mungkin telah Anda instal dan lihat apakah koneksi Anda kembali.

Update Driver Nirkabel Anda
Langkah ini tidak diperlukan jika masalah koneksi Anda memengaruhi semua perangkat yang terhubung.
Biasanya, Anda tidak perlu memperbarui driver komputer Anda, karena melakukan hal itu seringkali menyebabkan lebih banyak masalah daripada sebaliknya. Tetapi karena Anda masih mengalami masalah, ada baiknya Anda mencoba memeriksa pembaruan driver.

Jika Anda memiliki aplikasi pembaruan manufaktur (seperti HP Support Assistant or Lenovo System Update) yang diinstal pada PC Anda, buka dan periksa untuk pembaruan driver nirkabel.

Setel ulang jaringan Anda
Ditahap ini, jika Anda telah melakukan semua langkah ini dan masih memiliki masalah "tidak ada akses internet tetapi terhubung", tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain mengatur ulang pengaturan jaringan Anda.

Bila hanya komputer/laptop Windows 10 adalah satu-satunya perangkat yang tidak dapat terhubung keinternet, Anda dapat mengatur ulang jaringan Anda dengan membuka Settings > Network & Internet > Status. Klik pada teks Network reset di bagian bawah layar, lalu setel Reset now.


Ini sepenuhnya akan menghapus semua adapter jaringan (network adapters) dan mengatur semua pengaturan jaringan Anda kembali ke default. Anda harus mengatur semuanya lagi, dan bisa jadi ini adalah perbaikan terakhir yang Anda butuhkan untuk mendapatkan solusinya.

Ketika Anda tidak bisa online dengan perangkat apa pun, cara terbaiknya adalah dengan mengatur ulang router Anda (dan modem, jika perlu). Cari dan tekan pada lubang dengan jarum kecil di bagian belakang atau bawah router Anda dan tahan selama beberapa detik untuk mengatur ulang ke default pabrik. Jika tidak ada tombol reset, Anda harus masuk ke router dan menjalankan reset pabrik dari sana.

Dengan semuanya diatur ulang, Anda dapat menjalankan pengaturan awal dengan standar pabrik. Jika masih tidak berfungsi setelah itu, Anda mungkin memiliki peralatan yang harus diganti dengan yang baru.

Tidak ada formula khusus yang sempurna dalam mengatasi masalah jaringan, namun bila anda telah mengikuti semua langkah diatas, minimal anda dapat menyimpulkan dimana letak masalah kenapa wifi tersambung tapi tidak bisa internet di laptop anda.


No comments

Powered by Blogger.