Header Ads

Tips Mengatasi Windows 10 Printer Driver is Unavailable

Pada Operasi Sistem Windows 10 dilengkap begitu banyak fitur dan kelebihan dari sistem yang lebih lama. Begitu banyak kelebihan Windows 10 dibanding OS Windows sebelumnya salah satunya adalah kompatibel di semua perangkat.

Jadi segala macam perangkat yang memiliki konektivitas ke mesin yang ada di Windows 10 ini harus langsung bisa dijalankan tanpa harus membutuhkan aplikasi atau driver tambahan. Tak terkecuali dengan menghubungkan printer ke laptop/pc pada OS Windows 10 semestinya perangkat langsung terdeteksi dan selanjutnya bisa digunakan untuk mencetak dokumen, foto dan lain-lainnya.



Namun dari semua kehebatannya itu, tentu saja pesan error pemasangan perangkat sering juga terjadi dan ini sering terjadi pada printer HP yang menampilkan error "HP Printer Driver Unavailable Windows 10".

Pesan kesalahan "Printer Driver is Unavailable" terkadang membuat kita menjadi bingung dan tak tahu harus berbuat apa. Yang ada didalam pikiran kita adalah membawanya ketukang service komputer/printer untuk mengatasinya.

Secara umum, pesan kesalahan diatas terjadi bisa saja dikarenakan driver Generic printer bawaan dari Windows 10 sudah tidak mutakhir, atau rusak sehingga mungkin diperlukan update dukungan pembaruan Windows 10.

Bagaimana cara agar driver printer saya tersedia?

Untuk mengatasi agar printer bisa gunakan dengan normal, setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan:

Install ulang Driver
Kesalahan ini cukup umum ketika menggunakan printer keluaran lama, karena ketika diinstalkan ke Windows 10 maka cenderung secara acak akan menginstal driver generik. Ini bisa saja printer bekerja untuk beberapa pengguna, tetapi yang lain akan menemui kesalahan.

Dilain pihak driver generic pun hampir tidak sepenuhnya memadai untuk printer lebih baru yang sepenuhnya mendukung Windows 10. Namun demikuan, tidak berarti driver yang disediakan oleh Pembaruan Windows tidak akan berfungsi.

Jadi, langkah yang bisa dilakukan adalah menghapus driver printer yang saat ini terinstall, caranya:

Buka Start > Settings > Devices > Printers & scanners. Pilih nama printer yang akan dihapus, dan dilanjutkan pilih "Remove device".

Cara Remove Driver Printer

...setelah itu restart sistem windows.

Untuk menginstal ulang printer, masuk ke Open settings for Printers & scanners lalu pilih "Add a printer or scanner" dan kemudian pilih nama printer yang ingin Anda tambahkan.

Jika Windows tidak secara otomatis menemukan driver baru setelah printer ditambahkan, cari referensinya di situs web produsen perangkat dan ikuti instruksi instalasi mereka, selanjutnya lakukan install driver secara manual.

Install Driver Manual
Jika solusi pertama tidak dapat memperbaiki kesalahan diatas sementara anda kehilangan driver fungsional, kami menganjurkan Anda untuk menginstalnya dengan manual.

Anda harus mencari driver printer yang sesuai dengan membutuhkan referensi tambahan, terutama jika Anda menggunakan printer lawas. Untuk menemukan dan mendapatkan driver yang tepat, Anda harus mengetahui kode model dan OEM yang tepat. Setelah itu, pencarian sederhana di Google akan mengarahkan Anda ke situs web resmi.

Disarankan untuk menghindari situs web pihak ketiga yang mencurigakan, tetapi jika Anda tidak memiliki alternatif, beberapa dari mereka mungkin memberi Anda driver yang diperlukan.

Install Otomatis Driver
Mengunduh dan menginstal driver secara manual mungkin merupakan masalah tersendiri, terutama ketika versi driver yang salah diinstal. Ini dapat menyebabkan masalah tak kunjung teratasi. Cara lain yang mungkin cukup disarankan untuk memperbarui driver Anda secara otomatis dengan menggunakan tool Pembaruan Driver pihak ketiga yang terpercaya salah satunya DriverEasy.

Tool ini tidak diragukan lagi kemampuannya dimana telah disetujui oleh Microsoft WHQL test, dan terbukti setelah saya sebagai pengguna tool ini tidak pernah lagi dipusingkan dengan kehilangan driver perangkat yang saya miliki dan ini adalah solusi terotomatisasi terbaik.


No comments

Powered by Blogger.