Header Ads

Cara Mengatasi Bluetooth Hilang dan Tidak Berfungsi di Windows 10

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan perangkat satu sama lain. Pada Windows 10, Anda dapat menggunakan Bluetooth untuk memasangkan keyboard, telepon, speaker, mouse dan banyak lagi lainnya.

Bluetooth sangat membantu bila berjalan dan berfungsi dengan normal, tetapi dalam beberapa kasus Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba memasangkan perangkat Anda ke sistem Windows 10.

Bluetooth Tidak Bekerja di Windows 10? Begini Mengatasinya

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas dan menunjukkan bagaimana cara memperbaiki masalah pemasangan bluetooth yang tidak bekerja.

1. Periksa apakah perangkat Anda memiliki koneksi Bluetooth
Ini mungkin terlihat sepele, tetapi menganggap bahwa suatu perangkat pasti memiliki Bluetooth sudah barang tentu pemikirian konyol. Periksa spesifikasi produk perangkat Anda, caranya cari logo Bluetooth pada kemasan. Jika Anda tidak dapat menemukan referensi untuk itu, kemungkinan bisa saja perangkat tersebut tidak mendukung Bluetooth.

Untuk laptop/komputer ber OS Windows 10 yang tidak memiliki Bluetooth, jangan khawatir karena Anda dapat membeli adaptor Bluetooth yang murah berukuran kecil yang dihubungkan melalui slot USB.

2. Pastikan Bluetooth Diaktifkan
Fungsi dari bluetooth pada windows secara default tidak diaktifkan. Pada Windows 10, tekan tombol Window + A untuk membuka Action Center. Pastikan ubin Bluetooth disorot dan posisi On. Jika tidak, klik ubin untuk mengaktifkannya. Jika Anda tidak melihat ubin Bluetooth, klik Expand.

Atau ada juga bisa  menekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan arahkan ke Devices > Bluetooth & other devices dan geser Bluetooth keposisi On.

Perangkat yang ingin Anda pasangkan akan memiliki metode sendiri untuk mengaktifkannya, jadi periksa dokumentasinya. Bahkan mungkin ada saklar fisik untuk mengaktifkan Bluetooth. Baca artikel lengkapnya: Cara Mengaktifkan atau Memperbaiki Bluetooth di Windows 10

3. Periksa Status Layanan Bluetooth
Bluetooth akan masuk kedalam layanan service pada Windows 10, dan service bluetooth harus posisi aktif, jadi perlu diperiksa kembali apakah prosesnya telah dihidupkan.

Caranya Tekan tombol Windows + R untuk membuka Run dan ketik perintah services.msc. Daftar nama service diurutkan berdasarkan Nama alfabet, jadi cari semua yang dimulai dengan Bluetooth.


Klik dua kali masing-masing dan periksa pada Service status. Jika ditampilkan sebagai Stopped, klik Start untuk menjalankannya.

4. Pastikan Sistem Operasi Dapat Ditemukan
Yang membingungkan, pengaturan Windows 10 masih terfragmentasi, dan ini juga berlaku untuk Bluetooth.

Biasanya pengaturan untuk membuat PC Anda dapat ditemukan oleh perangkat Bluetooth lain tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Tekan tombol Windows + I dan pergi Devices > More Bluetooth options.


Centang Allow Bluetooth devices to find this PC dan klik OK. Ini seharusnya tidak perlu jika Anda ingin memasangkan sesuatu seperti mouse atau keyboard, tetapi dapat membantu untuk memasangkan perangkat seperti telepon.

5. Nonaktifkan Perangkat Bluetooth Lain
Secara teknis, Anda tidak perlu menonaktifkan perangkat Bluetooth lain yang sedang/pernah digunakan, tetapi ini biasanya dan mungkin menyebabkan gangguan ketika Anda mencoba memasangkan perangkat baru.


Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan klik Device . Selanjutnya, klik setiap perangkat Bluetooth dan klik Remove device > Yes.

Ingat! bila perangkat ini penting, maka pastikan untuk memasangkan lagi jika masih membutuhkannya.

6. Ubah Posisi Perangkat
Bluetooth memiliki jangkauan terbatas. Nilai spesifiknya bervariasi, tetapi dalam pengaturan dirumah jangkauannya kira-kira sepuluh meter. Bisa saja lebih pendek karena hambatan fisik seperti dinding.

Dengan demikian, pastikan perangkat yang ingin Anda pasangkan ke komputer Anda posisi hidup, baterai terisi penuh, dan dalam jarak dekat dengan sistem Windows 10 Anda.

7. Baca Log Kejadian
Pada Juni 2019, Microsoft menambal (patch) Windows 10 untuk melindungi dari kerentanan keamanan Bluetooth. Dan tak menutup kemungkinan ini menyebabkan beberapa perangkat Bluetooth mengalami masalah konektivitas.

Anda dapat melihat apakah ini berdampak pada Windows Anda. Untuk melihatnya tekan tombol Windows + X dan klik Event Viewer. Di bawah Ringkasan Acara Administratif (Summary of Administrative Events), perluas (expand) pesan kesalahan dan cari yang berikut:

Event ID: 22
Event Source: BTHUSB or BTHMINI
Name: BTHPORT_DEBUG_LINK_KEY_NOT_ALLOWED
Event Message Text: Your Bluetooth device attempted to establish a debug connection. The Windows Bluetooth stack does not allow debug connection while it is not in the debug mode.

Jika Anda melihat ini, Microsoft merekomendasikan untuk menghubungi produsen perangkat Bluetooth Anda untuk melihat apakah mereka telah membuat patch. Jika tidak, Anda mungkin perlu membeli perangkat Bluetooth baru.

8. Periksa Pembaruan Windows
Sebaiknya perbarui Windows untuk mendapatkan manfaat dari fitur dan patch keamanan terbaru. Ini dapat membantu menyelesaikan masalah dengan Bluetooth.


Windows 10 akan secara otomatis memperbarui, tetapi Anda dapat memeriksa dan menginstal pembaruan secara manual. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan. Buka Update & Security dan klik Check for updates.

Sistem Anda akan memeriksa versi terbaru dan bila ditemukan akan memulai mengunduh dan menginstal patch baru.

9. Perbarui Driver
Driver Bluetooth Anda mungkin sudah usang. Ini sering terjadi jika Anda baru saja memperbarui Windows 10.

Untuk memeriksa pembaruan driver, tekan tombol Windows + X dan klik Device Manager. Buka Bluetooth dan klik kanan adaptor.

Klik Update driver > Search automatically for updated driver software. Ikuti petunjuk selanjutnya. Setelah driver diperbarui, booting ulang sistem Anda.


Jika proses ini tidak menemukan driver, periksa situs web produsen Anda dan unduh secara manual dari situsnya. Driver biasanya berformat EXE, atau bisa juga menggunakan format lain, seperti INF atau SYS, ikuti instruksi seperti di atas untuk memperbarui melalui Device Manager, namun pilihannya adalah Browse my computer for driver software, lalu klik Browser untuk memilih driver yang baru saja Anda unduh, pilih lokasi, klik OK, lalu Next untuk proses selanjutnya. Ikuti panduan sampai akhir. Nyalakan kembali komputer Anda setelah selesai.

10. Jalankan Pemecah Masalah Bluetooth
Windows 10 memiliki pemecah masalah Bluetooth secara default. Ini akan mendeteksi masalah dan secara otomatis mencoba memperbaikinya.


Untuk menjalankannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan lalu pilih Update & Security > Troubleshoot > Bluetooth > Run the troubleshooter. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada.

Demikian ulasan beberapa tips bagaimana cara mengatasi bluetooth yang tidak bekerja di Windows 10.


No comments

Powered by Blogger.