Header Ads

Apa itu NFC? Dan Apa Fungsinya?

Mengenal lebih dalam apa itu NFC - Untuk berhubungan atau saling interkoneksi antara perangkat satu dengan perangkat yang lain saat ini sudah tidak sesulit dulu sejalan perkembangan jaman.

Kita tentu telah mengenal Infra Red, Bluetooth, WiFi Direct, DLNA yang fungsinya diantaranya sebagai media berbagi file atau transfer data.



Nah pada artikel kali ini kami akan membahas secara singkat terkait teknologi NFC. Sebagian orang pasti awan apa itu NFC, Namun bagi pengguna ponsel atau perangkat lain yang didalamnya sudah menggunakan induksi medan magnet maka bisa dipastikan ponsel tersebut sudah mendukung fitur NFC tersebut.

Lalu apa itu NFC?

NFC adalah kependekan dari Near Field Communication merupakan teknologi standar konektivitas nirkabel jarak pendek (Ecma-340, ISO / IEC 18092) yang menggunakan induksi medan magnet yang memungkinkan komunikasi antar perangkat ketika disentuh bersamaan, atau dibawa dalam jarak beberapa sentimeter satu sama lain.

Dengan begitu maka ponsel, tablet, laptop, dan perangkat lain memungkinkan untuk dengan mudah berbagi data dengan perangkat yang dilengkapi NFC lainnya.

Dikembangkan oleh dua perusahan besar yaitu Philips dan Sony, standar ini menetapkan cara bagi perangkat untuk membangun jaringan dengan metode peer-to-peer (P2P) untuk bertukar data. Setelah jaringan P2P dikonfigurasikan, teknologi komunikasi nirkabel lainnya, seperti Bluetooth atau Wi-Fi, tetap dapat digunakan untuk komunikasi dengan rentang yang lebih panjang atau untuk mentransfer data dalam jumlah yang lebih besar.

Bagaimana Cara Menggunakan NFC?

Tidak seperti Bluetooth, NFC tidak memerlukan segala jenis pemasangan manual atau penemuan perangkat untuk mentransfer data. Dengan NFC, koneksi secara otomatis dimulai ketika perangkat NFC lain memasuki kisaran empat inci yang ditentukan sebelumnya.

Begitu berada dalam jangkauan, kedua perangkat langsung berkomunikasi dan mengirim permintaan kepada pengguna.

Keuntungan dengan menggunakan perangkat yang ber chip NFC biasanya lebih banyak digunakan untuk pembayaran digital dari transaksi online atau yang sering disebut Digital Wallet atau Mobile Wallet.

Mobile Wallet or Digital Wallet with NFC

Apple Pay, Google Pay, Android Pay atau Samsung Pay, dan dompet digital lainnya hanyalah bagian dari apa yang dapat dilakukan menggunakan NFC.

Google Pay With NFC

Apple Pay With NFC

Disisi lain banyak pula aksesori teknologi, seperti speaker yang  memanfaatkan NFC untuk berpasangan dengan ponsel Anda dengan cepat.

Headset Smartphone with NFC

Di beberapa tempat atau wilayah/negara, orang juga dapat menggunakan ponsel cerdas yang mendukung NFC untuk naik bus, naik kereta atau kereta bawah tanah dengan lebih cepat.

Bus and train pay with NFC

Apakah ponsel saya memiliki NFC?

Jika Anda memiliki perangkat Android dan masih tidak yakin apakah perangkat kesayangan Anda dilengkapi dengan chip NFC, ada cara untuk mengetahuinya. Bergantung pada pabrikan ponsel Anda, Anda dapat menemukan opsi NFC di aplikasi Pengaturan tersembunyi di bawah "Nirkabel & Jaringan" atau "Lainnya". Pada beberapa perangkat seperti Sony Xperia, Anda bahkan dapat menemukan logo NFC halus terukir di panel belakang.

Sementara itu untuk perangkat Apple telah dilengkapi dengan chip NFC sejak 2014, namun demikian penggunaannya hanya dibatasi oleh pabrikan hanya untuk Apple Pay.

Bagi pengguna android, terlepas dari apakah Anda dapat berbelanja dengan menggunakan Android Pay, ada banyak hal kegunaan dari fitur NFC untuk keperluan lainnya seperti Berbagi media dan file dengan NFC di Android Beam.

tap to Android Beam with NFC

Berbagi media melalui Bluetooth mungkin sudah berasa ketinggalan jaman, dengan fitur yang disebut Android Beam maka hanya dengan memegang dua perangkat Android berkemampuan NFC secara berurutan, Anda dapat berbagi foto, video, tautan YouTube, arah peta dan banyak lagi lainnya.


No comments

Powered by Blogger.