Header Ads

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah Dan Aman

Cara Membayar Zakat via Online - Pembersih harta adalah dengan membayar zakat, saya rasa bagi kita sebagai umat muslim sepakat akan itu. Terlebih dari itu dengan membayar zakat akan membuka dan melancarkan rezeki kita, dan saya percaya itu!.

Kita tahu bersama Zakat yang harus dikeluarkan salah satunya ialah zakat profesi. Adapun zakat ini wajib dibayar bila telah mencapai nisabnya yang pembayarannya bisa dilakukan setiap bulan dan bisa juga dikeluarkan setiap tahun. Profesi tersebut misalnya pegawai negeri atau swasta, konsultan, dokter, notaris, akuntan, artis, dan wiraswasta.

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Al Qur'an mengenai hal ini dapat ditemui pada surat Al Baqarah ayat 267:
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji..
Baiklah, untuk pembahasan secara rinci apa dan bagaimana cara perhitungan pembayaran zakat, silahkan digoogling saja karena sangat banyak sekali yang membahasnya.

Dan selanjutnya diartikel kali ini saya hanya fokus kepada bagaimana cara membayar zakat dengan mudah dan cepat.

Untuk membayar zakar profesi atau zakat maal (harta) sebenarnya cukup mendatangi badan amil zakat seperti Baznas, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan banyak lagi maka zakat anda dapat disalurkan dengan mudah.

Baca Juga: Dapatkan Promo Tokopedia Cashback Hingga 30Ribu - 2018

Namun bagi anda yang mungkin tak memiliki waktu untuk mendatangi badan amil yang saya sebutkan diatas, saat ini banyak sekali layanan (aplikasi) untuk membayar zakat. Misalkan bila anda member paytren, anda bisa membayar zakat melalui aplikasi android paytren.

Sementara itu aplikasi marketplace pun tak mau ketinggalan, contohnya saja aplikasi tokopedia juga menyedia fitur/menu pembayaran zakat. Nah pada artikel ini saya akan berbagaimana cara melakukan proses pembayaran zakat via tokopedia (online).

Baiklah, berikut tahap demi tahap bagaimana membayar zakat via aplikasi tokopedia.

Mula-mula (01) jalankan aplikasi tokopedia dan dilanjutkan masuk ke akun anda. Pada (02) menu home/beranda aplikasi tap "Tagihan".  Pada halaman berikutnya gulung kebawah untuk menampilkan opsi pembayaran-pembayaran. Silahkan (03) tap "Zakat".

Maka selanjutnya anda dihadapkan beberapa daftar list badan amil zakat yang tersedia. Silahkan (04) tap "Lanjut" disalah satunya, dalam kasus ini saya membayarnya di Amil "Aksi Cepat Tanggap (ACT)".

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Berikutnya, masukkan jumlah zakat yang akan disetorkan, lalu (05) tap "Selanjutnya". Pada halaman (06) anda akan diminta memasukan nama dan no. npwp (opsional) dan bila tidak menginginkan/memiliki bisa dikosongkan saja, silahkan tap "Bayar Zakat".

Pada tampilan berikutnya anda (07) diminta untuk memilih metode pembayaran, kali ini saya menggunakan metode "BCA Virtual Account". Dan (08) pada tampilan berikutnya diminta memperhatikan pesan yang ada sebelum melakukan transfer.

CATATAN!
Anda WAJIB memiliki rekening BCA dan juga sudah terdaftar untuk bisa bertransaksi via BCA Mobile.

Selanjutnya, silahkan tap "Bayar" bila sudah yakin..

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Pada halaman (09) anda akan melihat proses pembayaran yang mana anda akan diberikan (10) kode unik pembayaran (biasanya sebanyak 16 sd 17 angka) yang merupakan sebagai kode BCA Virtual Account. Perhatikan jumlah zakat yang disetor nantinya harus sama pada saat kita melakukan transfer di BCA banking.

(11) Silahkan jalankan aplikasi BCA Mobile dan masuk ke akun (rekening bank) anda. (12) Pada aplikasi bca mobile tap "m-transfer".

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Selanjutnya (13) Pilih "BCA Virtual Account", (14) masukan kode unik pembayaran, dan pastikan nama account yang tampil adalah TOKOPEDIA, lalu tap "Send" pada sudut kanan atas. (15) permintaan proses terkirim, silahkan tunggu sesaat. (16) Maka akan tampil jendela informasi terkait proses transfer yang akan dilakukan, tap OK bila benar.

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Aplikasi akan meminta anda untuk memasukkan (17) PIN m-BCA lalu tap OK. (18) permintaan proses transfer terkirim, silahkan tunggu sesaat. Dan sesaat (19) jendela baru tampil yang memberitahukan bahwa proses transfer sukses.

Untuk memastikan zakat sukses dibayar, silahkan masuk kembali ke aplikasi tokopedia dan lihat didaftar transaksi (20) maka akan terlihat status "Transaksi berhasil".

Cara Membayar Zakat Dengan Mudah

Demikian, dan akhirnya semoga harta yang kita miliki semuanya berkah.


No comments

Powered by Blogger.