Header Ads

Printer Error 0x00000709; Begini Cara Mengatasinya

Printer Error 0x00000709 - Berawal dari masalah laptop seorang teman yang tidak bisa mencetak melalui aplikasi Microsoft Excel, yang mana daftar printer pada list printer view pada aplikasi tersebut tidak muncul padahal bila di cek pada "Devices and Printers" list printer sudah terinstall dengan baik. Ini dibuktikan bila mencetak melalui/menggunakan Microsoft Word maka printer terdeteksi oleh aplikasi dan dapat mencetak secara normal.

Jika merujuk ke window "Device and Printers" dan menginginkan printer tersebut (dalam kasus ini HP Deskjet 2520 series) untuk dijadikan "set as default printer" selalu menampilkan pesan error seperti terlihat dibawah ini :

Operation could not be completed (error 0x00000709). Double check the printer name and make sure that the printer is connected to the network.

Berbekal bantuan paman google, akhirnya saya bisa membantu memperbaiki laptop teman saya tersebut. Bagaimana caranya ? ikuti langkah-langkahnya seperti panduan dibawah ini :


Langkah 1:
Buka Jendela Registry Editor dengan cara klik kanan pada logo windows di sudut kiri bawah lalu pilih "Run". Atau anda bisa juga membukanya dengan menekan tombol [ Start + R] pada keyboard, lalu pada kolom yang disediakan ketik "regedit" (tanpa tanda kutip) lalu "OK"

Baca juga:

Langkah 2:
Arahkan dan buka kefolder seperti dibawah ini :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows

Langkah 3:
Bila sudah, maka tampil device name pada kolom sebelah kanan, silahkan klik sekali pada nama "device" lalu klik menu "Edit" dan pilih opsi "Permissions..."


Langkah 4:
Akan muncul window "Permissions for Windows", klik sekali pada ikon "Everyone" lalu centang pada opsi "Full Control" dan "Read" akhiri Apply dan OK.


Langkah 5:
Silahkan delete nama "Device" tadi seperti gambar dibawah ini.



Langkah 6:
Silahkan restart sistem operasi anda (wajib dilakukan). Setelah reboot silahkan jadikan "set as default printer"  dan printer semestinya sudah bisa dijalankan melalui microsoft excel.


Selamat mencoba!

Artikel menarik: Upgrade Windows 11, Apakah PC Anda telah Support?

..masih bingung? mari kita diskusikan melalui form komentar dibawah.


No comments

Powered by Blogger.