Header Ads

Bagaimana Menghemat Kuota Internet di Android, Ini Caranya

Menghemat Kuota Internet - Begitu multifungsinya kegunaan android yang salah satunya adalah sebagai alat komunikasi membuat kita sebagai pengguna dimudahkan segalanya. Ini tidak terlepas dari mudahnya kita menjelajahi dunia maya hanya dengan menggenggam sebuah perangkat gadget. Berbicara Internet berarti tidak lepas dengan yang namanya paket data atau kuota internet. Karena begitu banyaknya aplikasi yang terinstall di android maka akan memaksa atas kebutuhan kuota internet yang begitu besar pula.

Ponsel Pintar, begitulah sebutan sebuah smartphone android yang kita ketahui bersama begitu kuat memakan catu daya dan kuota internet. Walaupun begitu banyak provider yang menawarkan paket internet murah tetap saja selalu tetap memonitor pemakaian paket data agar tidak tidak terkejut yang tiba-tiba paketnya habis.

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android dan di Apple


Alternatif, agar paket internet anda tidak cepat habis tentulah mencari atau menghubungkan smartphone anda ke jaringan WiFi setiap kali saat berada di tempat-tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Begitu banyak cara untuk menghemat paket internet, mungkin cara-cara yang akan disampaikan ini nantinya juga bisa membantu anda dalam hal penghematan penggunaan paket data :

1. Gunakan Browser Super Ringan.
Dalam hal penggunaan browser, saya sangat menyarankan kepada anda agar menggunakan UC Browser. Browser yang satu ini memang terkenal super ringan dan terlebih lagi memang diperuntukan khusus bagi pengguna ponsel ditambah lagi menurut saya aplikasi user friendly.

2. Menonton Video (Streaming) Online.

Video online yang di gandrungi "semanjang masa" yaitu youtube membawa dampak "negatif" terhadap pemakaian kuota paket internet anda. Karena menonton video streaming secara online salah satunya ke youtube merupakan layanan yang membutuhkan data yang cukup besar.


3. Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi.
Salah satu sumbangan paket data internet cepat habis adalah kita dengan tidak sadar bahwa ada beberapa aplikasi yang ter-setup agar update aplikasi secara otomatis bila terhubung ke internet. Salah satunya aplikasi play store pastikan opsi auto update ini dimatikan.

Caranya adalah masuk ke menu Setelan > Perbaharui aplikasi secara otomatis > Perbaharui aplikasi secara otomatis hanya melaui WiFi. Dengan begitu paket internet tidak akan berkurang.

Auto Update Play Store

4. Aplikasi Berjalan  di Latar Belakang.
Aplikasi yang berjalan namun tidak nampak dan berjalan di latar belakang sebisa mungkin dibatasi, walaupun tidak terlalu banyak memakan kuota paket  namun karena terus-menerus aktif tentu akan menambah akan sumbangan penggunaan kuota internet. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah sinkronisasi email, widget cuaca,  feed lokasi dan banyak lagi.

5. Penggunaan Jejaring Sosial.
Walaupun jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram ataupun google+ cukup terkenal ternyata aplikasi-aplikasi tersebut memberikan kontribusi terburuk dalam hal penggunaan data dan parahnya lagi sangat besar dalam pemakaian RAM dan catu daya baterai.

Cara yang bisa anda lakukan agar tetap uptodate dan tetap bisa berbagi informasi ke sesama teman, alangkah baiknya menggunakan browser saja. Selain menghemat pemakaian data juga akan mempercepat kinerja ponsel anda karena masih banyaknya ruang kosong pada memory ponsel anda.

Mungkin itu yang bisa anda lakukan agar paket data internet bisa dihemat, bila tidak siap-siap saja anda mengeluarkan kocek yang lebih banyak lagi karena penggunaan paket internet anda yang tidak terkontrol.

Semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.