Header Ads

Upgrade Windows 11, Apakah PC Anda telah Support?

Windows 11 telah rilis, apakah anda berniat melakukan install PC/Laptop anda untuk mengetahui apa saja yang baru pada Windows 11? Untuk melakukannya terlebih dahulu sudah barang tentu kita cari tahu dulu apa saja persyaratan sistem minimumnya bila ingin melakukan instalasi, atau Kapan PC Anda memenuhi syarat untuk bisa melakukan upgrade? Mungkin pada artikel kali ini Kami punya jawaban untuk pertanyaan Windows 11 Anda.

Pada 5 Oktober 2021, Microsoft mengumumkan rilis resmi Windows 11 merupakan penerus Windows 10 yang dibangun di atas arsitektur inti yang sama dengan Windows 10, dimulai untuk menjangkau PC Windows 10 dalam "phased rollout" (peluncuran bertahap) yang akan berlanjut hingga pertengahan 2022.


Apa persyaratan minimum untuk Windows 11?

Tidak seperti Windows 10, yang secara khusus dirancang untuk berjalan pada perangkat keras yang lebih lama, Windows 11 membutuhkan perangkat keras yang relatif baru dan tidak akan diinstal sebagai peningkatan pada PC yang lebih lama. Sebagian besar PC yang dirancang dan dijual pada tahun 2019 atau lebih baru akan bekerja dengan Windows 11. Pemilik PC yang tidak memenuhi persyaratan minimum mungkin masih dapat menginstal Windows 11, tetapi Microsoft memperingatkan bahwa penginstalan tersebut tidak akan didukung.

Persyaratan sistem yang dipublikasikan untuk Windows 11 adalah sebagai berikut:
  • Prosesor: 1GHz atau lebih cepat dengan dua atau lebih inti pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau sistem pada chip (SoC) 
  • RAM: minimal 4GB 
  • Penyimpanan: setidaknya 64GB penyimpanan yang tersedia 
  • Keamanan: TPM versi 2.0, firmware UEFI, Secure Boot mampu 
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru, dengan driver WDDM 2.0 
  • Tampilan: Tampilan definisi tinggi (720p), monitor 9" atau lebih besar, 8-bit per saluran warna.

Info lengkap bisa membuka website Windows melalui tautan ini

CATATAN:
Untuk memeriksa kompatibilitas Windows 11, unduh dan jalankan aplikasi PC Health Check, yang akan mengidentifikasi masalah kompatibilitas tertentu yang mencegah peningkatan. Perangkat keras yang lebih lama cenderung tidak lulus pemeriksaan kompatibilitas ketat Windows 11; misalnya, sebagian besar prosesor Intel 7th Generation Core tidak ada dalam daftar CPU yang kompatibel, begitu pula PC yang dibuat menggunakan prosesor AMD Zen 1. PC yang dibeli pada tahun 2016 atau sebelumnya hampir pasti tidak didukung.

Windows 11 memerlukan komponen keamanan perangkat keras yang disebut Trusted Platform Module (TPM), bersama dengan firmware UEFI (tidak ada BIOS lama yang diizinkan) dan Boot Aman. Persyaratan UEFI juga berarti bahwa disk sistem harus diatur menggunakan standar GUID Partition Table (GPT). Sistem yang menggunakan sistem Master Boot Record (MBR) lama tidak didukung.

Perlu diketahui, Windows 11 hanya tersedia sebagai OS 64-bit untuk CPU 64-bit (namun, aplikasi Windows 32-bit akan terus didukung). Jadi bila saat ini anda menggunakan Windows 10 64-bit anda bisa melakukan kompatibel perangkat anda langsung melalui fitur Windows Update.

Bagaimana cara mendapatkan Windows 11?

Cara termudah untuk mendapatkan Windows 11 adalah dengan memeriksa Pembaruan Windows pada PC Windows 10 yang didukung dan sepenuhnya diperbarui. Tetapi karena Microsoft meluncurkan Windows 11 secara perlahan selama berbulan-bulan, PC Anda mungkin belum melihatnya.

Silahkan tekan tombol Windows + I, lalu pilih "Update & Security" tunggu sejenak... perangkat akan secara otomatis akan mengidentifikasi kompatibilitas. Bila PC/Laptop anda mendukung dan dapat menjalankan Windows 11, maka akan tampil pesan seperti dibawah ini:


Gambar diatas menandakan pc/laptop dapat menjalankan OS Windows 11 namun belum dapat upgrade otomatis saat itu karena menunggu antrian sampai pc/laptop anda benar-benar siap melakukan upgrade dari Windows 10. Ini terjadi biasanya Windows 10 membutuhkan update-update.

Jika pemutakhiran Windows 11 gratis tersedia, anda akan melihat opsi untuk mengunduh dan menginstal.


Microsoft menawarkan beberapa cara untuk mengunduh Windows 11 secara manual. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Asisten Instalasi, yang Anda instal di PC Anda untuk memicu penginstalan pemutakhiran normal melalui Pembaruan Windows. Yang kedua adalah menggunakan Windows 11 Media Creation Tool, yang mengotomatiskan proses pembuatan drive penginstalan USB yang dapat di-boot atau mengunduh file ISO penginstalan.

Setelah Anda memiliki drive USB, Anda dapat mem-boot untuk melakukan instalasi bersih atau menjalankan aplikasi Pengaturan dari dalam Windows 10 untuk melakukan instalasi peningkatan normal. Anda juga dapat membakar ISO ke DVD, tetapi menginstal dari drive USB apa pun, bahkan drive USB 2.0 lama, akan jauh lebih cepat. Terakhir, Anda cukup mengunduh file ISO langsung dari situs Microsoft.

Apakah perlu membayarnya?

Windows 11 gratis bila upgrade dari Windows 10. Jadi jika Anda menjalankan Windows 10 Home atau Pro di PC Anda, terlepas dari apakah PC Anda didukung secara resmi atau tidak, Anda akan dapat menginstal dan mengaktifkan edisi Windows 11.

Jika Anda menginstal Windows 11 pada PC baru, secara resmi, Anda harus membeli lisensi Windows 10 atau Windows 11 situs terkemuka dan resmi.




No comments

Powered by Blogger.