Header Ads

Cara Memeriksa Kesehatan & Suhu SSD di Windows 10

Kita tahu bersama bahwa Solid State Drive (SSD) jauh lebih cepat daripada Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan utama di perangkat komputer. 

Tidak ada perbedaan dari keduanya dimana dari waktu ke waktu penggunaannya kesehatan dari perangkat keras tersebut sudah barang tentu akan berkurang. Nah, bagi pengguna yang menggunakan komputer untuk menyimpan data penting mungkin perlu meninjau kesehatan SSD untuk menghindari kehilangan data jika terjadi kegagalan pada perangkat penyimpanan.

Periksa kesehatan dan suhu SSD di Windows 10

Sebagian besar produsen SSD menawarkan perangkat lunak mereka sendiri untuk mengonfigurasi dan memantau kesehatan SSD. Sebagai contoh, Kingston menyediakan utilitas yang disebut Manajer SSD, yang memungkinkan Anda mengubah berbagai pengaturan SSD, memantau kesehatan SSD, dan menemukan informasi penting lainnya tentang SSD.

Selain alat dari pabrikan SSD, ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk memantau kesehatan, kinerja, dan suhu SSD.
Tapi tunggu dulu, karena kabar baiknya adalah pada Windows 10 sekarang menawarkan anda untuk melihat informasi lebih lanjut tentang SSD. Dengan fitur baru ini, Anda dapat melihat kesehatan SSD, cadangan yang tersedia, dan suhu saat ini. Ini berarti Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak pihak ketiga untuk memantau kesehatan SSD karena Windows 10 juga memperingatkan pengguna ketika SSD akan segera rusak atau kesehatannya menurun hingga persentase tertentu.

Namun demikian, fungsi pemantauan suhu dan kesehatan tidak tersedia untuk drive eksternal seperti pen drive dan kartu memori. Fitur-fitur ini saat ini hanya mendukung SSD NVMe internal. 

Windows 10 menggunakan perkiraan persentase yang digunakan memprediksi masa pakai drive produsen untuk menghitung perkiraan sisa masa pakai SSD. Jadi, ini mungkin tidak akurat. Juga, perhatikan bahwa jika Windows 10 menampilkan perkiraan sisa masa pakai SSD dengan nilai 0%, itu tidak berarti bahwa SSD telah gagal atau akan mati. Ini hanya menunjukkan bahwa drive telah menyelesaikan siklus tulis / hapus yang diprediksi oleh produsen.

CATATAN: Fitur baru ini tersedia untuk pengguna yang menguji Windows 10 Insider builds (20226 dan lebih tinggi) saja.
Untuk memeriksa nomor build, ketik :

winver.exe

di pencarian Start / taskbar dan tekan tombol Enter.

PENTING: Fitur tersebut saat ini hanya mendukung NVMe SSD.

Periksa NVMe SSD perkiraan sisa umur & suhu di Windows 10

Baiklah dibawah ini bagaimana caranya anda memeriksa kesehatan dan suhu SSD di Windows 10 dengan beberapa langkah saja:

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan. Arahkan ke System > halaman Storage.

Langkah 2: Di bagian  More storage settings, klik tautan Manage Disks and Volumes.

Cara Memeriksa Kesehatan & Suhu SSD di Windows 10

Langkah 3: Halaman yang dihasilkan akan menampilkan jumlah drive dan partisi pada PC Anda. Klik pada entri hard drive atau SSD untuk membuka tombol Properties yang tersembunyi .

CATATAN: Jika Anda memiliki beberapa SSD di komputer Anda, gulir ke bawah halaman untuk melihat semua entri.

Langkah 4: Klik pada tombol Properties.

Langkah 5: Bagian kesehatan Drive menampilkan perkiraan sisa masa pakai hard drive atau SSD, cadangan yang tersedia, dan suhu SSD saat ini dalam derajat Celcius.


...sebagai saran, cadangkanlah data Anda ke layanan penyimpanan cloud atau drive eksternal untuk menghindari kehilangan data.



No comments

Powered by Blogger.