Header Ads

Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan Fitur Tab di Word

Daftar isi bisa dikatakan satu kesatuan yang tak terpisah dalam suatu karya ilmiah, buku, skripsi atau bahkan sebatas pembuatan proposal/permohonan bantuan.

Hanya berupa daftar halaman yang disertai titik-titik yang mewakili kehalaman tertentu pada akhir setiap barisnya, terlihat simple dalam membuatnya. Namun untuk membuat daftar isi yang rapi dan terstruktur membutuhkan fitur lanjutan yang ada didalam aplikasi word tersebut.



Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Terlihat pada gambar diatas tampilan daftar isi sangat rapi sehingga terlihat enak dilihat.

Nah.., pada panduan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara membuat daftar isi yang benar sehingga terlihat rapi menggunakan fitur Tab.

Mari kita mulai, dan silahkan disimak dengan baik.

Mula-mula buka dokumen baru..

Lalu pada top rule (mistar atas) dibagian kiri klik icon tab hingga menjadi Right Tab seperti gambar dibawah ini:


Bila sudah, ketik kalimat DAFTAR ISI lalu rata tengahkan (CTRL+E).

Sampai disini, tekan enter dan posisikan kursor dimana akan dilakukan setting isian daftar isi. Lalu buat dua tab disudut kanan pada rule (mistar) dan beri jarak (disesuaikan saja).

Bila sudah, klik dua kali salah satu icon tab yang baru dibuat tadi.


Lalu setting seperti dibawah ini...

INGAT! Angka pada opsi tab stop position, mungkin tidak sama pada contoh diatas karena letak tab yang berbeda. Maka tinggal sesuaikan saja.

Pilih posisi tab angka yang paling atas, lalu pilih Leader yang diinginkan, lalu sebelum menekan OK klik terlebeih dahulu tombol Set.

Bila sudah, untuk penerapannya silahkan ketik kalimat persis pada kursor awal pada settingan... setelah itu tekan tombol TAB dua kali pada keyboard.

Pada tab awal akan menampilkan titik-titik secara otomatis, dan tab kedua untuk mengetik angka-angka yang menunjukan nomor halaman.

Maka hasilnya terlihat seperti dibawah ini..


Selanjutnya silahkan anda bereksplorasi terhadap penggunaan menu tab ini.

Cukup mudah bukan..

Source:
Unduh halaman daftar isi


No comments

Powered by Blogger.