Header Ads

Cara Membuat Page Layout Portrait dan Landscape Dalam Satu File di MS Word

Dalam membuat suatu laporan, karya ilmiah seperti tesis atau skripsi terkadang dibutuhkan data-data yang berbentuk tabel-tabel. Tabel-tabel yang dimaksud biasanya menggunakan layout landscape (horisontal) sementara dalam sebuah laporan sudah barang tentu berbentuk portrait (tegak).

Cara untuk mengakalinya biasanya pada data tabel yang berbentuk landscape tadi dibuat pada file terpisah. Dengan cara ini sebenarnya masalah sudah dapat teratasi, namun terkadang kita akan kebingungan ketika dokumen sudah tercetak dimana kita akan sedikit kebingunan untuk menyesuaikan lembar halaman.

Membuat halaman Landscape dan Portrait dalam Satu Document

Nah pada artikel kali ini, saya akan bahas singkat cara membuat halaman beda orientasi dalam satu file pada dokumen ms word. Tentu dengan cara ini nantinya kita tidak perlu membuat dokumen terpisah dengan format layout yang berbeda.

Cara ini, sebenarnya cukup simple. Hanya beberapa langkah saja bentuk landscape dan portrait dalam satu file dapat dibuat.

Mula-mula, buka dokumen baru.

Letakkan kursor mouse pada halaman akhir dimana halaman berikutnya adalah halaman yang akan diubah menjadi landscape.

Selanjutnya pilih menu page Layout pada menu bar di microsoft word. Pada group page setup pilih Breaks lalu pilih Next Page.

cara membuat landscape pada halaman tertentu di word

Maka akan muncul halaman baru yang berada dibawah halaman sebelumnya.

cara membuat landscape pada halaman tertentu di word

Letakkan kursor pada halaman tersebut kemudian kita ubah pengaturan orientation. Maih pada menu Layout klik menu Orientation pada group page setup kemudian pilih Landscape.

cara membuat landscape pada halaman tertentu di word

Seketika layout akan berubah menjadi landscape.

cara membuat landscape pada halaman tertentu di word

Cukup mudah bukan?


No comments

Powered by Blogger.