Header Ads

Cara Mengetahui IP Address dari Suatu Website

Internet Protocol Address (IP address) adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

Dalam pencarian alamat IP akan menentukan geolokasi alamat IP apa pun. Hasil pencarian alamat IP akan menunjukkan akan lokasi kota, negara bagian / wilayah, kode pos / pos, nama negara, ISP, dan zona waktu. Data ini dapat digunakan oleh berbagai lembaga untuk menemukan pemilik yang tepat dari alamat IPv4 atau IPv6.

Cara Mengetahui IP Address dari Suatu Website

Defenisi dan Fungsi IP Address

Internet Protocol versi 4 (IPv4) mendefinisikan alamat IP sebagai nomor 32-bit. Namun, karena pertumbuhan Internet dan menipisnya alamat IPv4 yang tersedia, maka versi baru IP (IPv6) dengan menggunakan 128-bit dikembangkan pada 1995, yang distandarisasi pada Desember 1998 selanjutnya pada bulan Juli 2017 definisi akhir dari protokol diterbitkan.

Nah, itu sekilas defenisi IP Address dan perkembangannya.

Selanjutnya pada artikel kali secara khusus kita akan membahas bagaimana cara mengetahui alamat ip address suatu situs atau website.

Ya, dengan mengetahui alamat ip address suatu website maka kita dapat mengetahui terkait data informasi lebih lanjut semisal lokasi website, lokasi server, dan banyak lagi.

Cara yang kita lakukan bagaimana mengetahui alamat ip address website hanya dengan bantuan Command prompt atau CMD saja. Dengan mengetikan satu baris perintah saja seketika kita dapat mengetahui alamat ip dari suatu website.

Baiklah, sebagai ujicoba saya akan mencoba mencari tahu alamat ip address dari blog hanyapedia.com ini. Berikut tahap-tahapnya:

Buka Command Promt dengan cara tekan Ctrl+ R lalu ketik cmd, atau klik start lalu ketik cmd.

Setelah tampilan cmd terbuka, ketik: ping namawebsite

contoh:

ping www.hanyapedia.com

Cara mengetahui IP Address dari Suatu Website

Hasilnya terlihat seketika seperti dibawah ini.

Cara mengetahui IP Address dari Suatu Website

Cukup mudah bukan?


No comments

Powered by Blogger.