Header Ads

Solved: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Pernahkah anda mengalami masalah dimana tiba-tiba laptop tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows, padahal sebelum-sebelumnya tidak ada masalah sama sekali?.

Tanda-tanda tidak bisa ke windows, yaitu disaat menghidupkan komputer atau laptop pengguna layarnya hanya hitam saja dan tidak kunjung masuk ke sistem operasi atau ke windows pengguna.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Laptop/Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Banyak faktor kenapa laptop/komputer tidak bisa masuk ke windows. Untuk itu diartikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara yang dapat dilakukan jika kalian menemukan masalah seperti ini.

Berikut ulasannya...

Restart Laptop/Komputer
Cara awal yang mungkin bisa dilakukan adalah melakukan restart kembali secara mematikan laptop secara "paksa" dengan menekan tombol power.

Dalam beberapa kasus dengan menyalakan kembali, laptop biasanya bisa masuk ke Windows dengan normal. Namun bila keadaan tidak berubah maka perlu dilakukan tindakan lainnya.

Booting Safe Mode
Safe Mode adalah sebuah fitur dimana Windows bisa dibuka tanpa meload aplikasi dan driver yang terinstal di laptop. Bila laptop bisa masuk ke modus Safe Mode dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard, kemungkinan sistem operasi yang digunakan tidak mengalami corrupt.

Namun kemungkinan lainnya adalah aplikasi atau driver yang terinstall yang mungkin mengalami masalah. Jadi silakan Uninstall Program-Program yang Anda curigai sebagai penyebab Laptop yang tidak bisa booting (Aplikasi, Driver dan sebagainya).

Scan Antivirus
Masih dalam Safe Mode silahkan juga scan windows yang dimungkinkan masalah tersebut dari virus yang menjangkiti laptop. Jika selesai, silakan Restart dan cek kembali apakah sudah bisa sudah bisa booting normal.

Restore Point
Proses ini dilakukan bila cara-cara sebelumnya belum memberikan solusi, maksud dari cara ini adalah sistem operasi akan mengembalikan Windows pada waktu tertentu atau kebeberapa waktu sebelumnya, caranya:
  • Nyalakan laptop dan selanjutnya tekan F8 secara berulang-ulang.
  • Masuk ke Repair Computer.
  • Cari sistem restore, lalu cek biasanya ada Restore Point.
  • Pilih tanggal sebelum laptop mengalami masalah tidak bisa masuk ke Windows.

Install Ulang
Cara ini adalah cara terakhir bila cara sebelumnya kembali tak menemukan solusi, sudah barang tentu sebelum melakukan instalasi ulang pastikan data-data yang ada didalamnya di backup terlebih dahulu.

Adapun cara melakukan backup data, maka hardisk yang dilaptop harus dicabut/dilepas lalu dijadikan hardisk eksternal untuk dibuka dilaptop/komputer lain yang bisa berjalan normal.

Bila yakin semua sudah dibackup, sangat disarankan install ulang dengan opsi Clean Install, yaitu format seluruh disk drive saat proses penginstallan tujuannya agar hardisk benar-benar bersih dan bebas dari virus dan file-file yang corrut.


No comments

Powered by Blogger.