Header Ads

Cara Memperbaiki File Association yang Rusak di Windows

Operasi sistem Windows sudah sangat familiar bagi pengguna kebanyakan bahkan pada Sistem Operasi Windows 10 mungkin merupakan sistem operasi yang hebat dan mudah untuk dioperasikan, tetapi OS ini juga memiliki beberapa masalah yang sama dengan yang dimiliki OS pendahulunya.

Banyak pengguna melaporkan pesan kesalahan "This file does not have a program associated with it for performing this action error" pada Windows 10 disaat mencoba menjalankan aplikasi tertentu.

This file does not have a program associated with it for performing this action

Ya, kasus yang sama telah saya alami yaitu setiap membuka file atau tool 'Windows PowerShell' melalui start menu selalu menampilkan pesan kesalahan seperti dibawah ini:



This file does not have an app associated with it for performing this action. Please install an app or, if one is already installed, create an association in the Default Apps Setting page.

Untuk OS Windows yang lebih lama, pesan kesalahannya kurang lebih seperti dibawah ini:

This file does not have a program associated with it for performing this action. Please install a program or, if one is already installed, create an association in the Default Programs control panel.

Fix This File Does Not Have a Program Associated

Untuk mengatasi kesalahan ini sebenarnya cukup mudah, setidaknya ada beberapa cara bagaimana mengatasi error “This file does not have a program associated with it for performing this action” bila kita temukan di pencarian google.

Namun pada panduan kali ini saya hanya share satu tips saja sebagaimana saya lakukan sehingga semua masalah diatas teratasi dengan sepenuhnya kembali menjadi normal.

Adapun cara repair windows yang saya lakukan adalah menggunakan file hotfix perbaikan terbaru dari Microsoft untuk memperbaiki masalah file dan folder Windows (File and Folder Troubleshooter). Perbaikan terbaru ini dimaksudkan untuk memindai registri OS dan pengaturan group policy serta memeriksa apakah ada perbedaan atau kerusakan. Jika ada, kita dengan mudah memperbaikinya menggunakan tool perbaikan terbaru ini sehingga aplikasi akan bisa dikerjakan lagi.

INFORMASI:
Group Policy adalah sebuah alat bantu yang dapat digunakan untuk mengatur keamanan dan beberapa kebijakan lainnya di dalam platform Microsoft Windows.

Baiklah kita mulai saja....
Mula-mula unduh Microsoft’s hotfix to repair Windows file and folder problems, lalu eksekusi langsung tool tersebut.

"Troubleshooter" akan menampilkan beberapa masalah yang mungkin Anda temui. Akan tampil opsi yang tampil dan pilih masalah yang dialami ntuk memperbaikinya, bila sudah klik tombol Next (lihat gambar).


Maka tool ini akan memperbaiki semua masalah yang diidentifikasi untuk Anda secara otomatis atau manual untuk memilih masalah yang ingin Anda atasi secara otomatis.

Diakhir proses akan ditampilkan jendela dengan pesan bahwa dalam beberapa saat Windows akan Restart/Reboot, jadi sebaiknya simpan dokumen atau aplikasi yang sedang terbuka.


Setelah reboot aplikasi/tool Windows PowerShell yang bermasalah tadi benar-benar sudah bisa dibuka dan digunakan kembali.


Demikian, semoga bisa dijadikan referensi dan berguna bagi pembaca.

Download:
Microsoft’s hotfix to repair Windows file and folder problems



No comments

Powered by Blogger.