Header Ads

Cara Convert File DMG ke ISO di Windows

Kita tahu bahwa format dari file DMG adalah merupakan file iso nya yang sebagian besar digunakan dalam sistem operasi Mac OS X. Dan juga sebagian besar aplikasinya tersedia sebagai file DMG dan sudah barang tentu jenis file ini sangat akrab bagi pengguna Mac OS X.

Sementara itu sistem operasi Windows tidak mendukung file DMG dan diperlukan bantuan tool pihak ketiga untuk membuka file DMG di Windows.

Jika Anda memiliki file DMG dan ingin mengonversi yang sama ke file ISO di komputer yang menjalankan sistem operasi Windows, ada banyak cara untuk melakukannya.

Konversikan file DMG ke ISO menggunakan DMG2IMG (gratis)

Nah... pada panduan ini, kita tidak membahas bagaimana cara membuat file dmg di windows namun terfokus membahas satu metode cepat yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi DMG ke ISO di PC Windows.

Mungkin metode ini yang terbilang terbaik dan termudah untuk mengubah file DMG ke ISO pada Windows secara gratis. Metode ini mengharuskan Anda untuk mengeksekusi perintah sederhana dari Command Prompt.

Cara Mengubah (Convert) File DMG Menjadi ISO

Namun bila Anda tidak terbiasa dengan Windows Command Prompt, Anda tidak perlu khawatir karena perintahnya sangat mudah.

Langkah 1: Kunjungi halaman DMG2IMG lalu unduh file dmg2img format zip. Silakan klik file biner win32 untuk mengunduh file zip dmg2img. Link unduh diakhir artikel...



Langkah 2: Ekstrak konten file zip dmg2img yang telah diunduh ke Folder Baru. Disini saya mengekstrak ke desktop dan mengubah nama foldernya menjadi dmg2img.

Langkah 3: Selanjutnya, tahan tombol Shift di keyboard Anda lalu klik kanan pada folder dmg2img yang berisi beberapa file/konten dmg2img, dan kemudian klik Open command window here untuk membuka Command Prompt.



Langkah 4: Terakhir, jalankan perintah berikut:
dmg2img "oldfile.dmg" "newfile.iso"

CATATAN:
Pada perintah di atas, ganti "oldfile.dmg" dengan path ke file DMG yang ingin Anda konversi ke ISO. Demikian juga, ganti "newfile.iso" dengan lokasi tempat Anda ingin menyimpan file ISO hasil konversi.

STUDI:
Dalam artikel ini saya menaruh file dmg dengan nama file test.dmg di drive C:\dmg\test.dmg
Selanjutnya untuk hasilnya berupa file iso saya beri nama test.iso berada pada drive C:\iso\test.iso
Sehingga format perintahnya seperti dibawah ini:

dmg2img "C:\dmg\test.dmg" "C:\iso\test.iso"

Setelah memasukkan perintah, tekan tombol Enter.



Proses konversi file DMG ke ISO pun berlangsung, tunggu sejenak sampai proses selesai. Terlihat pada gambar dibawah ini.



Bila dibuka melalui windows explorer maka akan terlihat file hasil konvert dengan nama file test.iso



Demikian, semoga bermanfaat.

Source:
Unduh DMG2IMG.Zip | Mirror


No comments

Powered by Blogger.