Header Ads

Cara Mengatur Default Program Pada Windows 10

Setting Default Program in Windows 10 - Kita tahu pada kebanyakan aplikasi dengan fungsi yang sama yang terinstall pada laptop/komputer memungkinkan pengguna akan diberikan pilihan aplikasi yang mana akan dipilih sebagai aplikasi yang akan dijalankan terhadap file ekstensi yang didukungnya.

Pengguna mungkin perlu mengubah program default yang terkait dengan protokol dan ekstensi file tertentu, karena bila tidak dilakukan maka setiap membuka file tentu akan ditampilkan beberapa aplikasi yang mendukung/bisa membuka file tersebut. Jika Anda salah satunya dan ingin mengatur default program di windows, maka posting ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah program default di Windows 10.

Cara Mengatur Aplikasi Default Windows 10

Sebagai contoh saja bahwa Windows 10 menetapkan Microsoft Edge sebagai browser default untuk membuka tautan web. Sementara bisa saja anda telah menginstall browser favorit anda yang lain semisal mozilla firefox atau Google Chrome.

Nah pada kasus kali ini bagaimana caranya kita mengatur default browser setiap membuka tautan web akan membuka browser defaultnya ke google chrome.

Untuk mengubah browser default, ikuti langkah-langkah berikut:

Mula-mula tekan tombol Win + I untuk membuka Settings app, dan pilih Apps.


Selanjutnya, pada panel kiri Default Apps gulir ke bawah.


Saat mengeklik Default Apps di panel kiri, konten panel kanan akan berubah ke daftar protokol populer dan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Klik sekali pada aplikasi browser "Microsoft Edge".


Akan tampil aplikasi serupa yang terinstall di komuputer, pilih salah satunya. Kali ini saya akan memilih browser terbaik versi saya yaitu google chrome.


Seketika, web browser berubah sesuai pilihan.


Dan semestinya setiap membuka atau mengklik tautan web maka secara otomatis akan membuka aplikasi google chrome sebagai aplikasi default nya.

Lalu bagaimana cara mengembalikan semua pengaturan default bawaan windows? Untuk melakukannya sama seperti langkah-langkah diatas. Dan pada Default Apps tombol Reset maka semua pengaturan kembali pada rekomendasi dari microsoft.



Demikian artikel ini dipublish, panduan ini juga menjawab dari pertanyaan bagaimana cara mengembalikan open with ke semula windows 10.


No comments

Powered by Blogger.