Header Ads

Cara Menampilkan "Open Command Window Here" di Windows 10

Pada Windows 10, Microsoft secara perlahan menyembunyikan konsol Command Prompt demi PowerShell. Meskipun demikian pengguna masih dapat menggunakan tersebut konsol, pengguna akan melihat bahwa opsi ini tidak lagi tersedia di menu Power User (Windows key + X), pada menu File untuk File Explorer, atau dalam menu konteks yang diperluas (Shift + klik-Kanan).

Meskipun ada opsi di Pengaturan untuk menambahkan Command Prompt ke menu Power User namun pengguna tidak akan menemukan opsi untuk pengaturan ke menu konteks yang diperluas. Namun, sebenarnya masih memungkinkan untuk menggabungkan kedua konsol tersebut di Windows 10 dengan sedikit memodifikasi Registry.



Open Command Window Here di Windows 10 Hilang

Bila selama ini anda sudah terbiasa menggunakan opsi ini, sementara tiba-tiba entah kenapa "open command window here" pada menu konteks yang diperluas hilang. Maka dalam panduan Windows 10 kali ini, saya akan membantu Anda langkah demi langkah untuk mengembalikan opsi "open command window here" ke menu konteks.

Menambahkan 'open command window here' ke menu konteks folder

Untuk memasukkan kembali opsi untuk meluncurkan Command Prompt pada menu konteks yang diperluas, Anda harus memodifikasi Registry menggunakan langkah-langkah berikut:

Peringatan!
Ini adalah pengingat bahwa mengedit registri berisiko, dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada instalasi operasi sistem Anda bila Anda tidak melakukannya dengan benar. Sangat disarankan untuk membuat cadangan penuh (full backup) pada PC Anda sebelum melanjutkan. Semua risiko menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Jika Anda siap, ikuti langkah-langkah ini:
  1. Gunakan tombol Windows + R untuk membuka Run command.
  2. Ketik regedit, dan klik OK untuk membuka Registry.
  3. Telusuri jalur berikut:
  4. HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell\cmd
  1. Klik kanan pada tombol cmd (folder), dan klik Permissions.
  2. Klik tombol Advanced.
  3. Pada Advanced Security Settings, Klik di link Change pada baris "Owner."
  4. Ketikkan nama akun Anda di bidang yang disediakan, klik Check Names untuk memverifikasi hasil mengetikkan nama akun dengan benar, dan klik OK.
  5. Ceklist pada opsi Replace owner pada subkontainer dan objek.
  6. Klik Apply.
  7. Klik OK.
  8. Kembali pada jendela "Permissions," arahkan ke opsi the Administrators group.
  9. Pada "Permissions for Administrators," Ceklist Allow for the Full Control option.
  10. Klik Apply.
  11. Klik OK.
  12. Didalam folder the cmd key, klik kanan pada DWORD HideBasedOnVelocityId, lalu klik Rename.
  13. Ganti nama DWORD dari HideBasedOnVelocityId menjadi ShowBasedOnVelocityId, lalu tekan Enter.
Setelah semua langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar, maka semestinya opsi "Open Command Window Here" dalam menu konteks yang diperluas sudah sudah diaktifkan.

Untuk membuktikannya silahkan tekan tombol Shift + Klik kanan pada folder yang akan menampilkan opsi "Open Command Window Here".


Dan seperti yang disebutkan diawal artikel, selain opsi "Open command window here" juga akan tampil opsi "Open PowerShell window here".


Sekian...



No comments

Powered by Blogger.