Header Ads

Mengintip Teknologi 5G dan WiGig, dan Bagaimana Cara Kerjanya



Loading...
Dalam dunia internet kedepan 5G dan WiGig akan menjadi dua teknologi penghantar internet cepat di masa depan. Keduanya pun sudah dilakukan uji coba di Indonesia.

Bila kita bisa menebak-nebak apa itu 5G namun tidak dengan WiGig, sebagian orang tentu asing dengan kata WiGig ini.

Mengintip Teknologi 5G dan WiGig

Baiklah kita bahas secara singkat terlebih dahulu tentang 5G.
5G adalah merupakan jaringan generasi kelima setelah lahirnya 4G, dimana Generasi terbaru ini bisa memberikan kecepatan hingga 20 Gbps atau berkali lipat lebih cepat dari 4G.

Selain itu latensi yang dihadirkan 5G juga lebih kecil ketimbang 4G. Dan perlu diketahui bahwa semakin kecil latensi, maka semakin cepat eksekusi dijalankan ketika perintah diberikan. Hal ini bermanfaat bagi pengguna yang gemar bermain game online.

Lalu apa itu WiGig?
WiGig atau disebut juga dengan teknologi WiGig adalah standar koneksi nirkabel baru yang juga beroperasi di bawah moniker 802.11ad.

Koneksi ini memiliki keunggulan spesifik diantaranya adalah berupa koneksi ke rumah dengan kecepatan tinggi hingga 7 Gbps dan melengkapi area yang tidak dijangkau fiber optik serta instalasi perangkat di rumah dengan mudah karena ukurannya yang kecil.

Nama WiGig bermula dikembangkan oleh Gigabit Alliance Nirkabel, aliansi perdagangan yang diserap oleh Aliansi Wi-Fi tersebut pada tahun 2013.

Bagaimana Cara Kerja WiGig?
Bila Wi-Fi saat ini menggunakan frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, WiGig menggunakan spektrum 60GHz yang relatif jarang/tidak terpakai.

Hal ini memungkinkannya untuk menggunakan saluran yang lebih luas daripada Wi-Fi standar sehingga menghasilkan kecepatan data yang secara signifikan lebih cepat hingga 8 Gbps.

WiGig menggunakan beamforming untuk mengirim sinyal yang diarahkan secara halus antar perangkat pada jarak hingga 10 meter.

Siaran terfokus berfungsi untuk menghilangkan gangguan apa pun dari perangkat di sekitar, serta untuk mempertahankan kinerja tinggi bahkan di area di mana spektrum 60 GHz mungkin digunakan berat.

Apa Kelebihan/Keuntungan WiGig?
Kecepatan data WiGig hingga 8 Gbps cukup cepat untuk mengunduh film HD hanya dalam beberapa detik. Ini juga hampir dua kali lipat kecepatan standar Wi-Fi teratas saat ini, Wi-Fi Certified ac (yang beroperasi di pita 5GHz).

Melalui titik referensi, sangat diharapkan kecepatan unduh 5G mampu mencapai sekitar 10 Gbps setelah standar jaringan seluler mulai diluncurkan pada tahun 2020.

Keuntungan lain adalah latensi rendah. WiGig sangat responsif, hingga layak disebut sebagai ‘wired-grade’ atau ‘near-wire’ - yaitu menawarkan respons yang serupa ke koneksi kabel fisik.

Berkat telah status ‘Wi-Fi Certified’, WiGig dijamin akan memenuhi standar interoperabilitas dan keamanan industri.

Uji Coba standar WiGig.
Baru-baru ini dilakukan uji coba WiGig pada sistem pemantauan kondisi lingkungan perkotaan melalui kamera surveillance atau CCTV. Dengan menggunakan teknologi ini, pemantauan melalui kamera terlihat menjadi lebih baik secara kualitas tampilan.

Tidak salah bila kedepan teknologi WiGig ini akan menopang pengiriman data dalam format video berkapasitas besar dan cepat. Sehingga gambar yang ditampilkan memiliki kualitas yang baik.

Kelebihan lainnya yang patut dibanggakan adalah dengan teknologi canggih ini monitoring lingkungan pun bisa menggunakan kamera yang 360 derajat untuk pemantauannya.

No comments

Powered by Blogger.