Header Ads

GPN Datang Master Card dan Visa bye bye...



Loading...
Buka dompet anda lihat kartu ATM anda lalu lihat sudut atas bawah pasti ada logo Master Card atau Visa 2 perusahaan asal Amerika Serikat.

Mereka selama ini mendominasi untuk penggunaan kartu elektronik yang selama ini dipakai masyarakat didunia, Indonesia salah satunya.

keuntungan bila menggunakan kartu debit berlogo GPN

Apa yang dimaksud dengan GPN?
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran sehingga memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia dan menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien. Masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari Bank yang sama dengan kartu yang dimiliki karena semua kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik dapat digunakan pada seluruh mesin EDC.

Berbicara fungsi dari kartu ATM (elektronik) berlogo GPN adalah Interkoneksi artinya bila menggunakan logo mastercard atau visa pada saat melakukan transaksi dalam negeri beda bank maka akan dikenakan biaya administrasi yang berbeda-beda, namun bila menggunakan logo GPN maka biaya administrasinya akan sama semua walau berbeda bank.

Keuntungan Menggunakan Kartu Debit Logo GPN

Selanjutnya adalah Interoperabilitas berfungsi bila kita menggunakan Mesin EDC (Electronic Data Capture) yaitu proses transaksi tarik tunai diminimarket (seperti indomart atau alfamart) dengan menggunakan kartu yang berlogo GPN semua mesin EDC yang digunakan akan dikenakan charge/biaya yang sama (walau mesin EDC yang berbeda).

Nah, bila anda bingung dari kedua fungsi diatas, yang pasti lebih mudah dan murah bila menggunakan kartu atm berlogo GPN. Artinya dengan satu kartu akan lebih mudah kanalnya (bank) dan murah harganya.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan kartu berlogo internasional seperti VISA dan Mastercard setelah adanya GPN?
Kartu berlogo internasional seperti VISA dan MasterCard tetap dapat beredar seperti saat ini dan dapat tetap melayani nasabahnya di Indonesia sesuai kebutuhan nasabah dan segmentasinya (transaksi non domestik) karena kartu GPN ditujukan untuk transaksi domestik.

Lalu bagaimana dengan negara lain? sebenarnya jauh-jauh hari negara tetangga kita sudah lebih dulu menerapkan dengan merilis payment gateway milik negaranya masing-masing. Sebut saja Malaysia menggunakannya dengan nama "Malaysia Electronic Payment System (MEPS)", Singapora dengan "Network for Electronic Transfer (NETS)" atau bahkan China/tiongkok dengan "Union Pay" nya dimana bagi pengguna yang memiliki kartu berlogo "Union Pay" tidak akan dikenakan biaya alias gratis ini berarti bangsa mereka dari sektor perbankan berikutnya institusi keuangan sangat mandiri.

Keuntungan Menggunakan Kartu Elektronik berlogo GPN.
Secara garis besar berikut 5 keuntungan bila menggunakan kartu debit berlogo GPN :

  1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.
  3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).
  5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien

Akhirnya mungkin perlu kita simak dan sadari bersama, bahwa saat ini momentum yang baik buat kita menjadi negara yang lebih berdaulat, kita mandiri bahkan untuk mengatur sistem keuangan kita sendiri.

Berdiri dengan kaki sendiri, milik produk sendiri, transaksi sendiri untuk diri kita sendiri.. untuk Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.