Header Ads

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati

Pernahkah anda mengalami dimana disaat anda sedang menggunakan PC dan tiba-tiba monitor LCD komputer yang anda gunakan hidup mati dan bahkan ini sangat sering terjadi?. Karena ketika bekerja dengan menggunakan komputer dibarengi layar monitor yang berkedip secara berulang-ulang alias mati-hidup berkali-kali Tentu akan membuat pekerjaan anda menjadi sangat terganggu.

Cara mengatasi monitor komputer kedap-kedip mati hidup berulang kali sebenarnya banyak penyebabnya. Jadi bila anda mengalami masalah yang saya utarakan diatas, jangan buru-buru dulu untuk membawanya ketukang service. Karena bisa saja anda mampu untuk memperbaikinya bila masalahnya hanya sekedar kerusakan non teknis.

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati

Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati
Bila kerusakannya terletak pada PowerSupply atau Regulatornya, atau juga Elco yang menggelembung maka bila anda tidak mampu memperbaikinya maka mengantar nya ke tukang service adalah jalan terakhir.

Baiklah, mari kita cari tahu apa yang bisa anda lakukan bila monitor LCD komputer anda sering hidup mati.

Ubah Resolusi Screen
Coba cek resolusi layar pada screen refresh rate dengan mengubah-ubah ukuran rate misalkan menjadi 60 Hertz, lalu booting dan lihat hasilnya. Bila belum menemukan hasilnya, silahkan lanjut ketahap berikutnya.

Cek Kabel VGA
Coba untuk mengecek bagian kabel VGA monitor apakah ada masalah, bila memungkinkan coba ganti kabel yang sama dari PC lain jika masih tidak mengalami perubahan berarti bukan dari kabel VGA nya.

Cek Suhu Fan Processor
Coba buka casing PC lalu coba amati, bila memungkinkan coba sentuh beberapa perangkat keras terutama fan processor. Apakah panasnya tidak seperti biasanya. Untuk mengetahui suhu normalnya silahkan lihat pada menu bios pada informasi perputaran kipas processor.

Atau bisa juga gunakan software pengecek suhu yang nanti berjalan di windows bar bagian pojok kanan bawah, anda bisa gunakan software HW Monitor, HWinfo, Speed Fan, Speccy dan banyak lagi.

Nah, pada banyak kasus seperti yang ada pada artikel kali ini adalah disebabkan dari suhu processor yang sangat panas dan tidak stabil sehingga menyebabkan sedikit overheat. Maka untuk mengatasinya adalah dengan mengganti Fan Processor yang lebih baik diharapkan bisa menstabilkan suhu processor komputer sehingga Monitor LCD tidak akan mengalami hidup mati (kedip-kedip) lagi.

Selamat mencoba.


No comments

Powered by Blogger.