Header Ads

Program Promo Kartu Kredit Yang Menggiurkan dengan Cicilan 0%

Program promo dari kartu kredit dari beberapa bank terkemuka seperti BCA, Mandiri, Bank Mega, BNI atau BRI sering kita jumpai di Mall-mall, toko supermarket besar bahkan di Toko-Toko Online dengan menawarkan angsuran yang menggiurkan hingga cicilan 0%. Bisa dipastikan ada saja orang yang akan tertarik dengan promo ini, dan bisa jadi itu adalah anda sendiri.

Pikiran anda pasti ini sangat menguntungkan karena membeli barang dengan harga cash tetapi pembayarannya bisa dicicil hingga 12 bulan tanpa ada tambahan bunga sama sekali alias cicilan bunga 0% non tunai.

Program Promo Kartu Kredit Yang Menggiurkan dengan Cicilan 0%
Ilustrasi : Kartu Kredit

Ibarat Anda akan membeli barang berupa barang elektonik atau gadget/hp dengan harga 6 juta, dengan program cicilan 0% kartu kredit maka harga Rp 6 juta tersebut dapat Anda cicil 6 kali, dengan cicilan per bulan sebesar Rp 1 juta. Jadi, tinggal sisihkan Rp1 juta dari gaji setiap bulan. Cukup simple bukan?

Definisi Cicilan 0% Kartu Kredit

Definisi program cicilan 0% kartu kredit adalah skema pembayaran/payments secara angsuran yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit selama 3, 6 atau bahkan 12 bulan dilakukan di merchant tertentu melalui cicilan dan tidak dikenai bunga sama sekali.

Biasanya beberapa merchant telah bekerja sama dengan penerbit kartu kredit untuk memberikan keringanan kepada nasabah. Merchant yang memberikan cicilan 0% tersebut tak terbatas pada produk saja, melainkan layanan jasa. Seperti, rumah sakit, hotel, jasa penerbangan dan lainnya.

Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%
Namun demikian sebelum anda ingin melakukan transaksi belanja dengan menggunakan kartu kredit cicilan 0% ini, mungkin ada hal-hal yang perlu diketahui sebenarnya apa dan bagaimana sih cara kerja serta hal-hal yang dipertimbangkan dalam mengambil program cicilan 0% berikut ini:

Cara Mendapatkan Cicilan 0%
Untuk mendapatkan penawaran ini, kita bisa menemukan melalui toko-toko online, papan pengumuman di Mall/supermarket yang menunjukkan bahwa toko tersebut bekerja sama dengan pihak bank dengan menawarkan program cicilan 0%. Untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan ke phak Bank yang menerbitkan kartu kredit yang anda miliki atau memeriksa lewat internet mengenai toko atau produk apa saja yang bekerja sama dengan bank anda dalam menawarkan program angsuran/cicilan 0%.

Syarat-Syarat Program Cicilan 0%
Setelah anda mengetahui toko-toko atau barang/jasa apa saja yang telah bekerja sama dengan bank anda, selanjutnya ada baiknya untuk memeriksa dulu beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam menjalankan program cicilan 0%. Secara umum pihak bank memberlakukan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
  • Barang yang akan dibeli biasanya termasuk ke dalam masa promosi saja yang bisa menggunakan cicilan 0%.
  • Untuk mendapatkan program cicilan 0%, terkadang dikhususkan minimal pembelian dalam jumlah tertentu yang harus dipenuhi oleh pembeli.
  • Jangka waktu yang ditawarkan biasanya dipilih antara 3, 6 atau 12 bulan.
  • Dibeberapa bank biasanya juga akan mengenakan biaya administrasi (surcharge) dalam program cicilan 0%.
Setelah anda paham dan setuju serta telah memenuhi syarat yang diajukan untuk mengikuti program cicilan 0% yang dimaksud, selanjutnya adalah mengajukan permintaan program cicilan 0% sebagai metode pembayaran dengan kartu kredit yang anda miliki seperti biasanya. Bila pihak toko menyetujui kesepakatan maka anda sudah bisa menggunakan program cicilan 0% tersebut.

Membayar Angsuran Cicilan 0%.
Inilah hal penting yang patut diperhatikan. Yang perlu Anda ingat adalah untuk membayar tagihan berikutnya tepat pada waktunya.

Dengan mengangsur cicilan tepat waktu, maka total cicilan 0% anda akan tetap jadi 0%. Alias tidak ditambah biaya-biaya lain yang harus anda tanggung lagi, namun bila tidak sudah pasti akan ada biaya tambahan (biaya denda). Besarnya denda yang harus dibayar masing masing bank berbeda, tergantung kesepakatan awal Anda dengan pihak bank.

Manfaat Program Cicilan 0%
Manfaat yang anda dapatkan dengan program ini sudah barang tentu adalah anda dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Dalam hal ini maka pembayaran dengan cara ini akan dirasa lebih ringan.

Selain itu pembeli dapat dan masih bisa menyimpan uang yang seharusnya itu tidak bisa dilakukan karena sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanjaan suatu barang. Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen/pembeli masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi seperti membeli emas, tanah atau barang-barang investasi lainnya.

Cerdaslah dalam Berbelanja
Apabila Anda menemukan produk atau jasa yang memang jadi kebutuhan dan kebetulan ada penawaran cicilan 0% maka jangan ragu lagi untuk segera membelinya karena penawaran tersebut biasanya berlaku dalam periode terbatas.

Namun program cicilan 0% ini ibarat pedang bermata dua, terkhusus bagi anda yang tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja. Karena jangan sampai karena terbawa suasana dan menuruti "hawa nafsu" saja, anda membeli barang yang bisa saja sebenarnya tidak anda dibutuhkan. Mau irit tapi malah harus menanggung banyak cicilan setiap bulannya. Jadi Anda harus tetap cermat dalam berbelanja.


No comments

Powered by Blogger.