Header Ads

Cara Mudah Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi

Koneksi  Laptop ke layar televisi - Apakah suatu ketika anda ingin menonton video YouTube dan foto web pada layar TV besar (LCD atau LED) dan saat ini anda masih bertanya-tanya adakah cara mudah untuk menghubungkan komputer/laptop ke TV. Sebenarnya ada beberapa cara menghubungkan komputer Anda ke televisi tergantung pada port apa yang tersedia pada PC dan TV.

Kebanyakan komputer memiliki port S-Video yang dapat dihubungkan ke input S-Video layar TV Anda. Kabel berbentuk bulat dengan 4 atau 7 PIN ini harganya cukup relatif murah. Jika Anda memiliki monitor yang lebih tua, Anda dapat menggunakan kabel VGA 15-pin untuk menghubungkan komputer ke TV dan akan menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada kabel S-Video.

Namun saat ini pengguna sudah mulai meninggalkan TV jenis lama (jenis tabung) dan telah beralih ke TV layar datar apakah LCD ataupun LED. Nah, bagi anda memiliki tv jenis ini maka sangat dipastikan untuk menghubungkan laptop/komputer ke layar televisi semakin mudah. Karena dipastikan televisi jenis ini sudah mendukung dan memiliki DVI port sehingga kabel DVI ke kabel HDMI Adapter dapat digunakan untuk menghubungkan komputer layar dan TV. Kabel DVI ke kabel HDMI (DVI to HDMI) dapat digunakan apabila HDTV Anda tidak memiliki port DVI untuk kabel jenis HDMI (sudah jarang ditemukan).

Beberapa jenis kabel koneksikan Laptop ke layar televisi

Dibawah ini beberapa jenis kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan  antara laptop ke layar televisi :

Cara menghubungkan Laptop ke layar televisi

Baiklah dibawah ini langkah demi langkah tepatnya 3 tahap cara menghubungkan laptop ke layar televisi agar berjalan dengan sukses. Adapun perangkat yang saya gunakan adalah Laptop Acer Aspire E14 Series E5-473G-51CL dengan operasi sistem Windows 10 Pro yang akan di sandingkan menggunakan TV LED Sharp Aquos LED 40 inch seri LC-40LE430M.

Tahap 1 : Kabel yang saya gunakan adalah kabel HDMI to HDMI karena semua perangkat yang di gunakan memiliki port DVI berjenis HDMI. Sekali lagi pastikan port yang tersedia pada masing-masing perangkat. Berikut jenis-jenis kabel HDMI  yang terdiri HDMI to HDMI, HDMI to DVI dan HDMI to VGA :

Cara menghubungkan Laptop ke layar televisi

Maka silahkan colokkan masing-masing ujung kabel pada port yang tersedia di masing-masing perangkat.

Tahap 2 : Buka pengaturan tampilan "display settings" pada komputer Windows dan mengaktifkan output ke layar TV biasa bisa juga dengan jalan pintas dengan menekan tombol [fn+F5] secara bersamaan pada keyboard.

Tahap 3 : Selanjutnya tekan "menu" pada remot TV atau bisa juga langsung tekan tombol "INPUT" untuk memilih koneksi video. Pilihlah opsi yang sesuai dalam hal ini opsi "HDMI". Pilihan bisa saja berbeda mungkin "HDMI 1" atau "Video 1" tergantung pada masing-masing tampilan menu di televisi.

Berikut penampakan yang sudah saya lakukan dengan sukses :

Cara menghubungkan Laptop ke layar televisi

Penting: Anda mungkin juga perlu mengubah resolusi layar TV dengan melakukan pengaturan tampilan dalam kontrol panel televisi anda, kemungkinan lain gambar kadang-kadang muncul terdistorsi.

Artikel menarik: 10 Software Yang Paling Banyak Di Download

Bagaimana sobat blogger, dengan kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk melakukan sesuatu. Semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.