Header Ads

Kalkulator Simulasi Kredit

Dalam dunia perkreditan kita mengenal beberapa jenis perhitungan bunga kredit yaitu flat, efektif dan anuitas. Dengan perbedaan menggunakan jenis bunga kredit tersebut maka jenis angsuran akan berbeda-beda walau jumlah pinjaman, jangka waktu dan besar suku bunganya sama.

Penentuan penggunaan metode perhitungan bunga kredit digunakan sesuai dengan peruntukannya yang mana misalnya anuitas biasanya diterapkan untuk pinjaman jangka panjang semisal KPR atau kredit investasi. Sementara untuk bunga flat umumnya digunakan untuk kredit jangka pendek untuk barang-barang konsumsi seperti handphone, peralatan rumah tangga, motor atau Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Perbandingan Bunga Flat & Efektif & Anuitas

Dibawah ini kami share penjelasan perbedaan perhitungan penggunaan dari suku bunga flat, afektif dan anuitas.

Suku Bunga Flat: Suku bunga flat adalah perhitungan bunga yang paling mudah dimana suku bunga yang penghitungannya mengacu pada jumlah pokok pinjaman di awal untuk setiap periode cicilan sehingga angsurannya, dimana bungan dan cicilan pokoknya sama.

Rumus Bunga Tetap:
Bunga per bulan = Jumlah pinjaman x Suku bunga per tahun / 12
Contoh: Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 12 bulan sebesar Rp 15.000.000,00 dengan bunga 10% per tahun (flat). Maka perhitungan angsurannya secara rinci adalah sebagai berikut:
Suku Bunga Anuitas: Angsuran bulanannya tetap, Metode ini mengatur jumlah angsuran pokok ditambah angsuran bunga yang dibayar agar sama setiap bulan. Dalam perhitungan anuitas, Nilai bunga per bulan akan mengecil sementara angsuran pokok per bulannya akan membesar.

Rumus Bunga Anuitas::
P x i x [(1+i)xt) / (1+i)t-1)]
Keterangan:
P adalah pokok pinjaman
i adalah suku bunga
t adalah periode kredit

Contoh: Pihak Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 12 bulan sebesar Rp 15.000.000,00 dengan bunga 10% per tahun (anuitas). Maka perhitungan angsurannya secara rinci adalah sebagai berikut:
Suku Bunga Efektif: Biasa disebut juga sliding rate, suku bunga yang diperhitungkan dari sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulan (setiap akhir periode angsuran) seiring dengan menyusutnya utang yang sudah dibayarkan. Bunga dihitung berdasar nilai pokok yang belum dibayar, jadi bunga per bulan akan berubah-ubah berdasar nilai pokok yang masih terhutang. Artinya semakin sedikit pokok pinjaman, semakin sedikit juga suku bunga yang harus dibayarkan.

Rumus Bunga Efektif:
Bunga per bulan = Saldo akhir periode x Suku bunga pertahun / 12
Contoh: Pihak Bank memberikan kredit dengan jangka waktu 12 bulan sebesar Rp 15.000.000,00 dengan bunga 10% per tahun (efektif). Maka perhitungan angsurannya secara rinci adalah sebagai berikut:

Untuk mempermudah dan membantu anda dalam menghitung pinjaman kredit, maka pada artikel kali ini kami sertakan aplikasi yang bernama "Kalkulator Pinjaman Kredit" yang bisa diunduh secara gratis melalui play store. Aplikasinya cukup simple dan ringan untuk digunakan sehingaa dapat diinstall walau pada ponsel dengan kapasitas memory yang tidak cukup banyak.

Fitur-fitur yang ada yaitu terdiri dari perhitungan simulasi kredit dengan bunga flat, anuitas, efektif dan juga fitur kalkulator.

Untuk mencobanya anda bisa mendownloadnya melalui tautan/tombol dibawah ini:
Guest Posted: Droidot Publisher


No comments

Powered by Blogger.