Header Ads

Cara Menggunakan Google Docs Secara Offline Tanpa Internet

Google Docs terkenal karena kemampuan untuk membuat dokumen yang dapat Anda edit serta bagikan secara online. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara untuk mengakses layanan ini secara offline juga?

Jadi jika Anda tidak memiliki akses internet dan ingin mengedit dokumen, Anda akan tetap bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tentunya Google Docs dapat bekerja secara offline dan tersedia untuk smartphone dan komputer. Untuk itu ikuti panduan ini untuk melihat bagaimana menggunakan Google Docs secara offline.

Cara Menggunakan Google Docs Secara Offline

Google Docs: Cara menggunakan offline di komputer

Agar Google Dokumen bekerja secara offline di komputer Anda, Anda memerlukan Google Chrome dan ekstensi Chrome yang sudah terpasang. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai.
  1. Di komputer Anda, unduh Google Chrome
  2. Sekarang unduh ekstensi Google Dokumen Offline dari Toko Web Chrome. 
  3. Setelah Anda menambahkan ekstensi ke Google Chrome, buka Google Docs di tab baru. 
  4. Dari halaman utama, tekan ikon hamburger > buka Pengaturan > aktifkan Offline
  5. Setelahnya ketika Anda mematikan internet dan membuka Google Docs di Chrome, Anda akan dapat mengakses dokumen Anda secara offline. 
  6. Untuk menyimpan salinan offline dari dokumen tertentu, tekan ikon tiga titik tepat di sebelah file dan aktifkan Tersedia offline.

Google Docs: Cara menggunakan offline di smartphone

Proses untuk menggunakan Google Docs secara offline bahkan lebih sederhana di smartphone. Ikuti langkah ini.
  1. Pastikan Anda telah mendownload aplikasi Google Docs di smartphone Anda. Ini tersedia di App Store dan Google Play
  2. Setelah Google Docs dipasang, buka aplikasinya> ketuk ikon hamburger > buka Pengaturan
  3. Di layar berikutnya, aktifkan Jadikan file terbaru tersedia secara offline
  4. Demikian pula, untuk menyimpan salinan offline dari dokumen tertentu, ketuk ikon tiga titik tepat di sebelah file dan ketuk Jadikan tersedia offline. Anda akan melihat lingkaran dengan tanda centang di dalamnya akan muncul tepat di samping file. Ini menandakan bahwa file Anda sekarang tersedia secara offline.
Ini adalah dua metode yang memungkinkan Anda bekerja di Google Docs tanpa koneksi internet. Dengan cara ini Anda dapat mengedit dan menyimpan file secara offline tanpa harus khawatir kehilangannya. Dan tentu saja, setelah Anda terhubung ke internet, file Anda secara otomatis akan disimpan di cloud.


No comments

Powered by Blogger.