Header Ads

Cara Menghubungkan Keyboard Desktop ke Perangkat Android

Cara Setting Keyboard PC di Android - Ketik sentuh mungkin menyenangkan, tetapi opsi pengguna masih agak terbatas dibandingkan dengan mengetik pada keyboard fisik yang biasa kita gunakan pada PC. Tapi tunggu, bagaimana kalau Anda bisa menghubungkan keyboard desktop Anda dengan smartphone atau tablet Anda?

Ya, Anda dapat menghubungkan keyboard PC langsung ke perangkat Android pengguna. Dan dalam artikel kali ini, akan dibahas dengan 3 cara berbeda untuk melakukannya.

Mari kita mulai...

1. Sambungkan keyboard USB ke Perangkat Android

Anda dapat menyambungkan Keyboard USB ke perangkat Android melalui adaptor USB OTG (On-The-Go), asalkan perangkat Anda didukung USB OTG. Jika Anda membeli perangkat Android dalam 3 tahun terakhir, kemungkinan besar, itu akan mendukung menggunakan USB OTG.

Untuk memastikan apakah perangkat anda sudah mendukung USB OTG silahkan simak artikel kami dengan judul Cara Mudah Mengetahui Perangkat Android Apakah sudah Support OTG. Sebagai referensi saya juga pernah publish daftar android dan tablet yang support usb otg.

Dengan asumsi gawai milik anda sudah support usb to otg, maka silahkan lakukan hal berikut untuk melakukan setting:
  1. Sambungkan keyboard ke konektor USB dan telepon Anda ke konektor micro-USB.
  2. Keyboard akan terhubung secara otomatis saat terhubung ke PC Anda.
  3. Buka aplikasi apa pun dan mulai mengetik di keyboard dan teks akan mulai muncul.
Setelah berhasil terhubung, Anda dapat menggunakan semua kunci (Page up Page Down, dll) dan pintasan (Ctrl + A) seperti yang Anda inginkan.

2. Menghubungkan keyboard Bluetooth Android

Keyboard Bluetooth juga dapat dihubungkan ke ponsel Android Anda dan lebih mudah diatur. Inilah cara Anda melakukannya:
  1. Nyalakan Bluetooth di kedua perangkat.
  2. Dari daftar perangkat Bluetooth terdekat, pilih keyboard. Jika diminta, berikan kode pin, biasanya, ini "0000".
  3. Keyboard akan terhubung dan Anda dapat mulai mengetik.

3. Menghubungkan keyboard Bluetooth via WiFi

Menggunakan aplikasi, pengguna dapat menghubungkan PC dan ponsel Android pengguna melalui Wi-Fi, dan mentransfer teks dari PC ke ponsel. Metode ini mungkin bagus ketika pengguna perlu mengetik teks yang panjang di ponsel.

Saya merekomendasikan aplikasi WiFi Keyboard untuk ini yang memungkinkan Anda mentransfer teks menggunakan jendela browser. Setelah diinstal, Anda perlu mengaturnya sebagai metode input default.
  1. Buka Pengaturan dan ketuk Bahasa & Input.
  2. Ketuk opsi Keyboard sekarang dan ketuk Pilih keyboard Anda.
  3. Di sini, aktifkan WiFi Keyboard.
  4. Ketuk opsi current Keyboard dan pilih Keyboard WiFi.
  5. Sekarang, buka aplikasi WiFi Keyboard dan Anda akan melihat dua alamat (juga dapat diakses dari bilah notifikasi). Anda dapat memasukkan alamat ini di jendela browser PC Anda untuk membuka antarmuka web keyboard WiFi.

Apa pun yang Anda ketikkan di bidang teks antarmuka web akan muncul di ponsel Anda. Dalam pengujian pengetikan sangat responsif, tetapi tidak ada pratinjau teks. Jadi, Anda perlu melihat pratinjau input di ponsel Anda.

Tip: Pastikan Anda memutuskan sambungan keyboard setelah digunakan karena lebih cepat menghabiskan daya baterai ponsel (apa pun metode yang Anda gunakan).


No comments

Powered by Blogger.