Header Ads

Cara Mudah Mengetahui Perangkat Android Apakah sudah Support OTG

Cek USB OTG - Sobat blogger, pada artikel kali ini saya bahas tentang USB to OTG. Banyak sekali fungsi dari perangkat (kabel) ini diantaranya bisa langsung menyalin data dari usb ke perangkat ponsel (android) selain itu juga dengan menggunakan kabel USB OTG ini kita bisa menonton tayangan/channel dari layar televisi ke layar android (perangkat yang menundukung OTG ini).

Lalu apa itu USB OTG ?
Seperti yang saya kutip dari wikipedia : USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi dari suatu perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang dan difungsikan pada perangkat utamanya (HOST).


Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru.

Lalu bagaimana mengetahui Perangkat apakah sudah mendukung USB OTG apa belum ?

Ya sebelum anda membeli kabel USB to OTG pastikan dulu apakah perangkat anda sudah mensupport fitur OTG. Untuk mengetahuinya banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan apakah suatu perangkat sudah mensupport USB OTG atau belum.

...baiklah, dalam percobaan saya kali ini adalah dengan menguji dua ponsel android yaitu Samsung Galaxy Core Duos dan Samsung Galaxy J5.

Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi OTG for android di playstore lalu install. Link pada akhir artikel.

Berikutnya jalankan aplikasi OTG? maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :


Cukup klik tombol "Check now!"... dan hasilnya pun langsung ditampilkan.

Seperti hasil yang di tampilkan ternyata Samsung Galaxy Core Duos belum dan tidak support USB OTG ..


Sementara itu, bila anda memiliki ponsel Samsung Galaxy J5, maka berbanggalah karena gawai anda sudah mendukung fitur USB OTG.


Intinya aplikasi ini adalah digunakan hanya untuk mengetahui apakah android yang dimiliki sudah mendukung fitur USB to OTG atau belum.

Sekian semoga bermanfaat...


Download OTG? for Android klik >> disini.

Artikel terkait:
Daftar Perangkat Smartphone dan Tablet yang sudah Support USB OTG


No comments

Powered by Blogger.