Header Ads

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layanan VPN

Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan VPN - VPN akhir-akhir ini cukup ramai diperbincangkan, meskipun begitu masih ada banyak orang yang tidak tahu apa yang bisa ditawarkan layanan seperti itu.

Nah, saya akan membahas keuntungan dan kerugian nyata dari layanan VPN melalui artikel ini, sehingga kita akan mengetahui serta memutuskan apakah layanan ini cocok untuk kita atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VPN

Apa itu VPN (Virtual Private Network)?

VPN adalah layanan online yang dapat Anda gunakan untuk membuka blokir konten Internet yang dibatasi menurut geografis (wilayah)/ disensor, dan melindungi data online Anda dari peretas dan pengawasan pemerintah dengan mengenkripsi lalu lintas online Anda dan menyembunyikan alamat IP asli Anda.

Bagaimana cara kerja VPN?

VPN bergantung pada server VPN dan klien VPN untuk membuat koneksi yang aman untuk Anda. Pada dasarnya, Anda menginstal aplikasi vpn klien pada perangkat Anda, dan menggunakannya untuk menghubungkan ke server VPN pilihan Anda. Ketika koneksi dibuat, jalur terenkripsi dibuat antara klien dan server.

Setiap permintaan koneksi yang Anda kirim melalui klien ke web dienkripsi dan dikirim ke server. Setelah itu, server mendekripsi permintaan dan meneruskannya ke Internet. Setelah data yang diminta diterima maka dienkripsi oleh server, dan kemudian dikirim kembali ke klien. Pada fase terakhir, klien VPN di perangkat Anda mendekripsi informasi yang diterima sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan bebas.

Keuntungan Layanan VPN

Dibawah ini secara singkat dijelaskan beberapa keuntungan menggunakan layanan VPN:

1. VPN Menyembunyikan Identitas Online Anda.
Karena VPN menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi lalu lintas online Anda, pada dasarnya memastikan jejak kaki digital Anda tidak dapat dilacak di Internet. Peretas online tidak akan dapat menggunakan alamat IP asli Anda untuk mengetahui detail pribadi tentang Anda, dan agen pengawasan pemerintah dan ISP tidak akan bisa memantau apa yang Anda lakukan online dengan mengintip lalu lintas Anda.

2. VPNs Membantu Anda Melakukan Bypass Geo-Blok.
Apa yang dimaksud dengan geo-blok? Begini, apakah Anda pernah mencoba mengakses situs web dan menemukan dengan pesan berikut (atau dengan konten bervariasi di dalamnya): "Maaf, konten yang Anda minta tidak tersedia di wilayah Anda."

Karena VPN dapat menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya, itu dapat dengan mudah membantu Anda mem-by-block-geo karena platform yang ingin Anda akses akan menganggap Anda dari wilayah geografis yang “benar”.

3. VPN Dapat Melewati Firewall.
Saat Anda sedang bekerja, sekolah, bandara, atau bahkan di sebuah hotel, Anda mungkin harus berurusan dengan firewall jaringan yang mengganggu yang mencegah Anda mengakses situs web tertentu. Admin jaringan melakukan itu karena mereka sering harus mematuhi berbagai peraturan, tetapi itu tidak membuatnya adil bagi Anda.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah mem-bypass firewall apa pun yang Anda temui dengan VPN karena menyembunyikan alamat IP Anda - alamat yang diberlakukan pembatasan firewall.

Dan ya, VPN bahkan akan membiarkan Anda mem-bypass firewall yang diberlakukan pemerintah (seperti Great Firewall of China, misalnya), jadi Anda tidak harus berurusan dengan penyensoran pemerintah apa pun saat menjelajahi Internet.

4. VPN Menawarkan Layanan Torrent Aman.
Torrenting tidak terlalu berbahaya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, tetapi itu dapat membahayakan privasi Anda jika Anda tidak menggunakan VPN. Anda lihat, semua anggota Swarm (semua orang yang mengunduh dan mengunggah torrent) benar-benar dapat melihat alamat IP asli Anda. Itu berarti Anda membuat orang asing yang tidak diinginkan dapat melihat dari negara dan kota mana Anda berasal, dan berpotensi mengetahui apa kode ZIP Anda dan ISP Anda.

DISCLAIMER: Hanyapedia tidak mendorong pelanggaran hak cipta ilegal dan torrent. Namun bagi sebagian orang, berbagi file adalah satu-satunya cara mereka mendapatkan akses ke file yang mereka butuhkan - baik itu untuk tujuan hiburan, sekolah, atau pekerjaan.

5. VPN Membuat Game Online Lebih Baik.
Karena VPN mengenkripsi koneksi Anda dan menyembunyikan alamat IP Anda, ada banyak alasan untuk menggunakan layanan tersebut untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Anda akan dapat bermain di wilayah geografis apa pun yang Anda inginkan.

Kekurangan Layanan VPN

Dan dibawah ini secara singkat dijelaskan beberapa kekurangan menggunakan layanan VPN:

1. VPN Terkadang Dapat Memperlambat Kecepatan Online Anda.
Bergantung pada berbagai faktor (seberapa jauh Anda dari server VPN, seberapa kuat enkripsi, jenis protokol VPN yang Anda gunakan, dll.), kecepatan koneksi Internet Anda mungkin terdampak ketika Anda menggunakan VPN. Perlambatan mungkin tidak selalu terlalu mencolok, dan kadang-kadang bisa saja tidak terjadi sama sekali, terutama jika Anda memiliki CPU yang sangat kuat dan bandwidth yang kuat.

Namun, Anda masih harus siap menghadapi kemungkinan penurunan kecepatan (biasanya hanya beberapa Mbps) jika Anda menggunakan VPN.

2. Menggunakan VPN yang Salah Dapat Membahayakan Privasi Anda.
VPN dimaksudkan untuk melindungi data online Anda, tetapi jika Anda tidak melakukan riset, Anda mungkin akan mendapatkan hasil layanan yang sebaliknya.

Bila Anda memilih penyedia VPN (berbayar atau gratis) yang menyimpan log tentang aktivitas online Anda, itu akan membahayakan privasi Anda juga belum lagi akan mengalahkan tujuan menggunakan VPN di tempat pertama.

Untungnya, masalah ini dapat dengan mudah dihindari jika Anda memilih layanan VPN berbayar yang tidak membuat log dan yang menawarkan keamanan kelas atas (protokol VPN seperti SoftEther dan OpenVPN, military-grade encryption, DNS leak protection, akses ke Killswitch, dan sebagainya).

3. VPN Berkualitas Akan Membutuhkan Uang.
Karena VPN gratis jelas bukan opsi yang baik, Anda pasti harus memilih penyedia VPN berbayar. Jika Anda kekurangan dana, maka ini bisa saja menjadi masalah terutama karena beberapa penyedia mungkin mengenakan biaya hingga $ 9-12 / bulan.

4. Tidak Semua Perangkat Secara Asli Mendukung VPN
Sementara layanan VPN umumnya bekerja pada platform paling populer (Windows, iOS, macOS, Android), masih ada beberapa sistem operasi dan perangkat (Linux, Chromebook, Boxee Box) yang benar-benar tidak mendukung aplikasi VPN. Dalam situasi seperti itu, Anda harus mengatur koneksi VPN secara manual pada perangkat / sistem operasi yang ingin Anda gunakan.

Jadi, apakah VPN adalah pilihan yang tepat untuk Anda?
Mempertimbangkan semua keuntungan dan kerugian VPN yang baru saja dipaparkan diatas, cukup jelas bahwa VPN adalah pilihan yang baik bila Anda ingin menikmati koneksi online yang aman dan secara bebas mengakses konten yang disensor atau diblokir.

Bahkan jika Anda hanya tertarik untuk mengakses acara TV dan film yang diblokir secara geografis, dan khawatir VPN akan menurunkan kecepatan online Anda terlalu banyak, Anda bisa mengesampingkan kekhawatiran Anda dengan mencari penyedia VPN yang menyediakan koneksi berkecepatan tinggi, protokol VPN cepat (seperti SoftEther), dan bandwidth tidak terbatas. Atau, penyedia VPN yang juga menawarkan layanan Smart DNS juga dapat berguna karena layanan itu tidak mengganggu koneksi online Anda.



No comments

Powered by Blogger.