Header Ads

Kenapa Jaringan WiFi di Rumah Terasa Lambat? Atasi Dengan Ini..

Wi-Fi di rumah Anda melambat, kenapa? Secara umum dengan begitu banyak perangkat nirkabel di rumah kita sekarang, bahkan sedikit saja kesalahan dapat berakibat buruk pada kinerja.

Dalam panduan ini, saya akan berbagi masalah umum, mengapa Wi-Fi Anda menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara Ampuh Mengatasi Jaringan Wifi yang lambat

1. Terlalu Banyak Perangkat.
Kamera IP, Google Home Mini dan perangkat lainnya yang masing-masing yang terhubung kejaringan Wi-Fi dengan alamat IP sendiri, sementara sebagian router keluaran lama tidak dirancang untuk menangani banyak perangkat Wi-Fi yang terdaftar sekaligus. Memiliki terlalu banyak perangkat di Wi-Fi akan memperlambatnya.

SOLUSI: Pertimbangkan berapa usia router, dan apakah router dapat di-upgrade ke model yang lebih baru. Direkomendasikan menggunakan Ubiquiti UniFi salah satunya sebagai Wi-Fi scalable kapasitas tinggi, meskipun harganya mahal. Untuk rumah yang lebih kecil, Ubiquiti AmpliFi adalah pilihan yang lebih murah.

2. Jangkauan Jaringan Nirkabel dan Penetrasi Sinyal.
Penempatkan posisi router Wi-Fi adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kecepatan Wi-Fi rumah Anda.

Router Wi-Fi mentransmisikan baik sinyal 2,4Ghz (sering disebut sebagai b / g / n), maupun 5Ghz (ac). Sinyal 2.4GHz dapat menembus dinding dan benda padat lainnya dengan lebih mudah. Sementara itu sinyal 5Ghz (ac) akan menghentikan jaringan pada lantai atau dinding beton yang tebal.

Anda tidak perlu khawatir tentang perbedaan teknis, cukup pahami bahwa kecepatan nirkabel dipengaruhi oleh benda padat, sehingga semakin banyak hal di antara perangkat Anda dan router Anda, semakin buruk kinerja jaringan Anda.

SOLUSI: Terkadang router mungkin tidak dapat dipindahkan karena koneksi serat optik atau telepon yang masuk. Pertimbangkan menjalankan kabel Ethernet ke tempat lain di rumah untuk menggunakan router lain untuk Wi-Fi.

3. Terlalu Banyak User.
Koneksi internet sangat cepat bila hanya digunakan sedikit pengguna, dan kecepatan itu dibagi dengan setiap pengguna lain di rumah dan semua perangkat yang terkoneksi.

Selain seperti komputer, ponsel, dan tablet, Anda juga dapat menemukan Smart TV, konsol game, stik streaming media, hub rumah pintar - yang semuanya mungkin mengirim atau menerima informasi pada titik waktu tertentu melalui jaringan yang sama. Semua aktivitas yang digunakan melalui perangkat tersebut mengkonsumsi sedikit dari total bandwidth yang tersedia.

Dan bukan itu saja ketika Anda menggunakan perangkat secara aktif: pembaruan dapat terjadi secara diam-diam di latar belakang perangkat tersebut yang juga menjadi jaringan melambat.

SOLUSI: Jika ada aplikasi atau jenis aktivitas tertentu yang ingin anda pastikan selalu melakukan yang terbaik, lihat mengaktifkan fitur "Quality of Service". Mematikan pada pengaturan router pada sejumlah throughput untuk perangkat tertentu atau aktivitas tertentu dapat mempercepat jaringan WiFi.

4. Kabel Jaringan Lama.
Jika komputer anda dicolokkan langsung ke router anda, atau jika anda sudah memiliki pemasangan kabel Ethernet di seluruh rumah, ada baiknya memeriksa kabel tersebut.

Sementara pemasangan kabel listrik dapat berlangsung selama 50 tahun atau lebih, pemasangan kabel jaringan telah mengalami beberapa peningkatan penting yang memengaruhi kecepatan data dapat dibawa.

Cara termudah untuk memeriksa adalah dengan melihat kabelnya. Anda harus melihat spesifikasi nomor Cat pada kabel jaringan:
  • Cat-5 adalah kabel jaringan tertua dan paling lambat yang masih digunakan. Kinerja dibatasi hingga 100 Mbps.
  • Cat-5e adalah kabel jaringan yang paling umum digunakan saat ini; mendukung Gigabit Ethernet (1.000 Mbps).
  • Cat-6 / 6a adalah pemasangan kabel jaringan tercepat dalam penggunaan umum dan mendukung hingga 10 Gigabit (10.000 Mbs).

Jika kabel Cat-5 digunakan pada komputer anda atau kabel utama pada jaringan anda, kabel Ethernet anda mungkin memperlambat Wi-Fi. Kabel jaringan juga bisa sangat halus. Gunakan tester kabel untuk memastikan masing-masing dari delapan kabel di dalam kabel masih terhubung ke ujung lainnya.

SOLUSI: Ganti kabel kode Cat-5 yang dinilai atau rusak yang anda temukan dengan kabel code Cat-5e atau Cat-6.

5. Anda Menggunakan Powerline atau Extender Wi-Fi.
Banyak orang berpikir bahwa solusi mudah untuk memperluas jaringan Wi-Fi adalah dengan membeli extender. Kotak kecil yang dihubungkan ke soket daya dan mengulangi sinyal Wi-Fi ke bagian lain rumah. Beberapa bahkan menggunakan teknologi Powerline, adaptor yang memungkinkan anda mengirim sinyal jaringan melalui outlet listrik.

Sebagian pengguna menyatakan penggunaan perangkat ini gagal untuk mengatasi akar masalah, dan seringkali hanya memperburuk keadaan dengan menambahkan gangguan.

SOLUSI: Jika anda memiliki rumah yang luas dan Wi-Fi anda tidak dapat menjangkau di mana-mana, pertimbangkan sistem Wi-Fi mesh.

6. Saluran Wi-Fi Anda Sangat Padat.
Bagi mereka yang berada di daerah perkotaan, blok apartemen tertentu, anda mungkin dikelilingi oleh ratusan jaringan Wi-Fi. Sayangnya, mereka semua mengambil sedikit bandwidth frekuensi yang tersedia.

SOLUSI: Anda dapat mencoba mengubah nomor saluran, tetapi router modern cukup pintar untuk memilih saluran terbaik. Jika Anda menggunakan perangkat yang dapat dicolokkan menggunakan Ethernet selain menggunakan Wi-Fi, itu akan memungkinkan penggunaan yang lebih baik dari sedikit bandwidth yang Anda miliki.

7. Server DNS ISP Anda Lambat.
Terlepas dari paket internet apa saja yang anda bayar, semuanya menggunakan sistem nama domain (DNS). DNS digunakan setiap kali anda mengetik alamat web ke browser Anda: itu seperti buku telepon yang menerjemahkan antara domain web yang dapat dibaca manusia, dan IP fisik dari server tempat ia berada.

Secara default, Anda menggunakan server DNS yang disediakan oleh ISP anda, tetapi seringkali lambat dan tidak dapat diandalkan.

SOLUSI: Anda dapat mengubah server DNS anda menjadi sesuatu yang jauh lebih cepat, dan itu juga lebih baik untuk privasi anda. Ini dapat memberi anda dorongan kecil tapi mudah untuk semua aktivitas penjelajahan web anda.

8. ISP Anda Mungkin Membatasi Anda.
Ini tidak mungkin kecuali jika anda adalah pengguna yang berat, tetapi banyak ISP dengan sengaja akan memperlambat internet anda jika mendeteksi penggunaan aplikasi berbagi file atau setelah anda mencapai batas tertentu. Ini lebih umum pada koneksi data seluler daripada broadband rumah tetapi masih terjadi.

SOLUSI: Jika ini terjadi pada anda, sayangnya pilihan anda terbatas. Baik membatasi aktivitas anda atau melihat apakah ada penyedia lain yang tidak memiliki batas yang sama. Jika Anda dibatasi karena ISP anda secara otomatis mendeteksi penggunaan aplikasi berbagi file, gunakan VPN untuk menyembunyikan aktivitas internet Anda.

9. Perangkat Bermasalah atau Klien Nirkabel.
Jika Anda mendapatkan kesalahan ini di router anda, anda mungkin menemukan perangkat yang terhubung dengan router anda, baik dengan menyebarkan terlalu banyak bandwith yang menyebabkan kondisi lalu lintas data padat terjadi di router. Ini sering kali dapat menjatuhkan seluruh jaringan anda.

SOLUSI: Cabut perangkat dan matikan klien nirkabel dan block id perangkatnya bisa menggunakan mac addressnya.

Pastikan Jaringan Anda Tetap Aktif dengan Perangkat Anda
Meskipun disarankan untuk merencanakan jaringan, anda tidak pernah benar-benar tahu perangkat apa yang akan anda tambahkan di masa depan. Pada awalnya hanya menggunakan router nirkabel yang disediakan oleh ISP anda mungkin cukup untuk mengakses web. Tetapi terus pikirkan kebutuhan anda saat anda menambahkan lebih banyak perangkat dan berbeda.

No comments

Powered by Blogger.