Header Ads

Cara Merekam Aplikasi Tanpa Aplikasi di Windows 10

Awalnya kebingungan untuk melakukan screen shoot terhadap layar aktif pada kasus menekan tombol ALT+TAB untuk tampilan mode aplikasi yang sedang digunakan. Menyebabkan saya harus menggunakan aplikasi pihak ketiga agar solusi tersebut dapat terselesaikan.

Kita tahu bersama bahwa Windows 10 tidak menyertakan aplikasi yang dirancang khusus untuk merekam atau menangkap layar Anda. Namun untuk menangkap layar kita bisa menggunakan hanya menekan tombol [+Prt Sc] secara bersamaan.

Cara Merekam Layar Aktif di Windows 10

Ada beberapa kasus dimana fungsi [+Prt Sc] tidak bisa berjalan pada saat kita ingin menangkap layar aktif dari proses menekan tombol [ALT+TAB]. Ya, seperti yang saya sebutkan diatas, untuk mengakalinya saya menggunakan aplikasi rekam pihak ketiga yaitu aplikasi Screen Hunter.

Pada Windows 10 sebenarnya ada satu aplikasi default yang bisa juga digunakan untuk merekam aplikasi yang mungkin bisa dijadikan untuk keperluan bahan presentasi. Namun sayang aplikasi ini tidak bisa merekam tampilan dekstop dan file explorer.

Adalah aplikasi Game bar yang memiliki opsi untuk menangkap gameplay, yang juga berfungsi sebagai aplikasi merekam.

Baiklah...
Dalam panduan Windows 10 kali ini, saya akan memandu anda tentang langkah-langkah untuk merekam video tanpa harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga hanya dengan menggunakan Game bar bawaan Windows 10.

Mengaktifkan Screen Record di Windows 10
Sebelum Anda dapat menggunakan fitur perekam layar, Anda harus mengaktifkan opsi di menu Settings dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Settings.
  2. Klik pada Gaming.
  3. Klik pada Game Bar.
  4. Aktifkan/Turn on pada clip Record game, screenshots, and broadcast using Game bar.
  5. Cara Merekam Aplikasi Tanpa Aplikasi di Windows 10
Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas, kita sudah dapat menggunakan Gamebar untuk merekam aplikasi di Windows 10.

Cara Merekam Layar Menggunakan Gamebar
Untuk merekam video di Windows 10, buka aplikasi yang ingin Anda ambil, dan kemudian gunakan langkah-langkah berikut ini:

Catatan: Sekali lagi aplikasi ini ada beberapa batasan, diantaranya anda tidak dapat merekam desktop atau File Explorer.
  1. Klik Start.
  2. Ketik dan cari Game bar, klik hasil pencarian
  3. Klik pada tombol Record.
  4. Cara Merekam Aplikasi Tanpa Aplikasi di Windows 10
  1. Proses rekam telah berjalan.
  2. Cara Merekam Aplikasi Tanpa Aplikasi di Windows 10
  1. Klik di mana saja untuk mengabaikan antarmuka bilah Game.
  2. Lanjutkan dengan tangkapan layar.
  3. (Opsional) Klik tombol mikrofon menggunakan pengontrol yang tersedia untuk membuat narasi saat merekam video.
  4. Klik tombol Stop (atau perkecil aplikasi) untuk mengakhiri sesi.
  5. Cara Merekam Aplikasi Tanpa Aplikasi di Windows 10

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, rekaman video akan disimpan secara otomatis di folder Capture, di dalam pustaka "Video" Anda.


No comments

Powered by Blogger.