Header Ads

Begini Cara Menggunakan WiFi Printer Epson L565 Series

Mencetak Via Android - Ingin memiliki printer yang memiliki kinerja tinggi yang digunakan di perkantoran, rumah, atau untuk bisnis kecil maupun besar? Coba gunakan Printer Epson L565 Series WiFi. Printer Epson L565 benar-benar printer multi fungsi dengan fitur utamanya yaitu percetakan, copy, fax dan scanning. Maka dengan ketiga fitur tersebut, pengguna bisa menghemat biaya untuk pengadaan perangkat perkantoran. Cukup dengan menggunakan printer multifungsi ini saja, maka seluruh operasional perkantoran bisa dijalankan.

Kemampuan pengisian kertas secara otomatis sampai dengan 30 lembar kertas sehingga membuat kegiatan scanning, copying dan faxing lebih cepat tanpa pengawasan dari pengguna ditambah lagi dengan tersedianya fitur ADF (Automatic Document Feeder).

 WiFi Printer Epson L565 Series

Sementara itu kelebihan lainnya dari printer ini adalah dimana printer Epson L565 sudah bisa dihubungkan (support) ke pelbagai perangkat yang didukungnya menggunakan konektivitas jaringan kabel LAN maupun wireless via WiFi. Dan hebatnya lagi selain menggunakan mode Access Point (via router)/wireless, juga bisa menggunakan mode WiFi Direct (peer to peer).
Baca: WiFi Direct; Begini Cara Mudah Setting "WiFi Langsung" Untuk Pemula.

Cara Print Melalui WiFi Dengan Epson L565 via Android
Baiklah, secara khusus disini saya akan berbagi tutorial bagaimana caranya melakukan proses percetakan dari android menggunakan jaringan WiFi.

Cara Mencetak dari Android ke Printer Epson L565

Mula-mula yang perlu dilakukan yaitu pada android telah terinstall aplikasi Epson iPrint yang nantinya berfungsi sebagai media printer. Untuk mengunduh serta mengetahui printer seri-seri berapa saja yang bisa menggunakannya silahkan rujuk pada artikel saya dengan judul: Download Epson iPrint : Mencetak Via Android.

Baca juga: Cara Install dan Setting WiFi Printer Epson L5190 Series

Untuk cara kali ini saya akan mencoba membahas menggunakan mode WiFi Direct, karena tidak membutuhkan perangkat tambahan lagi. Untuk itu mari kita mulai saja bagaimana cara melakukannya:

Setup WiFi Direct Epson L565
Untuk mengaktifkan WiFi Direct silahkan tekan tombol OK disebelah layar panel printer (pilih tombol atas/bawah disetiap opsi menu pilihan yang dilanjutkan OK), lalu pilih:
Wi-Fi Setup > Wi-Fi Setup Wizard > Wi-Fi Direct Setup > Connection Setup > Start > Please wait.. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Setting Wifi Printer Epson L565

Selanjutnya akan tampil tulisan seperti dibawah ini, silahkan tekan tombol OK untuk proses selanjutnya...

Setting Wifi Printer Epson L565

Dan lihat pada gambar dibawah ini... WiFi Direct berhasil dibuat dengan menampilkan SSID beserta passwordnya.. jangan lupa akhiri dengan menekan tombol OK lagi.

Setting Wifi Printer Epson L565

Setup WiFi di Android
Selanjutnya lakukan proses koneksi WiFi di android dengan menyalakan tab WiFi, lalu cari dan tap nama (SSID) dari WiFi Direct printer diatas, lanjutkan dengan memasukan passwordnya. Maka android akan mendapatkan IP address dan status akan terhubung (Connected). Jelasnya terlihat pada gambar dibawah ini.
Cara Menggunakan WiFi Direct Printer Epson L565 di Android

Artikel terkait: Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD

Tahap terakhir, silahkan install lalu buka aplikasi aplikasi Epson iPrint. Terlihat pada gambar dibawah ini tap jenis printer lalu pilih jenis dokumen yang akan di cetak. Pada menu Printer Settings anda akan disajikan opsi lanjutan, silahkan setting sesuai kebutuhan lalu tap tombol "DONE" proses printer pun semestinya belangsung..

Cara Mencetak via WiFi Direct Printer Epson L565 di Android

Demikian artikel tentang bagaimana cara sharing printer epson l565 dengan wifi, semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.