Header Ads

WhatsApp: Tingkatkan Keamanan dengan menerapkan Verifikasi Dua Langkah, Begini Caranya

Setelah Facebook, Google dan Instagram menggunakan mekanisme verifikasi dua langkah bagi pengguna yang menginginkannya. Aplikasi pesan instan WhatsApp akhirnya juga sudah menerapkan metode verifikasi dua langkah (two-step verification) pada layanannya. Prosedur ini bersifat opsional untuk menambah keamanan akun pengguna.

Kemampuan two-step verification ini awalnya pertama kali dinikmati pengguna WhatsApp di Windows Phone. Namun pengguna Andorid dan iOS pun sudah bisa mengaktifkannya.

Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Keamanan WhatsApp dengan Verifikasi 2 Langkah
Verifikasi kedua berupa passcode enam digit yang dibuat sendiri oleh penggunanya. Nomor enam digit itu harus dimasukkan setiap kali mereka mendaftarkan nomor teleponnya untuk dijadikan sebagai kontak WhatsApp lagi. Misalnya, saat pengguna membeli smartphone baru namun tetap ingin menggunakan SIMcard dan nomor yang sama.

Jadi, ketika ingin log-in WhatsApp di perangkat baru, pengguna harus memasukkan password enam digit tersebut setelah verifikasi tahap pertama diselesaikan.

Cara Mengaktifkan verifikasi dua langkah (two-step verification) di WhatsApp

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini, aplikasi WhatsApp harus sudah ke versi terbaru, untuk itu update terlebih dahulu dan bisa dilakukan melalui Google Play Store untuk Android atau Apple App Store bagi pengguna iOS.


Jalankan aplikasi WhatsApp dan kemudian buka menu Setelan > Akun > Verifikasi dua langkah > dan tap Aktifkan.


Berikutnya anda diminta memasukan email valid. ya, pembuatan password enam digit untuk verifikasi tahap dua tersebut membutuhkan alamat email. Tujuannya adalah agar pengguna bisa mengganti password, me-reset password jika sewaktu-waktu lupa dan juga mengganti nama email.


Selamat! sekarang akun whatsapp anda lebih aman satu tingkat.


Resource : www.whatsapp.com


No comments

Powered by Blogger.