Header Ads

Beberapa Masalah pada WhatsApp dan Solusi Pemecahannya Pada Android

WhatsApp adalah merupakan salah satu aplikasi messaging terbaik yang tersedia untuk Android dan tidak mengherankan dengan terbuktinya banyak orang yang menggunakannya. Dengan aplikasi ini dimudahkan untuk mengakses ke orang-orang yang Anda suka, sehingga memudahkan anda untuk menghubungi mereka.

Tidak seperti aplikasi WhatsApp Messenger, kebanyakan aplikasi lainnya untuk berhubungan atau menjalin pertemanan anda dipaksa untuk membuat permintaan pertemaan terlebih dahulu, namun aplikasi yang satu ini hanya mengambil kontak Anda dan langsung dapat digunakan. Ada banyak fitur yang tersedia di WhatsApp sehingga menjadikan salah satu aplikasi yang terbaik dan paling banyak digunakan yang di unduh via Google Play Store.

How to fix whatsapp messenger problem


Namun demikian, tidak ada satu pun aplikasi yang dikatakan sempurna dan pasti ada kekurangan-kekurangannya. Tidak terkecuali dengan aplikasi yang satu ini. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang beberapa masalah pada WhatsApp dan solusi pemecahan masalah pada Android.

Ada banyak faktor yang dapat ikut bermain saat aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya dengan baik pada perangkat. Dari jaringan untuk konektivitas internet sampai dengan kompatibilitas perangkat dengan spesifikasi, semua memainkan peran penting pada Android. Ribuan smartphone dengan menampilkan hardware yang berbeda, kemungkinan masalah-masalah yang terjadi pun bisa saja terhadap android anda.

Dibawah ini adalah masalah-masalah yang umum terjadi pada aplikasi WhatsApp di Android anda dan saya akan memberikan beberapa solusi pemecahan masalahnya dengan harapan mudah dipahami.

Aplikasi WhatsApp tidak bisa di install.
Ini adalah salah satu masalah umum yang sering dihadapi yaitu aplikasi WhatsApp tidak bisa/akan menginstal pada perangkat. Ada beberapa solusi untuk masalah ini : Anda perlu memastikan perangkat Anda kompatibel. WhatsApp hanya dapat diinstal pada perangkat Android yang menjalankan Android 2.1 atau lebih tinggi.

Anda perlu memastikan bahwa perangkat anda relatif baru dan menjalankan versi yang lumayan baru dari OS Android. Untuk mengetahui versi perangkat anda, buka menu > Settings dari smartphone Anda dan tekan pilihan > Tentang Phone lalu lihat versi android anda.


Jika dipastikan bahwa perangkat anda adalah android versi terbaru, silahkan download aplikasi whatsapp versi terbaru dari Google Play Store. Namun, jika Google Play Store tidak memungkinkan untuk mendownload aplikasi ini secara otomatis, anda dapat merujuk melalui situs resmi WhatsApp dan mendownload file APK yang disediakan.

Setelah itu, tempatkan file APK hasil download pada memori internal smartphone anda dan menginstalnya layaknya menginstal aplikasi pihak ketiga. Kemungkinan anda tidak akan sukes pula dalam proses instalasinya karena dianggap menginstal aplikasi yang diperoleh dari sumber yang tidak diketahui. Untuk mengatasinya silahkan arahkan kembali ke menu > Settings > Security > Sumber tidak diketahui. Ceklist pilihan Sumber tidak diketahui, setelah itu anda sudah bisa menginstal WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp tidak bisa terkoneksi.
Biasanya, setiap jenis masalah koneksi dapat ditelusuri kembali ke koneksi jaringan atau sinyal Wi-Fi yang "buruk". Namun ada beberapa solusi yang dapat Anda coba jika whatsapp belum juga terhubung :
  1. Periksa apakah Android/perangkat anda tersambung ke Internet.
  2. Lihat apakah konektivitas 3G atau 4G sudah tersedia di daerah Anda.
  3. Buka halaman situs secara acak dalam browser web dan lihat apakah loading berjalan secara wajar.
  4. Hapus cache aplikasi whatsapp  dengan menuju ke menu > Settings > ApplicationsWhatsApp dan pilih Clear Cache.
  5. Cara berikut ini mungkin bisa anda lakukan yaitu Anda dapat menghapus aplikasi yang terinstall dan men-download lalu menginstallnya lagi.
  6. Melakukan reboot pada smartphone atau tablet, bisa menjadikan salah satu solusi aplikasi dapat berjalan secara normal.
  7. Ada kemungkinan bahwa server WhatsApp down "turun"; tentu untuk sementara waktu sampai sekiranya server WhatsApp kembali normal.

WhatsApp tidak bisa menemukan kontak
Aplikasi WhatsApp menggunakan kontak telepon anda untuk mengisi daftar kontak whatsapp anda, dan ini biasanya dibeberapa perangkat tidak muncul. Ada dapat beberapa alasan mengapa WhatsApp tidak dapat menemukan kontak pada perangkat Anda.

Salah satu masalah yang paling umum di sini adalah bahwa kontak tidak disetting sebagai terlihat "visible". Jika Anda telah membuat beberapa kelompok dalam daftar kontak, pastikan bahwa setiap kelompok diatur ke terlihat. Untuk memastikannya masuk ke dalam daftar kontak Anda dan pastikan opsi Tampilkan semua kontak dan pastikan bahwa nomor kontak disimpan di tempat perangkat. Lalu bagaiman cara hapus contact whatsapp, seperti dijelaskan pada bagian ini bahwa kontak whatsapp menggunakan kontak telpon maka jika anda ingin menghapus contact whatsapp silahkan lakukan melalui kontak telpon.

WhatsApp tidak bisa kirim Media dan Gambar
Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesalahan ini dan cara berikut mungkin dapat memberikan solusi masalah ini.

Solusinya adalah hapus data aplikasi WhatsApp dan restart kembali aplikasi WhatsApp anda. Untuk melakukan menghapus data aplikasi dengan cara masuk ke menu > Settings > Application Manager > WhatsApp dan pilihan data aplikasi. Ini akan menghapus semua data tambahan WhatsApp yang disimpan pada perangkat dan Anda akan memulai aplikasi dari awal lagi.

Masalah lain bisa juga berkaitan dengan hardware, salah satunya kartu microSD. Coba keluarkan lalu masukkan kembali kartu microSD anda ke dalam telepon dan pastikan tertancap dengan benar, dan pastikan kartu microSD tidak dalam modus read-only, karena ini bisa menjadi masalah juga.

Tidak bisa melihat "Last seen" di WhatsApp
Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat melihat status terakhir "Last seen" dari orang yang anda lihat.

Mungkin anda telah menonaktifkan status melihat terakhir "Last seen" anda sendiri. Untuk mengaktifkan kembali silahkan menuju ke Settings > Account > Previously > Last seen dan membukanya "open" untuk semua orang. Namun jika anda tetap tidak melihat status kontak tertentu, berarti bahwa orang yang akan kita lihat telah menonaktifkan pilihan "Last seen" juga pada perangkatnya.

Artinya anda tidak dikehendak atau diblokir olehnnya, silahkan uji dengan mengirim pesan teks ke orang tersebut dan jika Anda tidak menerima balasan bisa dipastikan anda benar-benar diblokir olehnya.

Permasalahan yang pasti muncul dan sangat dibenci para penggunanya adalah Aplikasi WhatsApp Messenger tidak akan masuk ke akun apabila ada aplikasi pembaharuan yang diwajibkan untuk mengunduh lalu menginstallnya. Ini menjadi masalah oleh sebagian pengguna karena tentu memakan waktu proses download belum lagi gangguan jaringan yang lelet sementara mungkin ada pesan penting yang harus dibaca pada waktu yang sama. Jadi ini adalah permasalahan tersendiri yang harus diselesaikan oleh pihak WhatsApp.

Demikian Beberapa Masalah pada WhatsApp dan Solusi Pemecahannya Pada Android. Semoga bermanfaat!


No comments

Powered by Blogger.