Header Ads

Pengalaman Mengatasi dan Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Bios

Laptop Tidak Bisa Masuk Bios - Masalah ini kami alami entah kenapa setiap ingin masuk ke Windows yang ditampilkan hanya layar hitam saja, dan ini berlangsung hingga berjam-jam yang kami nyalakan malam hingga pagi hari. Yang terjadi adalah memang sempat menampil logo booting Windows selepas itu kembali lagi muncul permintaan untuk restart sistem.

Karena tidak ingin berlama-lama, kamipun memutuskan untuk melakukan install ulang operasi sistemnya yaitu menggunakan Windows 7. Tentu dengan melakukan pengaturan boot ke media dvd rom melalui Bios yang nantinya untuk melakukan proses installasi operasi sistem windows 7. Belum selesai satu muncul kembali masalah yang baru, dimana settingan boot laptop tersebut ternyata melalui hdd (hardisk) sementara sementara untuk masuk kepengaturan bios dengan menekan tombol F2, F9 atau tombol delete tidak berfungsi alias tidak mau.

Pengalaman Mengatasi dan Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Bios


Ya secara prosedural untuk masuk ke pengaturan bios adalah sebagai berikut:
  • Matikan laptop
  • Hidupkan laptop dengan menekan tombol power dengan keadaan tombol F2 masih di tekan
  • Jika berhasil maka laptop akan masuk ke BIOS.
Tapi disini cara diatas sudah tidak bisa dilakukan karena memang pada saat dinyalakan laptopnya hanya menampilkan layar hitam bahkan tampilan flash layar informasi bios pun tidak muncul.

Baca: Solved: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Lalu bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk ke pengaturan bios?
Dan berikut pengalaman yang kami lakukan..yaitu laptop dalam keadaan off/mati lalu mencopot baterainya sekaligus melepas hardisk berikut memory ramnya.

Biarkan beberapa menit, lalu pasang kembali seperti semula.

Pengalaman Mengatasi dan Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Bios

Setelahnya lakukan untuk menghidupkan laptop seperti biasa dilanjutkan dengan menekan tombol F2 seperti panduan diatas. Dan benar saja dengan cara ini laptop pun sekarang bisa masuk ke pengaturan bios menggunakan tombol F2 keyboard.

UPDATED:
Artikel yang terkait dengan bahasan kali ini juga pernah dibahas pada artikel dengan judul: Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya

Sekian, semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.