Header Ads

Cari Tahu: Tips dan trik untuk smartphone Android untuk Pemula

Jika Anda baru saja memiliki smartphone Android baru dan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya? maka pada artikel kali ini saya sengaja mengulas secara "cukup" lengkap dan mengumpulkan beberapa tips dan trik Android untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari ponsel Anda.

Android adalah sebuah "beast" yang selalu berubah dengan banyak wajah. Dengan versi software yang berbeda-beda untuk masing-masing produsen yang berbeda seperti keluaran dari Sony, Samsung atau HTC dalam hal kustomisasi yang dapat diterapkan dari Google Play, atau sumber pihak ketiga lainnya, tetapi semua perangkat Android memiliki fondasi base dasar yang sama.

Jadi bagi anda yang pemula ayo mulai dari awal,

..berikut adalah cara untuk menguasai dan mengetahui lebih jauh terhadap ponsel Android Anda.

Memilah akun Google Anda
Android dan Google bagaikan romi dan juliet. Untuk menggunakan Android, Anda perlu menggunakan akun Google. Itu berarti segala sesuatu yang terjadi dengan Gmail, kalender, kontak, YouTube, Google Maps dan lainnya semua berhubungan dengan akun Google.

Untuk mendaftar dan mendapatkan akun google, Anda dapat melakukan dari PC sebelum Anda masuk ke perangkat baru Anda. atau juga anda bisa melakukannya melalui perangkat anda dengan cara masuk ke pengaturan > tambah akun > google.

Cara membuat akun google gmail


Pengelolaan Sistem Kontak
Lebih lanjut Google akan menggabungkan sistem kontak dan menyembunyikan dalam Gmail pada browser desktop Anda. Jika Anda memiliki banyak kontak, maka anda dapat mengimpornya ke kontak Google dan mengelola dari situ. Mengelola daftar kontak pada komputer akan membuat lebih cepat untuk mendapatkan segala sesuatunya.

Untuk melakukannya melalui menu pengaturan pada akun google anda via desktop lalu pilih menu tab akun dan impor. Kemudian pilih Impor surat dan kontak..

Cara Import daftar kontak dan email google

Transfer Tool pihak ketiga atau hanya menggunakan Google.
Banyak produsen menawarkan tool transfer untuk membantu Anda memindahkan konten lama ke tempat baru seperti aplikasi ShareIt. Namun sebenarnya Android  juga memiliki opsi untuk mengembalikan proses cadangan sebelumnya, atau restore perangkat dari awal, serta menawarkan Anda kesempatan untuk mentransfer data secara nirkabel misalnya.

Secara umum, jika Anda sebelumnya menggunakan Android yang lama, semua yang terkait dengan akun Anda akan pindah tanpa hambatan pada perangkat baru. Namun, untuk hal-hal seperti foto, dimungkinkan menggunakan layanan cloud jika ingin semuanya tetap ada pada perangkat baru.


Penggunaan menu Pengaturan untuk proses pintas cepat.
Usap bar pemberitahuan, maka anda akan mendapatkan akses ke jalan pintas untuk berbagai menu perangkat keras. Disini anda dapat menonaktifkan hal-hal seperti Bluetooth atau Wi-Fi dengan cepat dan mudah. Banyak produsen mengedit pada wilayah ini, maka tidak heran perangkat smartphone Samsung, LG, HTC dan Nexus semuanya terlihat berbeda.


Android memiliki grid pengaturan pintas cepat jika Anda berada di salah satu versi terbaru dari Android seperti Lollipop atau Marshmallow, usap  ke bawah dengan dua jari dan itu akan membawa Anda langsung matikan/mengaktifkan fitur yang ada.

Jika Anda ingin menuju ke menu pengaturan penuh, tekan gigi di bagian atas dari area pemberitahuan ketika Anda mengusap/geser ke bawah.

Perhatikan Data Internet Anda.
Perlu diperhatikan bila anda tidak mendaftarkan paket internet pada salah satu provider, maka pastikan bahwa menu 'Data Seluler" harus di nonaktifkan bila tidak maka pulsa yang masih ada pada SIM anda akan menjadi biaya terhadap data yang digunakan. Untuk melakukannya anda bisa melalui bar pemberitahuan untuk fitur jalan pintas pada penjelasan "Penggunaan menu Pengaturan untuk proses pintas cepat".

Untuk mengetahui penggunaan data serta bagaimana cara mengatur peringatan untuk batas data anda silahkan baca artikel saya: Bagaimana Menghemat Kuota Internet di Android, Ini Caranya dan Tips Gampang Menghemat Kuota Saat Tethering Wifi Hotspot dari Android.

Data Seluler/Internet Tidak Bekerja?
Bila ini terjadi, coba ubah modus telepon anda ke modus Aeroplane / Airplane dan tunggu beberapa saat lalu kembalikan lagi. Ini akan memutuskan koneksi internet dan akan menghubungkan kembali, dan biasanya anda bisa menggunakannya lagi. Anda bisa mendapatkan ke mode Aeroplane melalui pengaturan cepat jaringan yang saya sebutkan di atas, atau dengan menekan lama tombol standby.

Wi-Fi Tidak Bekerja?
Sama seperti data seluler, kadang-kadang Wi-Fi berlangsung dan aktif hanya beberapa saat saja. Dengan hanya membuka pengaturan cepat dan mematikan tap Wi-Fi dan kemudian mengaktifkan kembali, sambungan akan kembali normal.

Bagaimana cara mengambil screenshot Android?
Cara cukup tahan tombol standby dan tombol power bersamaan atau bisa juga dengan tombol standby dan tombol volume bawah pada saat yang sama maka anda akan mendapatkan screenshot.

Hasil screenshot disimpan dalam folder galeri > screenshot, namun jika anda ingin langsung berbagi, anda dapat melakukan langsung dari notifikasi bar dengan opsi "Berbagi lewat".

Berbagi File dengan Fitur Pintas Cepat

Gunakan browser terbaik untuk Android anda.
Ada banyak browser yang tersedia untuk Android, dengan menawarkan masing-masing berbagai pilihan yang berbeda. Browser Chrome menurut saya adalah browser terbaik Android.

Namun, ketika Anda baru saja memiliki perangkat baru, mungkin saja anda menemukan dan memiliki browser lain sementara browser Google Chrome anda tidak menemukannya anda bisa menginstallnya langsung melalui Google Playstore.

Penggunaan Folder Android
Folder adalah cara yang bagus untuk mengatur aplikasi Anda di home page perangkat. Anda dapat menempatkan folder pada bar shortcut di bagian bawah layar.

Sementara itu untuk membuat folder di android, cukup drag salah satu shortcut aplikasi di atas yang lain dan folder akan otomatis dibuat.

Cara Membackup Photo pada Android
Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak pilihan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, tapi sekarang itu bisa ditangani oleh Foto Google.

Foto Google yang sebelumnya diintegrasikan ke Google+ adalah pilihan yang aman untuk pengguna Android, karena itu terkait dengan akun Anda. Anda hanya perlu menginstal aplikasi lalu login untuk masuk keaplikasi. Anda juga bisa menggunakan onedrive dari Microsoft atau Dropbox, karena keduanya menawarkan pilihan backup foto dan diakses secara luas di seluruh platform. Anda juga bisa menyimpan ke kartu microSD dan memindahkannya ke perangkat keras yang kompatible.

Perlukah Menggunakan Memory Card / SD Card?
Jawabnya tentu sangat perlu, MicroSD adalah tempat yang bagus untuk menyimpan konten tambahan untuk perangkat Anda, atau untuk memperluas penyimpanan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki perangkat yang menjalankan Android 6 Marshmallow, dan anda memiliki akses Flex Storagemaka dengan Flex Storage memungkinkan Anda menggunakan kartu microSD sebagai penyimpanan internal yang diperluas. Kapasitas kartu microSD ini akan diasimilasikan dan digunakan untuk segala sesuatu sesuai keinginan.

Bila anda mengalami masalah dimana dalam kasus tertentu memory card SD tidak bisa terbaca atau masalah lainnya temukan solusinya pada artikel saya dengan judul: 6 Cara Memperbaiki Memory Card SD yang Corrupt bagi Pemula.

Pengelolaan Musik Android
Google sendiri merupakan layanan musik (Play Music) akan mewadahi Anda meng-upload musik Anda ke cloud (awan) dari Mac atau PC di server Google. Anda kemudian akan bisa melakukan streaming atau melakukan download ke perangkat Anda. Tapi hati-hati, ini akan memakan waktu dan mungkin akan cukup banyak data broadband.

Jika Anda sudah pernah membeli musik dari Amazon MP3, aplikasi Android akan membawa Anda untuk berstreaming atau memutar lagu dari layanan tersebut dan tentunya juga ada banyak pilihan lain untuk pemain dan layanan streaming.

Ingin tahu lebih banyak?
Mari berbagi informasi...


No comments

Powered by Blogger.