Header Ads

Kenapa dengan Google Picasa ?

Tahukah anda bahwa Picasa yang merupakan salah satu software untuk mengelola, dan mengedit gambar sekaligus sharing yang semenjak tahun 2004 dibeli oleh Google dari pihak LifeScape, Inc akan segera di tutup terhitung 1 Mei 2016. Selain softwarenya, Google juga akan mematikan layanan album Picasa web yang masih beroperasi hingga sekarang.

Berita Google Hentikan Layanan Aplikasi Picasa

Google Picasa Segera Tutup


Dari informasi yang diperoleh selepas ditutupnya sofware/layanan picasa web nanti, Google rencananya akan menghadirkan layanan yang lebih baik melalui Google Photos namun admin belum tahu apakah google akan menyediakan google photos versi softwarenya. Pihak Google akan lebih baik memfokuskan diri untuk pengembangan satu aplikasi dengan fungsionalitas yang lebih luas dibandingkan dengan membagi usaha untuk dua produk yang serupa tapi beda.

Selama kurang lebih 12 tahun menjadi media penyimpanan image/gambar terbesar dan gratis, terhitung mulai 15 Maret 2016 dukungan alias update terhadap aplikasi desktop Picasa sudah dihentikan.

Lalu bagaimana dengan foto-foto yang selama telah di unggah ke Google Picasa Web ?
Benar sekali, foto-foto yang diunggah ke layanan web picasa selain menjadi album tersendiri juga merupakan file-file foto/image yang digunakan untuk artikel-artikel blog. Tentu ini adalah ke khawatiran sebagian besar para blogger, namun jangan khawatir karena pihak google sangat menghormat hak penggunanya dengan memindahkan konten milik pengguna dari picasa ke Google Photos.

Efeknya anda sebagai user tidak diperbolehkan lagi mengedit atau membuat album di layanan web Picasa, walau demikian anda masih punya hak untuk melihat, mengunduh, atau menghapus album sekalipun.

Sebagai pengguna, saya pun telah menggunakan layanan yang satu ini sudah cukup lama. Selain gratis layanan ini menyediakan kapasitas penyimpanan yang bisa dikatakan cukup besar yaitu 15 GB. Namun setelah ada berita ini kita telah berharap layanan Google Photos dalam hal kapastis penyimpan tetap sama seperti pada layanan picasa web.

Lalu bagaimana dengan anda setelah adanya berita tentang Google hentikan Picasa ini, apakah akan tetap menggunakan aplikasi desktop Picasa  atau berminat untuk pindah ke Google Photos? Kita lihat saja nanti.

Resouces :
Dari berbagai sumber


No comments

Powered by Blogger.