Header Ads

Apa itu MiFi dan Apa Fungsinya?

Apa itu MiFi ?

MiFi merupakan kependekean dari Mobile WiFi adalah nama yang diberikan pada sebuah perangkat wireless router yang berperan sebagai WiFi Hotspot nama merek yang digunakan untuk menggambarkan sebuah router nirkabel yang bertindak sebagai ponsel hotspot Wi-Fi yang memungkinkan beberapa pengguna akhir (end-user) dan perangkat mobile untuk berbagi koneksi internet 3G atau 4G secara mobile broadband sehingga bisa dikatakan perpaduan antara modem, perangkat Wifi dan Router.

MiFi ini bersifat portabel jadi dapat dibawa kemana-mana sehingga lebih mobile. Satu perangkat MiFi dapat digunakan oleh (maksimal) beberapa pengguna secara bersamaan tergantung keluaran merk masing-masing.

MiFi sebenarnya adalah nama suatu merk dagang yang diproduksi oleh Novatel Wireless di negara Amerika Serikat, meskipun demikian nama ini sering digunakan sebagai label generik untuk perangkat apapun mampu menjadi hotspot atau saku pribadi router.

Apa Fungsi dari MiFi?
Perangkat MiFi menggunakan koneksi nirkabel melalui jaringan seluler baik 3G atau 4LTE. Selain berfungsi sebagai alat untuk mengakses internet bagi semua pengguna yang terhubung MiFi juga dapat saling berbagi file dan data.

Kecepatan data yang dikirim dari perangkat MiFi ke komputer bisa mencapai hingga melebihi 1.5 Mbps, sementara jarak jangkauan antara perangkat MiFi ke komputer pengguna maksimal bisa berjarak 10 meter. Saat ini banyak sudah produsen MiFi menawarkan produknya dengan harga yang bersaing, dibawah ini beberapa Modem MiFi terbaik tahun 2016 versi Hanyalah :

1. Huawei E5172

Daftar Modem MiFi Terbaik

Huawei E5172 adalah merupakan hasil building oleh Bolt dan yang beredar di pasaran semuanya sekarang sudah dalam versi unlock sehingga Anda bisa menggunakannya dengan provider yang lain.

Selain dipakai di jaringan 3G dan 2G, Mobile WiFi ini juga kompatibel di jaringan 4G LTE saja. Modem yang berjalan pada frekuensi LTE 2300 MHz ini diklaim dapat dipakai hingga 32 perangkat. Huawei E5172 dapat beroperasi di PC atau laptop dengan OS Windows maupun Max.

Luangkan waktu sejenak dengan membaca artikel : Apa itu WiFi Direct? Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Andromax M25

Daftar Modem MiFi Terbaik

Buildingan dari Smartfren ini mampu digunakan sampai dengan 15 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan, perangkat ini di dukung pula oleh aplikasi Mobile Wi-Fi App yang bernama "Mylink M2S" yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

Dengan desain cukup simple yang dilengkapi dengan LED indikator sinyal dan baterai, modem ini menawarkan kecepatan download hingga 150 Mbps di jaringan 4G LTE.

3. ZTE MF910
Daftar Modem MiFi Terbaik

BOLT ZTE-MF910 Mobile Wifi Modem merupakan gawai mobile wifi dengan layar yang lebih besar dan berwarna. Wifi modem ini memiliki koneksi broadband berkecepatan 10x dibanding provider biasa dan bisa di share hingga 8 user.

Pada jaringan 4G LTE mampu hingga 100 Mbs untuk proses downloadnya. Kompatible dengan semua sistem operasi windows (Windows XP SP3 - Windows 8.1) dan Mac OS X 10.5 - 10.9.

Demikian sekelumit artikel seputar MiFi.


No comments

Powered by Blogger.