Header Ads

Apa itu Gawai?: Sudahkah anda Memilikinya?

Apa itu Gawai? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa Edisi Keempat (2008:422), kata gawai memiliki dua makna. Makna pertama, kata 1gawai n kerja; pekerjaan, artinya gawai berkelas kata nomina dan bermakna 'kerja' atau 'pekerjaan'. Makna kedua, kata 2ga·wai kl n alat; perkakas, artinya gawai termasuk kata kl (klasik) dan berkelas kata nomina yang bermakna 'alat' atau 'perkakas'. Dalam petunjuk kamus, disebutkan singkatan kl berarti klasik, untuk kata-kata yang berlabel kl digunakan dalam kesusastraan Melayu Klasik.

Berdasarkan makna kamus tersebut, terdapat dua homonim kata gawai, yakni (1) kerja; pekerjaan dan (2) alat; perkakas. Makna (1) digunakan sebagai pembentuk kata pegawai (pekerja di kantor atau karyawan) yang masih sering dipakai, sedangkan makna (2) sudah hampir tidak pernah dipakai dalam kosakata saat ini, yakni ditandai dengan singkatan kl di dalam kamus.

Apa itu Gawai? Inilah dia macam-macam Gawai

Makna kedua kata gawai berarti 'alat' atau 'perkakas' penunjang pekerjaan. Makna kedua inilah yang kemudian digunakan menjadi padanan kata berbahasa Inggris, gadget. Kata gadget dimaknai sebagai alat atau perkakas yang dapat menunjang pekerjaan dan komunikasi.

Bila kita baca di wikipedia arti Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Baca: Cara Menghubungkan Keyboard Desktop ke Perangkat Android

Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil sebagai contoh:

  • Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  • Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.

Tampaknya, mulai banyak­ media massa baik media cetak maupun media elektronik dan juga di media online yang memperkenalkan kata gawai kepada masyarakat.

Salah satunya saya menemukan kata gawai di acara di salah satu televisi swasta nasional yang menggunakan kata gawai dalam kalimatnya "tips agar speaker gawai terdengar lebih besar".

Tidak salah memang kita menggunakan kata gadget namun demikan bila bahasa Indonesia sudah memiliki kosakata gawai, mengapa kita masih menggunakan kosakata gadget?

Yuk.. Mulai sekarang marilah kita gunakan kosakata bahasa Indonesia dan kita manfaatkan gawai secara cerdas.

Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gawai
http://www.balaibahasajateng.web.id/index.php/read/home/infobahasa_detail/111/Gadget-atau-Gawai


No comments

Powered by Blogger.