Header Ads

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Buat Blog Gratis - Di awal bulan Juni ini saya akan membahas dan mencoba membantu bagi anda yang benar-benar baru di dunia blogging dan berkeinginan untuk memiliki blog secara gratis. Panduan kali ini akan saya pandu dari awal hingga akhir sehingga harapan anda bisa mengelolanya secara mandiri.

Blog yang akan dibangun nantinya adalah menggunakan "mesin" blogger buatan google. Ini dikarena sifatnya memang gratis terlebih lagi dapat di integrasikan ke produk google lainnya, seperti layanan Google Photos, Google HangOuts, Google Maps, Google Webmasters Tools, Google Plus, Youtube, Google Adword hingga Google Adsense tentunya juga Blogger itu sendiri. Tentu ini sangat dimudahkan nantinya karena hanya menggunakan satu alamat email kita bisa menggunakan layanan tersebut (sesuai kebijakan privacy google).

Cara mudah dan gratis buat blog baru


Tak berpanjang lebar saya langsung saja kita lakukan membuat blog secara gratis untuk pemula.

Pertama-tama, anda harus memiliki satu buah akun google (gmail). Jika belum memilikinya anda bisa daftar dengan mengikuti panduan pada artikel saya dengan judul 5 Langkah Mudah Membuat Email Google bagi Pemula.

Berikutnya jika sudah berhasil, inilah tahap yang anda tunggu-tunggu dalam hidup anda untuk memiliki sebuah blog secara gratis. Silahkan klik tautan ini, untuk mendaftar dan membuat blog melalui halaman blogger milik google.


Untuk pertama kali, silahkan masukan alamat email dan password anda lalu klik tombol "Masuk".

Pada halaman dasbor blogger anda mulai lah membuat nama domain yang anda inginkan, untuk melakukannya anda bisa membaca secara rinci pada artikel saya dengan judul Custom Domain pada Blogspot Blogger, sebagai catatan anda ikuti panduan cukup sampai langkah #4 saja, setelahnya silahkan kembali ke artikel ini.

Bagaimana, sudah kah anda berhasil membuat sebuah domain blog ?

..Tentu sudah donk.

Baik, jika sudah, maka sampai sini anda sudah bisa menulis artikel yang anda ingin sesuai niche blog anda. Bagaimana melakukannya? ikuti seperti dibawah ini :

Cara Menulis Artikel Postingan.
Klik tab "Pos" lalu klik tautan "Buat entri baru"


Buat Judul Artikel sebagai contoh dibawah (Hallo Blogger), lalu isi artikel pada kolom yang disediakan, Jika ingin membedakan setiap artikel per kategori kita bisa membuatnya pada tab "Label".

Selanjutnya jika artikel selesai dibuat, kita bisa melihat hasil sementaranya terlebih dahulu dengan mengklik "Simpan" lalu "Pratinjau". Dan sekiranya artikel sudah mantap untuk di publish silahkan klik tab "Publikasikan"


Maka secara otomatis kita diarahkan kembali kehalaman opsi "Pos". Untuk melihat hasil artikel yang kita buat klik opsi "Lihat"


Dan lihat artikel anda sudah terpublish,..


Selanjutnya adalah membuat halaman "Page". Halaman ini biasanya berisi tentang halaman pendukung seperti About me (tentang saya), kontak kami, privacy policy atau halaman daftar isi.

Untuk membuatnya, sama halnya seperti membuat artikel seperti diatas.

Pertama pilih tab Laman > Buat laman baru.

Mengelola Komentar Pengunjung
Tahap berikutnya adalah mengelola komentar, untuk melihatnya adalah anda bisa merujuk tab "Komentar".

Disini kita bisa melihat siapa saja yang berkomentar di blog anda.

Pada tab ini, anda diberikan otoritas penuh mengelola komentar pengunjung dari menghapus konten, menghapus komentar pengunjung yang anda anggap tidak pantas serta memindahkan komentar pengunjung ke "kamar" spam.


Untuk pengelolaan komentar lanjutan, anda bisa mengklik tautan Setelan > Pos, komentar dan berbagi.

Disini kita bisa melakukan setelan komentar yang sesuai kita inginkan. Anda bisa mengutak-atik lalu simpan perubahan lalu lihat blog anda seperti apa perubahan/tampilan komentar pada blog anda.

Saya tidak menjabarkan lebih dalam, karena ini anda pahami dengan sendirinya.


..Jadi silahkan di explor sendiri ya sobat!

[Ikhtisar - Statistik] Cara mengetahui pengunjung Blog.
Pada dasbor akun blogger, kita bisa melihat dan mengetahui berapa jumlah pengunjuan harian, mingguan serta bulanan. Selain itu kita juga bisa mengetahui artikel-artkel mana saja yang paling banyak dilihat/dibaca oleh para pengunjung blog.

Tentu ini sangat menguntungkan karena dengan begitu kita bisa menganalisa lebih lanjut artikel-artikel apa saja yang kiranya bisa anda buat yang relevan dengan blog anda terkait popular post (artikel teratas) pada blog anda.

Untuk mengetahui dan melihat ikhtisar beserta statistik blog, anda bisa membaca artikel saya dengan judul : Cara Mudah Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

[Penghasilan] Dapat uang dari Internet.
Sobat, dengan membuat blog melalui blogger, anda berkesempatan mendapatkan atau menghasilkan uang dengan blog yang anda kelola.

Dengan hanya menulis artikel, kita bisa menghasilkan $ dollar dari internet yaitu dengan bergabung dengan layanan Google Adsense.

..Cara bergabung, silahkan klik tautan "Penghasilan" lalu klik "Sign up Adsense"


Selanjutnya silahkan ikuti intruksi-intruksi yang diminta.

Catatan!
Untuk mengikuti program adsense, ada beberapa syarat-syarat yang perlu diperhatikan diantaranya adalah umur anda minimal 18 tahun, minimal umur blog 6 bulan, jumlah artikel blog sudah diatas 50, dan juga artikel-artikel yang di publish benar-benar fresh konten dan minimal panjang artikel 350 - 400 kata.
Untuk informasi lebih lanjut tentang kelayakan untuk berpartisipasi di google adsense silahkan baca pada halaman kelayakan adsense.

[Kampanye] Promosikan Blog Anda.
Untuk lebih mengenalkan blog anda supaya lebih cepat dan banyak orang yang mengunjungi  blog anda, Google menyediakan tab 'Kampanye" yang terintegrasi dengan layanan Google Adwords dimana disana anda disebut sebagai advertiser untuk bisa memasang iklan.

Untuk mengikuti ini, tentu harus mengeluarkan dana untuk memasang iklan pada google adwords.

Bagaimana untuk mengikutinya ?

klik tab "Kampanye" lalu klik tab "Mulai sekarang"


Lalu ikuti intruksi-instruksi berikutnya.

Untuk mengetahui info lebih lanjut, silahkan klik tautan ini.

Tata Letak Widget Blog.
Berikutnya kita mengulas sedikit tentang tata letak blog, khususnya widget untuk blog.

Untuk melakukannya silahkan, klik tab "Tata Letak"


Sebagai contoh diatas kita memasang widget "Label".

Caranya cukup mudah, kita cukup meng-klik tautan "Tambahkan Gadget" maka muncul jendela popup widget.

Silahkan cari widget yang ingin kita gunakan, dalam hal ini sebagai contoh ingin menerapkan widget "label" setelahnya klik tombol "+".

Akhiri klik opsi "Simpan Setelan" dan lihat hasilnya .

[Template] Rubah Tampilan Template Blog
Pada bagian ini kita bisa merubah template yang kita inginkan, pada halaman dasbor sebenarnya sudah disediakan macam-macam template oleh blogger.

Untuk melakukannya silahkan rujuk pada tab "Template"



Untuk merubah tamplate dari buatan blogger, silahkan klik salah satu tamplate yang tersedia seperti terlihat pada poin (2).

Maka akan tampil jendela popup, maka lanjutkan klik "Terapkan ke Blog"


Namun, bila kita ingin mengganti template non-blogger dengan kata lain buatan dari pihak ketiga, silahkan klik 'Edit HTML" pada point (1).

Copy kode template yang didapat, seperti gambar dibawah ini lalu akhiri dengan "Simpan Template"


Cara lain untuk melakukan perubahan template, kita bisa melakukannya melalui Impor Template.

...caranya!

Klik pada tab "Template" lalu klik tautan "Cadangkan / Pulihkan" (1).

Pilih template hasil download dari pihak ketiga (2) lalu unggah (3).



Jikalau sekiranya diperlukan, backuplah template yang sekarang digunakan. Untuk sebelum melakukan pergantian template no.1, 2 dan 3 maka lakukakan dulu backup template dengan cara klik "Unduh template lengkap" (4)

Backup dan Restore Data Konten Blog.
Akhir bahasan ini adalah bagaimana kita bisa mengamankan konten (artikel) blog kita yang sewaktu-waktu bisa saja terhapus dengan tidak sengaja.

Untuk melakukannya, silahkan baca pada artikel saya dengan judul : [Panduan Pemula] Cara Backup dan Impor Konten Data Blogger di Blogspot.

Mungkin cukup sekian saja, dan saya akan berusaha mengupdate artikel ini sekiranya memang ada perubahan-perubahan pada dasbor blogger.

Selanjutnya, jika anda masih mengalami kendala bisa kita diskusikan melalui kotak komentar dibawa.

Salam Blogger!


No comments

Powered by Blogger.