Header Ads

Inilah Spesifikasi dan Kompatibilitas dari SD / SDHC / SDXC

Kartu SD (atau microSD) apa yang kompatibel dengan perangkat (device host) saya? Bagaimana cara memilih kartu yang terbaik untuk perangkat (device host) saya?. Ya, mungkin suatu ketika anda pernah bertanya-tanya akan dua perihal tersebut diatas. Namun sebelumnya alangkah baiknya kita bahas dulu secara singkat apa itu SD Card.

SD Card adalah kependekan dari Secure Digital Card adalah perangkat kartu memori flash ultra kecil yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas tinggi dalam ukuran kecil. Kartu SD digunakan di banyak perangkat portable kecil seperti camcorder digital video, kamera digital, komputer genggam, pemutar audio dan ponsel. Kartu SD ini mulai digunakan sejak tahun 1999 yang tersedia dalam kapasitas antara 16 Megabyte dan 1 Gigabyte. Sementara itu ukuran dari SD card adalah 32 x 24 x 2,1 mm dan berat sekitar 2 gram.

Beberapa Varian Utama Kartu Memori SD

Ada tiga jenis dalam keluarga kartu memori SD. Yaitu SD, SD High Capacity (SDHC ™), dan SD Extended Capacity (SDXC ™). Artikel ini rincian spesifikasi yang berbeda dari ketiga jenis kartu memori SD dan peringkat kelas kecepatan dan kompatibilitas yang berbeda dengan masing-masing jenis.

Sesuai judul artikel kali ini, saya akan membagikan informasi terkait rincian spesifikasi yang berbeda dari ketiga jenis kartu memori SD serta peringkat kecepatan dan kompatibilitas yang berbeda.

..baiklah dibawah ini penjelasan singkat dari 3 jenis SD card ( SD / SDHC / SDXC  ) :

Kapasitas SD berkisar dari 128MB ke 2GB dengan format default: FAT16

Kartu SD akan bekerja dan mendukung di semua perangkat (device) host yang mendukung SD, SDHC atau SDXC.

Kartu SD High Capacity (SDHC ™) adalah kartu memori SD  didasarkan pada spesifikasi SDA 2,0. Sementara itu kapasitas SDHC berkisar dari 4GB hingga 32GB dengan format default: FAT32

Karena SDHC berbeda dari standar kartu SD, format baru ini tidak kompatibel dengan perangkat (device) host yang hanya dari kartu SD (128MB - 2GB).

Untuk memastikan kompatibilitas, cari logo SDHC pada kartu dan perangkat host (kamera, handycam, dll).

Kartu SD Extended Capacity (SDXC ™) adalah kartu memori SD didasarkan pada spesifikasi SDA 3.0 dengan kapasitas SDXC berkisar dari 64GB ke 2TB sementara itu format default adalah: exFAT

Karena SDXC menggunakan sistem file yang berbeda disebut ExFAT dan bekerja secara berbeda dari standar kartu SD, format baru ini tidak kompatibel dengan perangkat host yang hanya mendukung SD (128MB ke 2GB) atau perangkat host yang hanya mendukung SDHC (4GB hingga 32GB).

Untuk memastikan kompatibilitas, cari logo SDXC pada kartu dan pada perangkat host (kamera, handycam, dll).

CATATAN: 
Pembacaan kartu internal pada laptop dari tahun 2008 atau yang lebih mungkin tidak mendukung kartu SDXC.


Desain bus Ultra High Speed Tahap I (UHS-I) ditambahkan untuk kartu SDHC dan SDXC di SD spesifikasi 3.0. Desain perangkat tambahan ini untuk meningkatkan kinerja kartu SDHC / SDXC. UHS adalah perangkat tambahan untuk spesifikasi asli antarmuka SD. Tidak ada masalah kompatibilitas menggunakan kartu UHS dengan perangkat non-UHS.

Spesifikasi UHS-I mendefinisikan dua pilihan arsitektur bus tingkat transfer data hingga 50MB / s (UHS-50) dan 104MB / s (UHS-104). Ini adalah batas maksimum teoritis dan kinerja maksimum sebenarnya untuk kartu tertentu.

Desain bus Ultra High Speed Tahap II (UHS-II)  ditambahkan untuk kartu SDHC dan SDXC di SD spesifikasi 4.0. Ini merupakan desain Enhacement tambahan modifikasi konektor antarmuka untuk meningkatkan kinerja.

Spesifikasi UHS-II mendefinisikan arsitektur bus untuk pilihan tingkat transfer dari 156MB / s dan 312MB / s. Ini adalah batas maksimum teoritis dan kinerja maksimum sebenarnya untuk kartu tertentu.

Tidak ada masalah kompatibilitas menggunakan kartu USH-II dalam perangkat UHS-I atau non-UHS.

Ringkasan Kompatibilitas
Grafik di bawah ini menunjukkan perangkat host dan kartu memori yang didukung.
Inilah Spesifikasi dan Kompatibilitas dari SD / SDHC / SDXC

Kartu SDXC dan perangkat host
- Kartu memori SDXC HANYALAH dapat digunakan dengan perangkat host SDXC.
- Kartu memori SDXC tidak akan bekerja dengan perangkat host SD / SDHC.

Info tambahan pada kartu SDXC dan perangkat host
- Perangkat host SDXC  dapat menggunakan dan mendukung kartu memori SD, SDHC dan  SDXC.
- Perangkat host SDHC  dapat menggunakan dan mendukung kartu memori SD dan SDHC.
- Kartu memori SDHC dapat digunakan dengan perangkat host SDHC dan SDXC .

referensi:
http://kb.sandisk.com/app/answers/detail/a_id/2520/~/sd%2Fsdhc%2Fsdxc-specifications-and-compatibility


No comments

Powered by Blogger.