Header Ads

Panduan Melakukan Restore History Percakapan WhatsApp ke Perangkat Baru

Restore data WhatsApp Messenger  - Ketika anda baru saja memiliki perangkat ponsel baru tentu hal itu merupakan kebahagian tersendiri bagi anda. Namun disisi lain bisa saja anda sedikit menemukan masalah terkait data-data yang terdapat pada ponsel lama. Ya, mungkin saja anda kebingungan bagaimana cara memindahkan data-data yang ada pada ponsel lama ke ponsel baru.

Secara khusus, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk melakukan pemulihan "restore" data percakapan whatsapp yang ada di ponsel lama ke ponsel baru. Perlu diketahui, bila kita menginstall aplikasi WhatsApp pada perangkat baru/lainnya dengan menggunakan nomor ponsel yang sama seperti pada ponsel yang lama maka semua percakapan akan hilang bahkan percakapan dalam group whatsapp dianggap kita telah keluar dari group tersebut di ponsel baru tadi.


Panduan Melakukan Pemulihan Percakapan WhatsApp
Untuk melakukan pemulihan/restore data percakapan whatsapp sebenarnya ada beberapa metode, yaitu melalui Google Drive dan juga melalui cadangan lokal pada perangkat ponsel lama.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memandu anda dengan menggunakan cadangan lokal. Baiklah sebelum melakukannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Pastikan database percakapan di ponsel lama masih ada, untuk mengetahui datanya tersimpan di folder /sdcard/WhatsApp/Database, bila tidak ditemukan kemungkinan Anda dapat menemukannya di penyimpanan internal atau folder penyimpanan utama.
  • Pada ponsel anda hanya menyimpan file-file cadangan lokal yang dibuat dalam 7 hari terakhir sementara itu pada Google Drive hanya akan menyimpan cadangan yang terbaru.
  • Jika Anda ingin memulihkan cadangan lokal bukan yang terbaru, ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12.
  • Sebelum melakukan pemulihan/restore di ponsel baru, jangan melakukan install aplikasi whatsappnya dulu. Tetapi lakukan penyalinan data tersebut diatas (ponsel lama) ke ponsel terbaru. Untuk melakukan penyalinan data-data (Database) silahkan gunakan aplikasi file explorer. Bila terlanjur sudah ada aplikasinya cukup uninstall.
  • Agar file-file baik itu file dokumen atau file gambar tidak hilang dalam percakapan, maka salin juga folder /sdcard/WhatsApp/Media

Tahapan Melakukan Pemulihan Percakapan WhatsApp
Baiklah, saya anggap semua ketentuan diatas telah dipahami dan terpenuhi maka kita bisa memulai proses pemulihan data percakapan whatsapp di perangkat baru anda.

Download dan install kembali aplikasi whatsapp pada ponsel baru anda sampai aplikasi sukses terpasang, lalu klik opsi "Buka" dan lanjutkan dengan mengetuk tap "SETUJU DAN LANJUTKAN". link unduh


Pilih Opsi "Lanjut" pada pesan "Agar dengan mudah terhubung ke teman-teman dan keluarga Anda, dan mengirim dan menerima foto dan video..." pilih opsi "Izinkan" "...Izinkan WhatsApp untuk mengakses kontak?" dan juga "...Izinkan WhatsApp untuk megakses foto, media, dan file di perangkat?"


Masukan nomor ponsel seperti nomor pada ponsel yang lama untuk proses verifikasi. Tap "Lanjut" maka proses "Menghubungkan.." berjalan. Sebelum nomor kode dikirimkan, pastikan nomor ponsel yang dimasukkan sudah bernar. Bila ya, lanjutkan tap "OKE"


Biasanya kode verifikasi yang dikirim ke nomor anda, whatsapp dapat secara otomatis mendeteksi kode verifikasi selama anda telah mengizinkan whatsapp untuk melihat pesan SMS. Untuk silahkan pilih opsi "Izinkan".


Maka pada tampilan berikutnya, bila data cadangan lokal sudah di salin dengan benar pada folder /sdcard/WhatsApp/Database atau di /Penyimpanan Perangkat/WhatsApp/Database, maka semestinya tulisan "Cadangan ditemukan" ditampilkan seperti gambar dibawah ini.


Untuk memulainya cukup tap "Pulihkan" maka proses restore data percakapan pun berlangsung...

..Tunggu sejenak sampai selasai dan berikutnya tap "Lanjut"


Masukan info profil anda, lalu tap "Lanjut" lagi.


Sebelum masuk kehalaman chatting, anda diberikan pilihan untuk proses cadangan di google drive. Silah opsi-opsi yang ada. Lalu akhir dengan tap "Selesai"

Dan lihat, semua data percakapan whatsapp telah kembali seperti semula.


Done!


No comments

Powered by Blogger.