Header Ads

Android Nougat : Nama Android penerus Marshmallow

Android Nougat - Akhirnya teka-teki huruf  'N' untuk android versi 7.0 terjawab sudah. Google memilih Nougat sebagai penerus Marshmallow, pemilihan nama versi terbaru Android memakan waktu cukup panjang. Bahkan Google sempat minta tolong kepada para penggemar untuk membantu mencarikan nama makanan penutup bagi Android versi terbaru.

Sejak kemunculannya, Android selalu menggunakan nama makanan penutup untuk memudahkan penyebutan versi. Dimulai dari Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0) - detilnya dan Nougat (7.0)

Google secara resmi menggunakan nama "Nougat" untuk sistem operasi terbaru Android N. Android Nougat dikenalkan Google melalui akun Snapchat dan akun Twitter.

Android Nougat : Nama Android penerus Marshmallow
Nougat bisa dikatakan masuk dalam kategori permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Nougat dapat berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang digunakan dan umumnya dipakai sebagai pengisi di dalam cokelat.

Sambutan pada nama baru ini mengundang pro dan kontra di internet, tapi Google memang tak punya pilihan lain. Nougat merupakan jenis makanan penutup yang cukup populer di dunia dan kebetulan dimulai dengan huruf 'N'

Sebelumnya sebagian besar orang menduga 'N' adalah Nutella, produk selai cokelat populer di dunia. Bahkan dugaan ini semakin kuat setelah salah seorang petinggi Google pernah menyebutnya dalam kicauan di akun Twitter pribadi.


Android Nougat menjadi versi Android terkini setelah secara resmi dikenalkan pada Maret lalu. Saat ini statusnya masih Beta kedua yang diklaim lebih stabil dari versi pertama. Dilihat dari unggahan video di YouTube, Nougat mewakili nama Android versi 7.0.

Fitur terbaru Android Nougat
Salah satu keunggulan Android Nougat adalah adopsi API grafis baru yang diberi nama Vulkan. Teknologi ini biasanya bisa ditemukan di dunia PC Gaming.

Sistem operasi ini juga diklaim memiliki peningkatan pada sisi daya tahan baterai dan akan membuat performa 75 persen lebih cepat. Sebagai penerus Android Marshmallow, Nougat juga membawa sejumlah fitur baru seperti tampilan notifikasi, layar split-screen saat dipakai multitasking, serta peningkatan fitur Doze.

Mengikuti perkembangan teknologi, Google turut menyisipkan dukungan terhadap platform realitas virtual (VR) terbaru. Namun ini terbatas pada sejumlah perangkat yang mendukung saja.

Lalu bagaimana cara Menginstall Android Nougat?


Bagi yang ingin mencicipi Nougat, Anda harus bersabar karena pembaruan ini baru dirilis versi penuhnya sebelum kuartal ketiga 2016. Bahkan saat peluncuran perdana hanya perangkat Nexus yang langsung menggunakannya.

Jadi bagi para pengguna gawai selain Nexus perlu bersabar lebih lama, setidaknya hingga awal tahun depan. Hal ini disebabkan para produsen perlu memodifikasi produknya sesuai dengan konsep dan fitur-fitur tambahan yang menjadi ciri masing-masing.


No comments

Powered by Blogger.