Header Ads

Cara Cepat Mencari IP Address suatu Domain

Mencari IP Address Sebuah Domain dengan ” CMD “

Tahukah anda, sebenarnya nama-nama domain yang tersebar di internet itu adalah mewakili sederet angka-angka yang di sebut dengan IP Address.


Apa sih IP Address itu ?
IP atau Internet Protocol adalah seperangkat aturan (diwakili dengan deretan angka) yang mengatur aktivitas internet dan untuk memfasilitasi penyelesaian berbagai tindakan menjelajahi dunia maya atau di World Wide Web. Oleh karena itu alamat Internet Protocol adalah bagian yang sistematis dari jaringan yang saling berhubungan untuk mengatur komunikasi secara online dengan mengidentifikasi kedua perangkat memungkinkan untuk membuat komunikasi dua arah.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui alamat IP Address suatu Domain?
Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui alamat IP Address Domain, yaitu hanya dengan bantuan DOS Command (CMD) kita bisa mengetahui alamat IP Address dari suatu Domain, namun demikian untuk melakukannya syarat yang harus dipenuhi adalah komputer/laptop harus terhubung dengan internet.

Berikut cara melakukannya :

Jalankan DOS Command (CMD) lalu ketik perintah : nslookup nama domain

Cara Cepat Mencari IP Address suatu Domain

Lihat gambar diatas, sebagai contoh saya mengetik perintah : nsloookup google.com maka muncul beberapa alamat IP Address domain, artinya alamat domain google.com diwakili dari beberapa alamat IP tertera sebanyak 15 IP Address.

Untuk pembuktian silahkan ketik salah satu alamat IP address yang tertera diatas ke dalam address dari browser anda, dipastikan setelah selesai memasukan angka-angka (contoh : 114.125.161.57) lalu diakhiri dengan enter maka secara otomatis akan mengarah ke alamat google.com.

Trik di atas hanya menggambarkan penggunaan dasar dari cara mencari IP address. Dan perlu diketahui, untuk website seperti google.com yang merupakan website yang tidak memiliki IP yang berdedikasi, anda mungkin mendapatkan hasil yang berbeda setiap kali Anda menggunakan perintah ini. Contoh saja ketik : 216.58.217.78 maka juga akan mengarah ke alamat google.com.

Anda juga bisa menggunakan cara lain yang juga cukup mudah untuk mencari IP address yaitu anda bisa mengunjungi situs berikut ini cukup ketikan URL dan otomatis akan ter-convert.
http://tejji.com/ip/url-to-ip-address.aspx

Atau juga bisa cara lainnya dengan membaca artikel dengan judul: Cara Mengetahui IP Address dari Suatu Website.


No comments

Powered by Blogger.