Header Ads

YouTube Go Sudah Tidak Tersedia di Google Playstore

Pada mulanya, Tim YouTube meluncurkan layanan YouTube versi ringan dengan nama Youtube Go sebagai alternatif aplikasi ringan dari aplikasi utamanya, YouTube pada tahun 2016. Dimana salah satu fitur andalan yang ada di aplikasi ini adalah pengguna dapat melakukan streaming video dengan pemakaian kuota yang jauh lebih ringan.

Namun pada bulan Mei 2022 lalu bahwa aplikasi YouTube Go akan ditutup alias tidak akan tersedia lagi di google playstore. Keputusan ini disebabkan oleh layanan tersebut tidak banyak digunakan selama beberapa tahun kebelakang.

Seperti kata Meaghan selaku Community Manager dalam keterangan resminya pada bulan tersebut mengungkapkan "Kami mengumumkan bahwa YouTube Go akan dihentikan mulai bulan Agustus. Terima kasih kepada pengguna YouTube Go kami sangat senang menyambut Anda di komunitas utama aplikasi YouTube."

Benar saja, ketika kami mencoba mengetik kata Youtube Go di kolom pencarian hasilnya tidak diketemukan lagi aplikasi tersebut. Untuk itu, pengguna aplikasi YouTube versi ringan tersebut dianjurkan beralih menggunakan versi aslinya, yaitu YouTube.

Sebagai informasi YouTube Go bukan satu-satunya aplikasi ringan yang ditutup dalam beberapa tahun terakhir, sebelumnya Facebook juga menutup Facebook Lite pada tahun 2020 lalu. Dimana Facebook Lite diluncurkan pada 2015 untuk menjangkau pengguna di pasar negara berkembang tetapi kemudian ditutup karena adopsi yang buruk, dan pengguna diberi tahu untuk menggunakan aplikasi Facebook utama sebagai gantinya.

Selain itu, dan ternyata Google pula yang merupakan perusahaan induk YouTube juga baru-baru ini mematikan fitur mode Chrome Lite yang dirancang untuk membantu pengguna menghemat biaya internet.


No comments

Powered by Blogger.