Header Ads

Cara Menghapus Virtual Hardisk di Windows 10

Virtual Hardisk (VHD) di Windows 10 memiliki fungsi mirip dengan hard drive eksternal dan sudah barang tentu dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.

Hapus Drive Virtual dari Windows 10

Namun demikian, terkadang dalam kondisi tertentu virtual hardisk ini mungkin tidak diperlukan lagi. Dalam kasus ini, pengguna mungkin ingin menghapusnya. Inilah yang perlu dilakukan untuk menghapus atau menghapus Virtual Drive di Windows 10.

Dengan asumsi physical hard drive Anda memiliki kapasitas terbatas, ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus Virtual Drive di Windows 10 dengan dua cara:

1. Hapus Disk Virtual melalui "This PC"

Klik Opsi "This PC" di windows explorer dan pilih Virtual Drive yang ingin Anda hapus dari Windows 10 Anda.

Hapus Drive Virtual dari Windows 10

Klik kanan pada drive terpilih dan pilih opsi "Properties".

Hapus Disk Virtual melalui "This PC"

Selanjutnya, ketika kotak Properti terbuka, beralih ke tab "Hardware", pilih disk virtual Anda, dan tekan tombol "Properties" lagi, terlihat di bawah bagian "Device Properties".

Sekarang, beralihlah ke tab "Driver" dan tekan tombol "Disable Device". Selanjutnya juga, tekan tab "Uninstall Device" untuk menghapus instalan perangkat dari Sistem (Lanjutan)

Saat diminta, mulai ulang komputer Anda.

Jika metode di atas tidak menghapus Virtual Drive atau jika Anda menemukan opsi Uninstall Device berwarna abu-abu, beralihlah ke metode berikutnya.

2. Hapus Drive Virtual dengan Konsol Manajemen Disk
Cara berikutnya adalah dengan bantuan Disk Management Console, yaitu dengan cara:

Tekan kombinasi Win + R untuk membuka kotak dialog "RUN".

Ketik diskmgmt.msc klik OK untuk membuka Manajemen Disk.


Ketika konsol Manajemen Disk terbuka, klik kanan disk virtual yang tercantum dalam kolom Volume dan pilih "Delete Volume".


Seketika, sebuah pesan akan muncul, meminta Anda untuk mencadangkan data sebelum menghapus volume. Ikuti tindakan yang diinginkan.


Tindakan ini akan meninggalkan pengguna dengan ruang drive virtual yang tidak terisi. Kemudian, untuk menghapus file hard disk virtual, klik kanan nomor disk dengan ruang yang tidak terisi dan pilih opsi "Detach VHD".

Pilih "Delete" file hard disk virtual setelah menghapus opsi disk pada jendela yang terbuka., klik tombol "OK"

Selesai! ketika pengguna memeriksa bagian This PC lagi, pengguna seharusnya tidak menemukan drive virtual yang tercantum di sana, menunjukkan itu telah berhasil dihapus.


No comments

Powered by Blogger.