Header Ads

Cara Atasi MicroSD Error Tidak Bisa Diformat

Pada ponsel pintar seperti android sudah barang tentu telah disiapkan slod untuk memori eksternal. Ini menjadikan pengguna android dapat memanfaatkannya untuk keperluan pekerjaan masing-masing.

MicroSD atau SD Card adalah media eksternal yang berguna sebagai media penyimpanan, selain memori internal. Namun sayangnya MicroSD terkadang dapat mengalami gagal format, sehingga menjadi masalah tersendiri bagai penggunanya.

Cara Atasi MicroSD Error Tidak Bisa Diformat

Banyak penyebab ini kenapa bisa terjadi, secara umum gagal format pada sebuah kartu memori dapat disebabkan oleh virus, rusak oleh magnet atau perangkat dikotori oleh minyak atau juga bisa disebabkan kebiasan pegguna yang sembarangan ketika melepas dari ponsel.

Ketika pengguna melakukan proses diatas (format) maka micro sd tidak bisa diformat dengan menampilkan pesan error "Windows Was Unable to Complete the Format".

Nah, bila anda ingin mencoba memformat SD Card melalui komputer lalu kemudian muncul notifikasi diatas bisa dipastikan kartu memori bermasalah. Aplikasi untuk memperbaiki kartu memori cukup banyak di internet, namun secara singkat untuk melakukan format MicroSD bisa mengikuti cara-cara dibawah ini:

Cara format MicroSD via Komputer
Tanpa aplikasi atau software apapun pengguna sebenarnya bisa memperbaiki error pada kartu memori. Caranya tancapkan MicroSD di PC atau siapkan card reader bila tidak ada slotnya. Bila terdeteksi sebagai drive baru semisal namanya F atau G maka MicroSD tersebut dapat diformat.

Untuk melakukannya, klik kanan pada drive F atau G tadi, lalu klik format. Saat muncul opsi FAT, FAT32, dan NTFS, pilih saja FAT.

Format MicroSD via Komputer menggunakan Comand Line
Jika SD Card masih error setelah diformat, cobalah menggunakan cara berikutnya yaitu Comand Line. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi SD Card yang error dan sulit diformat.

Tekan tombol Win+R pada keyboard untuk membuka menu Run, ketik cmd kemudian Enter.

Ketik perintah:
format F:/FS:FAT

Catatan: F:Drive yang error dan akan diformat, sesuaikan pada dimasing-masing pc.

Tunggu saja proses formatting berlangsung selama beberapa menit sampai proses format telah selesai. Bila sukses maka memori eksternal menjadi kosong dan bebas dari virus.

Format MicroSD menggunakan Aplikasi
menemukan solusi juga, silahkan gunakan aplikasi pihak ketiga. Artikel pernah kamu publih dengan judul:


No comments

Powered by Blogger.