Header Ads

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Windows Sandbox di Windows 10

Microsoft selalu menambahkan fitur baru dan menarik ke Windows 10. Salah satunya fitur yang bernama Windows Sandbox. Namun demikian banyak pengguna yang masih bingung kenapa fitur tersebut tidak berfungsi.

Perlu diketahui Windows Sandbox adalah fitur terbaru dari Windows 10 yang membantu pengguna windows untuk menjalankan aplikasi / program yang tidak tepercaya. Saat Windows Sandbox sedang berjalan, pada dasarnya anda sedang menjalankan versi aman dari sistem operasi Anda, di mana aktivitas Anda tidak memengaruhi sisa mesin Anda.



Dengan menggunakan fitur Windows Sandbox ini maka Anda dapat menguji perangkat lunak apa pun sebelum menginstalnya di perangkat utama Anda, sehingga sistem operasi Windows 10 tetap aman.

Bagaimana Cara Kerja Windows Sandbox?

Microsoft menggunakan beberapa tool untuk mengaktifkan Windows Sandbox.
  • Dynamic image generation. Windows Sandbox menyalin image sistem operasi Anda yang ada ke mesin virtual. Windows Sandbox Anda selalu menggunakan instalasi Windows 10 yang fresh dan bersih dengan pembaruan terbaru. Anda tidak perlu menyimpan salinan tambahan dari sistem operasi untuk boot seperti yang Anda lakukan dengan perangkat lunak virtualisasi lainnya.
  • Smart memory management. Mesin virtual dapat menjadi sumber daya yang cukup berat dan membutuhkan mesin host untuk berbagi perangkat keras mereka. Windows Sandbox menggunakan manajemen memori pintar untuk secara dinamis mengalokasikan memori antara host dan sandbox, memastikan host tidak lambat untuk dioperasikan.
  • Snapshot and Clone. Windows Sandbox menggunakan dua teknologi virtualisasi umum yang disebut Snapshot dan Clone, untuk memudahkan beban pada sistem host. Snapshot ini memungkinkan Windows Sandbox untuk mem-boot lingkungan sekali, lalu "mengoptimal memori, CPU, dan status perangkat ke disk.".

Apa syarat untuk menjalankan Windows Sandbox?

Windows Sandbox saat ini tersedia untuk instalasi Windows 10 Pro atau Enterprise pada edisi Insider Preview build 18305 atau lebih baru, atau pembaruan Windows 10 Mei 2019 atau lebih baru. Sayangnya, pengguna Windows 10 Home tidak akan memiliki akses ke Windows Sandbox.

Direkomendasi spesifikasi yang diperlukan pada perangkat Anda:
  • Prosesor 64-bit
  • Virtualisasi telah aktif di BIOS sistem Anda
  • Minimum 4GB RAM (Microsoft merekomendasikan 8GB)
  • Setidaknya 1GB ruang disk kosong (Microsoft merekomendasikan untuk menggunakan SSD)
  • Setidaknya 2 core CPU (Microsoft merekomendasikan empat core dengan hyperthreading)

Cara Memeriksa Apakah Virtualisasi Telah Aktif?

Sebelum masuk ke BIOS untuk mengaktifkan virtualisasi, ada tips cepat untuk mengetahui apakah virtualisasi Anda sudah aktif.

Ketik task lalu di bilah pencarian Start Menu Anda dan pilih Best Match. Di Task Manager, beralih ke tab Performance. Sampai disi akan terlihat daftar yang telah enabled atau disabled bersama Virtualization.


Jika virtualisasi dinonaktifkan (disabled), Anda harus menuju ke BIOS dan mengaktifkannya. Setelah aktif, reboot kembali sistem windows.

Cara Mengaktifkan Hyper-V dan Fitur Windows Sandbox

Oke, sekarang Anda perlu memeriksa bahwa Microsoft Hyper-V sudah aktif dan berjalan. Hyper-V adalah alat virtualisasi Windows Server yang dibangun ke dalam Windows. Dalam hal ini, Hyper-V digunakan untuk membuat Windows Sandbox, jadi Anda harus mengaktifkannya sebelum melanjutkan.


Caranya ketik windows features di bilah pencarian Start Menu Anda dan pilih Best Match. Gulir ke bawah dan periksa Hyper-V. Ini akan memeriksa opsi bersarang secara otomatis. Sekarang, gulirkan sedikit lebih ke bawah dan temukan opsi Windows Sandbox dan centang kotak. Tekan OK, lalu restart sistem Anda.

Cara Mengakses Windows Sandbox

Setelah Windows dimulai ulang, ketik windowssandbox di bilah pencarian Start Menu Anda. Aplikasi Windows Sandbox akan muncul dihasil pencarian dan pilih untuk membuka Windows Sandbox.

Windows Sandbox membuka versi terbaru dan clean dari versi Windows saat ini setiap kali Anda membukanya. Selalu up to date, dengan pembaruan sistem yang sama dengan host.


Ketika Anda selesai menggunakan Window Sandbox, cukup tutup aplikasi. Setiap perubahan yang Anda buat pada sistem operasi yang berjalan di Windows Sandbox akan hilang secara permanen.

Menjalankan Windows Sandbox pada Mesin Virtual

Jika Anda mencoba menggunakan Windows Sandbox di mesin virtual, ada langkah tambahan yang harus diambil. Anda harus mengatur sistem Anda untuk memungkinkan virtualisasi aman. Anda harus menjalankan didalam mesin virtual.

Di virtual machine, ketik PowerShell di bilah pencarian Start Menu Anda, klik kanan the Best Match dan pilih Run as Administrator.

Sekarang, masukkan perintah berikut:
Set-VMProcessor -VMName  -ExposeVirtualizationExtensions $true

Ganti <VMName> dengan nama mesin virtual.

Mulai ulang mesin virtual Anda. Setelah memulai ulang, opsi Windows Sandbox akan tersedia di Start Menu Anda.

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 Home

Seperti yang disebut diatas bahwa Windows Sandbox tidak dapat berjalan di Windows 10 Home. Itu benar, namun dengan menggunakan patch yang dikembangkan oleh tim Deskmodder memungkinkan pengguna Windows 10 Home untuk menjalankan Windows Sandbox.

Namun demikian, saya belum mencoba patch ini. Dan bila anda kebetulan menggunakan sistem windows 10 home dan mencoba menjalankan windows sandbox dengan bantuan patch ini, maka sangat disarankan untuk melakukan backup sistem sebelum melakukannya.


No comments

Powered by Blogger.