Header Ads

10 Shortcut Keyboard yang Perlu Anda Ketahui

Top 10 Shortcut Keyboard - Di klaim beberapa orang bahwa menggunakan shortcut keyboard mampu meningkatkan produktivitas Anda, mengurangi keregangan yang berulang, dan membantu Anda tetap fokus. Misalnya saja, untuk fungsi menyoroti teks (highlighting text) via keyboard yaitu menekan SHIFT + -> jauh lebih cepat daripada menyorot teks menggunakan mouse.

Namun demikian dilain pihak, ada pengguna yang masih dengan menggunakan mouse sebagai aktivitasnya dalam hal perintah-perintah yang biasa mereka lakukan.

Top 10 Shortcut Keyboard

10 Shortcut Keyboard yang Perlu Anda Ketahui

Dibawah ini adalah 10 Top Shortcut Keyboard yang sering digunakan dan kami menyarankan kepada anda semuanya untuk menghafal dan menggunakan. Awalnya pastilah agak canggung dan kaku, tapi jika terbiasa maka ini akan membantu anda dalam menjalankan aktivitas di komputer anda.

Daftar 10 Top Shortcut Keyboard

Berikut daftar 10 Top Shortcut Keyboard, mari kita simak bersama :

Ctrl + C atau Ctrl + Insert
Fungsi dari Ctrl + C dan Ctrl + Insert adalah perintah menyalin/copy dari teks yang disorot atau item yang dipilih.

Ctrl + V atau Shift + Insert
Fungsi dari Ctrl + V dan Shift + Insert adalah perintah untuk menyisipkan teks atau obyek yang ada di clipboard .

Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Perintah Ctrl + Z ini adalah untuk mengurungkan/membatalkan perubahan. Misalnya, jika Anda memotong teks, lalu menggunakan tombol ini maka akan membatalkan. Hal ini juga sering dilakukan dengan menekan beberapa kali untuk membatalkan beberapa perubahan. Sedangkan menekan Ctrl + Y akan mengulang undo (lawan dari Ctrl + Z).

Ctrl + F
Menekan Ctrl + F adalah perintah Find (pencarian) dalam program apapun. Ini termasuk browser Internet Anda untuk mencari teks pada halaman saat ini.

Alt + Tab atau Ctrl + Tab
Beralih cepat antara program yang terbuka bergerak maju.
Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah di antara tab dalam sebuah program.
Tekan Alt + Tab untuk berpindah window aplikasi yang terbuka pada PC/Dekstop.
Tips: Tambahkan tombol Shift untuk Alt + Tab atau Ctrl + Tab akan bergerak mundur.
Tips: Pada pengguna Windows Vista dan WIndows 7 juga dapat menekan Windows Key + Tab untuk beralih melalui program yang terbuka dalam full screenshot window.

Ctrl + Backspace dan Ctrl + Panah Kiri atau kanan
Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus satu kata penuh keselebah kiri dan bukan satu karakter yang dihapus.
Menekan tombol Ctrl sambil menekan tombol panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor satu kata pada suatu waktu, bukan satu karakter pada satu waktu. Jika Anda ingin menyoroti satu kata pada suatu waktu Anda dapat menekan Ctrl + Shift dan kemudian tekan tombol panah kiri atau kanan untuk bergerak satu kata pada suatu waktu dalam arah itu sementara menyoroti setiap kata.

Ctrl + S
Ketika bekerja pada sebuah dokumen atau file lain di hampir setiap program menekan Ctrl + S adalah perintah untuk menyimpan file tersebut. Tombol shortcut ini harus sering digunakan kapan saja Anda bekerja pada sesuatu yang penting.

Ctrl + Home atau Ctrl + End
Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal dokumen dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen.

Ctrl + P
Membuka tampilan print preview dari halaman saat itu atau dokumen yang dilihat. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang juga untuk melihat pratinjau untuk mencetak halaman artikel ini.

Page Up, Spasi, dan Page Down
Menekan salah satu halaman ke atas atau bawah halaman  akan memindahkan halaman yang satu kehalaman atas atau kebawah pada suatu waktu dalam arah itu. Ketika browsing Internet menekan space bar juga dapat melakukan pergerakan halaman ke bawah dari satu halaman pada satu waktu.
Tips: Jika Anda menggunakan spasi untuk menurunkan satu halaman pada satu waktu tekan tombol Shift dan spasi untuk naik satu halaman pada satu waktu.

Demikian, tips singkat dari daftar 10 Top Shortcut yang perlu anda ketahui.


No comments

Powered by Blogger.