Header Ads

Inilah Nama Baru Roket Terkuat Milik SpaceX

Kita tahu bahwa roket terkuat sejagat yang tengah dibangun oleh SpaceX yaitu bernama BFR (Big Falcon Rocket) yang memiliki panjang 55 meter. Jika pendorongnya juga dihitung, maka panjang keseluruhannya mencapai 118 meter.

Roket tersebut mampu membawa muatan sebesar 1.100 meter kubik ke luar angkasa. Kalau tujuannya hanya ke orbit rendah Bumi, kendaraan luar angkasa ini bisa memboyong muatan seberat 100 ton.

Starship: Inilah Nama Baru Roket Terkuat Milik SpaceX

Nama Baru Roket Milik SpaceX
Melalui akun pribadinya, Elon Musk yang merupakan dari CEO Tesla dan SpaceX memberikan bocoran bahwa BFR akan berganti menjadi Starship.
Secara teknis dijelaskan bahwa ada dua bagian penting dari roket tersebut yaitu : Starship adalah kapal luar angkasa atau bagian atas dan Super Heavy adalah roket pendorong yang dibutuhkan untuk lepas dari gravitasi bumi dengan baik (tidak dibutuhkan untuk planet lain atau Bulan).

Sementara itu Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell mengatakan bahwa perusahaan berharap untuk mulai melakukan pengujian peluncuran roket baru pada akhir 2019. Jika semuanya berjalan lancar, Elon Musk yakin bahwa ini bisa diikuti dengan penerbangan awal ke Mars pada tahun 2022 dengan penerbangan dengan awak yang direncanakan diawal tahun 2024.

Lebih lanjut dikabarkan bahwa roket ini akan digunakan untuk melakukan perjalanan antar bintang yang artinya Starship bisa mengarungi angkasa ke luar Tata Surya di masa depan.


No comments

Powered by Blogger.