Header Ads

10 Tip Ampuh Cara Mempromosikan Aplikasi / Game Android Anda



Loading...
Saat ini ponsel android menduduki peringkat pertama dalam hal sistem operasi ponsel cerdas dan mencakup lebih dari setengah jumlah ponsel pintar di seluruh dunia. Sejalan dengan itu untuk membangun aplikasi untuk ponsel Android adalah potensi yang positif dalam mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

Meskipun orang lebih suka aplikasi gratis daripada yang berbayar di pasar, jika aplikasi anda memiliki faktor yang lebih produktif dan menarik daripada pesaing lainnya, maka dipastikan akan dijual.

Sekarang masalah utama yang dialami seorang pengembang adalah tentang bagaimana mempromosikan aplikasi Android dan itu semua bukanlah hal yang mudah.

Nah, disini saya berbagi beberapa tips agar aplikasi yang anda bangun/kembangkan dapat dan tetap digunakan pengguna sehingga mendapatkankan lebih banyak install di ponsel pintar mereka.

10 Tips untuk Mendapatkan Lebih Banyak Install
Kembali lagi disini saya hanya berbagi info hal-hal apa saja yang perlu diketahui agar aplikasi/game android anda lebih banyak diinstall diperangkat android pengguna.

Selesaikan dan Optimalkan Aplikasi Anda.
Hal yang perlu kita sepakati adalah sebelum anda mengirimkan/promosi aplikasi android anda ke pasar, perlu diingat bahwa aplikasi harus sepenuhnya lengkap dan harus memiliki antarmuka yang baik.

Ketika pengguna membuka laman aplikasi, pengguna tersebut akan menilai apakah aplikasi kita layak di download atau tidak. Dan jika pengguna anda menilai dengan baik di tahap awal terhadap aplikasi anda maka itu salah satu kabar baik untuk meningkatkan jumlah unduhan Anda.

Untuk itu perhatikan hal-hal berikut:
  • Gunakan icon aplikasi yang menarik untuk dilihat.
  • Berikan deskripsi yang menarik dan apa adanya (jujur), dan jangan menjebak namun kata-kata memprovokasi user bisa saja anda gunakan.
  • Pastikan screenshot yang anda pasang telah diedit dengan maksimal. Bila perlu tambahkan elemen cerita/experience berupa gambar dan teks sehingga user merasa perlu untuk mendownload aplikasi anda.
  • Bila memungkinkan gunakan video promo yang anda upload di youtube sebagai pelengkap.

Promosikan Aplikasi menggunakan Iklan Facebook.
Cara terbaik untuk mendapatkan banyak instal adalah menggunakan media berbayar seperti iklan Facebook. Facebook menawarkan iklan untuk aplikasi (baik Android & iOS).

Dengan promosi ini anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan berbagai faktor seperti usia, lokasi, OS seluler, dan banyak lagi. Jika anda memiliki daftar email, anda dapat menggunakannya untuk menargetkan iklan anda ke daftar tertentu.

Promosikan Aplikasi menggunakan iklan Facebook

Untuk info lebih lanjut bagaimana cara promosi via facebook silahkan rujuk laman Buat Iklan Facebook.

Mempromosikan Melalui Konten Gratis.
Salah satu layanan yang menawarkan publisitas gratis adalah MobileStartupz.com. Situs ini adalah startup voting community yang memberi peringkat aplikasi yang dikirimkan setiap akhir bulan.

Jika aplikasi anda bagus dan menarik, maka mungkin saja aplikasi anda berada di halaman depan situs selama sebulan bergantung jumlah suara (voting).

Situs ini merupakan opsi yang baik bila anda memiliki aplikasi yang sama untuk sistem operasi yang berbeda karena di mobilestartupz.com juga menerima aplikasi Windows, iPhone, dan Blackberry.

Mempromosikan Melalui Youtube.
Buat beberapa video YouTube yang menunjukkan bagaimana aplikasi dapat bermanfaat bagi orang-orang atau menghibur mereka.

Promosi Android di Youtube

Cobalah untuk membuat video menggunakan kata-kata jelas dan mudah dipahami sehingga meraka dengan senang untuk membagikan kembali.

Mempromosikan Melalui Ulasan (Reveiew).
Bila aplikasi anda premium/berbayar, tidak ada yang akan membeli aplikasi anda kecuali Anda mempromosikannya.

Metode terbaik untuk memasarkan aplikasi anda adalah melalui konten dan ulasan. Ada beberapa situs ulasan yang menawarkan ulasan berbayar. Untuk opsi berbayar jika anda menargetkan khusus untuk pasar android, anda dapat mencoba beberapa seperti androidtapp.com atau pcworld.com atau layanan apa pun tergantung pada anggaran Anda.

Beberapa pilihan diantaranya :

Upload Kebeberapa Market Online.
Banyak situs android untuk mengirimkan aplikasi anda. Google play store adalah yang paling populer, tetapi ada banyak lainnya seperti Amazon app store.

Disini saya mencantumkan beberapa toko aplikasi populer yang dapat anda gunakan untuk mengirimkan aplikasi Android Anda.

Gunakan Media Sosial.
Media sosial terkadang dapat berguna, untuk itu kirim aplikasi anda ke media sosial seperti Stumble Upon, Reddit, dll. Bila aplikasi anda layak mendapat feedback yang baik, maka ini akan mendapatkan beberapa jumlah unduhan yang lebih baik.

Iklankan Aplikasi Anda.
Bila anda memiliki anggaran lebih, maka buat halaman arahan (landing page) untuk aplikasi anda dan pasang banner iklan di blog ber niche Android terkenal dan populer.

Untuk memasang iklan, anda dapat langsung menghubungi pemilik web atau anda juga dapat menemukannya di pasar Buysellads dan menemukan blog niche "android".

Promosikan di Blog Pribadi.
Apabila anda memiliki website/blog sendiri ini sangat membantu akan mengenalkan aplikasi yang anda bangun. Ketika anda memiliki sebuah website, pasangkan link Play Store aplikasi yang anda miliki. Setelah mereka memasang versi aplikasi yang ada lalu sinkronkan data milik pengguna.

Sehingga data pengguna yang sudah ada di website juga akan tersedia di versi aplikasi. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik autentikasi yang sama antara website dan aplikasi, semisal sama-sama menggunakan akun email, Google+, Facebook, Twitter, GitHub, Instagram, atau yang lain.

Fitur Share Dalam Aplikasi.
Fitur share yang ada dalam aplikasi sangat berguna sekali, karena bila aplikasi anda sangat berguna bagi user maka tanpa anda perintahkan user akan melakukan share ke teman-teman mereka melalui share ke facebook, share melalui whatsapp, share melalui email, share melalui sms, share ke instagram, ke twitter, atau yang lain.

Manfaat dari fitur ini sangat besar, selain aplikasi anda dapat tersebarluaskan secara gratis, anda juga memperoleh keuntungan dari relasi yang dimiliki oleh user. Orang yang terhubung user tersebut cenderung memiliki krakteristik sama, sahingga akan menjadi feedback yang menguntungkan.

KESIMPULAN:
Seperti yang saya sebutkan di atas, pada akhirnya kualitas dan kegunaan aplikasi anda yang lebih utama untuk menarik perhatian. Meskipun demikian, cara-cara diatas adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai pemilik/pengembang aplikasi untuk mempromosikan aplikasi tersebut kepada user yang tepat.

Nah, itulah adalah beberapa poin yang saya kira agar aplikasi anda mendapat peringkat atau mendapatkan lebih banyak unduhan, jika anda memiliki sesuatu untuk dibagikan, beri tahu saya melalui komentar dibawah.

No comments

Powered by Blogger.