Header Ads

4 Fitur Baru dari Gmail Yang Layak Sobat Gunakan

Fitur terbaru Gmail - Bisa dipastikan hampir setiap orang memiliki akun Gmail. Ini mungkin karena pilihan pribadi atau memang ini dikarenakan pemanfaatan fitur layanan email yang sangat cocok sekali untuk komunikasi di tempat kerja (kalangan bisnis).

Sobat... Setelah hampir lima tahun, layanan email dari Google telah mengalami perubahan besar. Sepertinya fitur-fitur baru akan diluncurkan ke pengguna secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

4 Fitur Baru dari Gmail Yang Layak Sobat Gunakan

Ini terlihat sebagai bagian dari perubahan ini, Google telah meluncurkan banyak elemen (part) baru, baik dalam hal keamanan maupun desain, tetapi ada beberapa yang cukup menonjol sehingga sobat akan dipandu bagaiamana cara memaksimal layanan email ini menjadi lebih baik.

Berikut ini 4 fitur tersebut yang layak sobat coba :

Mode Rahasia (Confidential)
Menurut blog teknologi The Verge, dengan fitur baru ini memungkinkan sobat sebagai pengguna Gmail untuk mengontrol pesan yang telah sobat kirim, dimana pengguna/penerima tak bisa meneruskan (forward), menyalin (copy), mengunduh (download) bahkan mencetak (print).

Dengan menggunakan fitur ini pula email memiliki batasan waktu kadaluwarsa dan lewat dari itu maka email tak bisa lagi diakses.

Untuk mengaktifkan mode rahasia di setiap email yaitu dengan mengklik kunci dengan pengatur waktu di sebelah kanan tombol kirim dalam email.

Hanyalah Fitur Mode Rahasia Gmail - Confidential Mode

Dikarenakan untuk keamanan maka pengguna juga diminta memasukkan passcode tertentu untuk membuka e-mail dalam Confidential Mode.

Fitur tunda (Snooze)
Fitur Snooze memungkinkan sobat untuk menunda email yang tidak dapat sobat dapatkan pada saat itu. Artinya sobat bisa mengatur waktu dan tanggal agar surat itu bisa dikirimkan kembali ke kotak masuk Gmail.

Cara menggunakannya, fitur ini hanya untuk mobile (versi android)... silahkan tekan menu di pojok kanan atas, ditandai dengan titik tiga, dan klik “snooze”.

Cara menggunakan fitur tunda gmail - Snooze feature

Email yang sobat snooze akan hilang dari kotak masuk sesuai waktu yang telah sobat ditentukan.

Selain itu Google menyediakan berbagai pilihan waktu dan hari agar surat tersebut muncul kembali di kotak masuk.

Integrated rights management (IRM)
Sama seperti mode rahasia, fitur ini juga berfokus pada keamanan informasi pengguna Gmail.

Fitur ini membuat pengguna bisa memblokir, menyalin, mengunduh, atau mencetak pesan tertentu. Namun tidak akan mencegah ekstra data dari email tersebut.

Google membuat fitur ini untuk orang secara tidak sengaja dan tanpa sengaja membagikan informasi dalam email pada orang yang salah.

Panel samping baru (Side Panel)
Gmail sekarang akan diintegrasikan dengan aplikasi Google populer lainnya seperti Kalender, Keep, dan Tugas.

Dan untuk menampilkan/mengkases itu semua di pojok kanan atas (side panel) akan ada pilihan untuk aplikasi Google lainnya yang penempatannya berada di panel di sisi kanan jendela tersebut.

Fitur side panel gmail

Jadi untuk mengakses aplikasi apa pun, yang perlu sobat lakukan kini hanyalah mengeklik ikon di panel, setelah itu akan muncul di layar, yang kemudian dibagi antara Gmail dan pratinjau aplikasi yang baru saja sobat klik, sehingga tidak perlu lagi beralih tab untuk mengakses aplikasi Google yang lain.

Penulis : Nanda Nugraha | droidot.com


No comments

Powered by Blogger.